Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat - KangMasroer.Com

Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat
(Image source: pixabay)

Bagi sebagian besar orang, menjaga kesehatan rambut mungkin memang tak sepenting menjaga kesehatan tubuh. So, banyak di antara mereka yang kemudian mengabaikan perawatan rambut. Padahal, sebenarnya menjaga kesehatan rambut juga sangat penting lho. Ya, jika rambut kita sehat, kita juga akan terhindar dari berbagai penyakit kulit kepala. Nah, berikut ini adalah cara merawat rambut agar tetap sehat.

1. Lakukan keramas sesuai jenis rambut

Selama ini sebagian orang mungkin akan beranggapan jika cara merawat rambut agar tetap sehat adalah dengan cara sering melakukan keramas. Namun, tahukah kalian, bahwa frekuensi keramas setiap minggu itu sebaiknya juga disesuaikan dengan jenis rambut lho. Pasalnya, kelembapan serta kondisi rambut orang yang satu dengan yang lainnya itu berbeda-beda sesuai dengan jenis rambut.

Sebagai contoh saja, bagi seseorang yang memiliki rambut berminyak mungkin memang disarankan untuk rajin keramas agar tingkat kelembapan rambut bisa terjaga dengan baik. Namun, bagi pemilik rambut yang cenderung tidak berminyak, melakukan keramas dua hingga tiga kali seminggu tentu sudah terasa cukup. Jangan lupa, pilihlah shampoo yang cocok dengan jenis rambut serta gunakan kondisioner ya!

2. Potonglah ujung rambut secara rutin

Cara yang satu ini penting banget untuk dilakukan ya, Guys! Terlebih, jika kamu yang memiliki rambut lumayan panjang. Memotong rambut, khususnya di bagian ujung rambut merupakan cara merawat rambut agar tetap sehat yang tidak boleh kalian tinggalkan. Seperti kita ketahui, ujung rambut merupakan bagian yang paling rentan mengalami kerusakan karena terjadinya percabangan.

Agar rambutmu tidak bercabang dan tidak mengalami kerusakan, ada baiknya jika kamu memotong rambut, terutama di bagian ujungnya secara rutin setiap 10 minggu hingga 12 minggu sekali. Namun, jika kamu sering menggunakan catokan, sebaiknya kamu melakukan cara ini setiap 6 minggu hingga 8 minggu sekali.

3. Pilihlah sisir sesuai dengan jenis rambut

Tak hanya memilih shampo dan kondisioner yang sesuai jenis rambut, memilih sisir juga perlu lho disesuaikan dengan jenis rambut. Pasalnya, penggunaan sisir yang tidak tepat bisa jadi akan menimbulkan berbagai masalah, mulai dari kerontokan hingga masalah pada kulit kepala. So, kalian perlu mengetahui apa saja varian sisir berdasarkan fungsinya kemudian memilih sisir yang tepat sesuai dengan jenis rambut yang kalian miliki, apakah bristle brush, round brush, ataupun wide-tooth comb.

Sebagai tambahan informasi,  bristle brush merupakan sisir yang berbentuk seperti sikat dengan gigi sisir relatif renggang, tipis, serta tumpul di ujungnya. Adapun round brush merupakan sisir dengan letak gigi sisir yang berbentuk bulat dan dapat memutar ke segala sisi. Sedangkan wide-tooth comb merupakan jenis sisir dengan gigi yang lebih renggang sehingga tepat jika digunakan oleh pemilik rambut ikal.

4. Konsumsi makan yang bergizi

Selain merawat rambut dari luar, agar rambut tetap sehat, kita juga perlu lho memberinya asupan vitamin dan mineral untuk rambut dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Agar rambut kita tetap sehat, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk rambut. Mulai dari zat besi, asam lemak omega-3, hingga vitamin A, B12, dan B16.

Untuk memenuhi asupan zat besi, kalian bisa mengkonsumsi daging atau suplemen zat besi. Adapun untuk asam lemak omega-3, bisa kalian mendapatkannya dari ikan dan biji rami. Sedangkan vitamin A, B12, dan B16 bisa kalian penuhi dari jeruk, stroberi, kedelai, sayuran hijau, ikan, telur, dan daging merah. 

Nah, itulah beberapa cara merawat rambut agar tetap sehat. Cukup mudah untuk dilakukan, bukan?


0 Tanggapan untuk "Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel