Tips Memilih Bank yang Cocok untuk Menabung - KangMasroer.Com

Tips Memilih Bank yang Cocok untuk Menabung

Tips Memilih Bank yang Cocok untuk Menabung

Memilih tabungan merupakan salah satu cara investasi yang tepat. Jika menabung di rumah pasti akan lebih merasa was-was dibandingkan dengan menabung di BANK. 

Untuk kamu yang ingin menabung di bank, sebaik simak tips berikut dalam memilih menabung di bank.

Tentukan tujuan pembuatan akun

Tidak semua orang membuka rekening bank dengan tujuan menabung. Tentukan apa yang menjadi tujuan Anda membuka akun bank. Apakah untuk menabung, membuat depostio, atau untuk melakukan pinjaman. Akan lebih mudah bagi Anda menemukan bank dengan layanan terbaik jika Anda tahu untuk apa Anda membuka rekening bank.

Keamanan dana

Sebelum Anda membuka rekening, pastikan bahwa bank yang Anda tuju memiliki proteksi terhadap dana seluruh nasabah mereka. Jika di Indonesia, ada lembaga bernama Lembaga Penjamin Simpanan bagi semua nasabah bank yang tergabung di dalamnya. Ini hanya sebagai langkah antisipasi saja agar semua uang Anda tetap aman jika suatu saat bank tersebut bangkrut.

Biaya transaksi

Anda harus bisa menemukan bank yang menerapkan sesedikit mungkin biaya untuk transaksi-transaksi umum. Biasanya ada bank yang membebankan biaya tambahan seperti biaya pengecekan atau biasa untuk bantuan akun (saat Anda berbicara dengan petugas bank di kantor cabang) di samping biaya tetap bulanan yang umumnya diterapkan.

Kemudahan deposito

Deposito dengan cara tradisional masih banyak diterapkan hingga saat ini, yaitu dengan langsung mendatangi kantor bank. Jika bank Anda tidak memiliki kantor cabang terdekat dengan tempat tinggal Anda, pastikan mereka memiliki layanan deposito via telepon genggam. Mereka biasanya juga akan menawarkan diri untuk mengambil dana di rumah Anda. perhatikan juga seberapa sering Anda akan membutuhkan deposito tunai seperti ini, dan apakah hal tersebut akan merepotkan Anda nantinya.

Biaya ATM

Jika Anda termasuk orang yang sering bertransaksi menggunakan ATM, pastikan bank Anda tidak membebankan biaya tambahan untuk penggunaan ATM. Beberapa bank biasanya menerapkan jumlah potongan tertentu untuk setiap kartu ATM setiap bulannya.

Suku bunga

Suku bunga sangat penting karena dapat memberikan keuntungan sekaligus merugikan Anda dalam waktu bersamaan: berapa jumlah bunga yang akan Anda dapatkan pada rekening Anda dan berapa bunga yang harus Anda bayar untuk kartu kredit atau ketika Anda melakukan pinjaman. Idealnya, Anda harus menemukan sebuah bank yang bisa membayar bunga lebih tinggi dari suku bunga rata-rata ke tabungan Anda dan membebankan bunga yang lebih rendah dari rata-rata untuk semua hutang Anda.

Fitur online banking

Pilih bank yang menyediakan layanan online banking, baik itu melalui telepon seluler atau melalui internet. Fitur ini memudahkan Anda yang sering melakukan berbagai macam transaksi, sehingga Anda tidak perlu repot mencari mesin ATM atau pergi ke bank setiap saat.

Jumlah saldo minimal

Setiap bank pasti mewajibkan nasabahnya untuk memiliki saldo minimal atau saldo mengendap di rekening mereka. Saldo itulah yang nanti bisa dipotong untuk biaya bulanan. Pastikan saldo minimal yang diminta bank Anda berada pada jumlah yang minimum, atau setidaknya yang masih bisa Anda jangkau. Jumlah saldo minimum yang terlalu tinggi dapat merugikan Anda dalam beberapa hak.

Kantor cabang

Semakin banyak bank Anda memiliki kantor cabang, maka semakin nyaman pula Anda bertransaksi. Keberadaan kantor cabang sangat berguna ketika Anda membutuhkan jasa layanan mereka saat berada di luar kota. Namun tentu saja ketersediaan kantor cabang ini bukan sebuah urgensi. Perhitungkan apakah Anda benar-benar membutuhkan bank dengan banyak kantor cabang atau tidak.

Jika kamu sudah memilih bank BRI yang tepat maka kamu bisa langsung ke kantor cabang terdekat untuk melakukan pendaftaran atau kamu juga bisa langsung daftar melalui aplikasi BRImo BRI.


0 Tanggapan untuk "Tips Memilih Bank yang Cocok untuk Menabung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel