Jangkau Pasar Lebih Luas Berkat Website yang Berkualitas


“Mas, kira-kira kapan bisa pasang atap baja ringannya?” Tanya saya pada Mas Jumino melalui pesan WhatsApp kala itu.

Mas Jumino adalah pemilik usaha di bidang penyedia rangka atap baja ringan serta jasa pemasangannya. ‘Baja Ringan Prambanan’, demikianlah nama brand usaha yang tengah dikembangkan oleh pria bernama lengkap Jumino Baskoro ini.

Lokasi tempat ia membuka usahanya memang tak jauh dari rumah, hanya sekitar beberapa kilometer saja. Namun, bukan sekadar dekat. Saya mempercayakannya untuk memasang atap di rumah, adalah karena ia memang memiliki keahlian di bidang pemasangan rangka atap baja ringan.


Insya Allah, Senin ya, Mas. Ini tukang saya masih pasang atap di Bantul,” jawabnya beberapa saat kemudian.

Kebutuhan akan atap untuk rumah baru yang tengah saya bangun itu sebenarnya sudah lumayan mendesak. Pasalnya, waktu itu bulan Januari, hampir setiap harinya, hujan selalu turun. Kalau hujan turun, tukang bangunan yang bekerja di rumah tidak bisa bekerja secara maksimal.

Namun, saya memakluminya. Jumlah pesanan atap baja ringan yang diterima Mas Jumino memang sangat banyak. Bahkan, tidak hanya dari daerah Prambanan dan Klaten saja. Melainkan, banyak juga yang berasal dari luar kota seperti wilayah-wilayah di Yogyakarta dan sekitarnya.

Dulu, saya sempat heran. Sebagai kota besar, di Yogyakarta tentu banyak penyedia jasa pemasangan atap baja ringan lainnya. Akan tetapi, kenapa banyak masyarakat Yogya yang memilih jasa Mas Jumino untuk memasang atap rumahnya? Dan, dari mana mereka mengenal Mas Jumino? Belakangan saya baru tahu jika Mas Jumino ternyata juga menawarkan jasanya secara online, yaitu melalui sebuah website.


Tak hanya berbagai produk dan jasa, daftar harga, serta estimasi biaya pemasangan atap, di website tersebut Mas Jumino juga menampilkan beberapa portofolio yang menggambarkan tentang kualitas layanannya. Maka, tidaklah mengherankan jika banyak masyarakat yang tertarik menggunakan jasanya.


Langkah Mas Jumino memasarkan produk dan jasanya melalui sebuah website memang langkah yang sangat tepat. Pasalnya, saat ini kita tengah berada di era digital. Sebuah era ketika internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dalam setiap menit, menurut data yang dirilis oleh Lori Lewis dan Chadd Callahan pada Maret 2019 yang lalu, ada sekitar 3,8 juta pencarian di mesin pencarian Google.


Fakta tersebut, jelas menjadikan bisnis apapun yang dipasarkan secara online melalui website lebih berpeluang untuk tetap eksis dan berkembang dibandingkan dengan bisnis yang dipasarkan secara offline saja. Kenapa demikian? Karena di era digital ini, website memiliki berbagai peran penting bagi sebuah bisnis. Apa saja?

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Asal tau saja, membangun branding itu sangat penting dalam sebuah bisnis. Ya, brand yang kredibel cenderung lebih meyakinkan calon konsumen untuk segera membeli sebuah produk ataupun jasa. Nah, website merupakan media digital yang paling tepat untuk membangun sebuah branding. Bagaimana tidak, melalui website-lah kita lebih leluasa memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang profil bisnis serta testimoni konsumen yang telah menggunakan produk kita.


Terlebih, menurut survey yang pernah dirilis oleh BrightLocal, sekitar 97% calon konsumen mencari produk ataupun jasa yang mereka inginkan melalui media internet. Sehingga, apapun usaha yang kita kembangkan melalui sebuah website yang profesional tentu akan mendapatkan kredibilitas tersendiri di mata calon konsumen. Tanpa website, calon-calon konsumen kita pun akan berpindah haluan dengan memilih produk dan layanan jasa dari pemilik bisnis serupa yang memiliki website.

Menghemat Waktu dan Biaya

Sebagaimana kita tahu, salah satu fungsi dari website adalah sebagai display produk ataupun jasa yang kita tawarkan. Nah, hebatnya, menawarkan produk dan jasa melalui website itu jauh lebih menghemat banyak waktu. Bagaimana tidak? Kita tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk standby seperti saat kita berjualan di toko fisik. Dan tentu saja, waktu tersebut bisa kita manfaatkan untuk hal-hal produktif lainnya, karena website akan selalu bekerja menawarkan produk ataupun jasa dengan sendirinya.


Tak hanya menghemat waktu, menawarkan dan mempromosikan produk ataupun jasa melalui website itu juga jauh lebih murah loh, jika dibandingkan dengan media lainnya. Untuk memiliki sebuah website, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya beli domain dan sewa hosting saja, tanpa harus merogoh kantong hingga jutaan rupiah untuk promosi di berbagai media.

Jembatan Penghubung dengan Calon Konsumen

Disadari atau tidak, gaya hidup masyarakat modern yang begitu sibuk di masa kini, menjadikan mereka lebih cenderung mencari referensi tentang produk ataupun jasa yang diinginkannya di luar jam kerja. Fakta ini jelas menjadi unique selling point tersendiri bagi pemilik bisnis yang mengembangkannya melalui sebuah website. Dengan website, calon konsumen pun bisa mengakses produk dan jasa yang kita tawarkan selama 24 jam non stop.


Jika calon konsumen membutuhkan informasi tambahan tentang produk dan jasa yang ditawarkan, mereka juga bisa langsung menghubungi pemilik bisnis melalui nomor telepon atau kontak lain yang tertera di halaman website. Keberadaan website memang ibarat jembatan yang menghubungkan pemilik bisnis dengan konsumen. Melalui website, pemilik bisnis dengan calon konsumen pun seolah tidak berjarak lagi.


Beberapa manfaat website sebagaimana tersebut di atas, tentu hanya sebagian kecil dari manfaat website bagi sebuah bisnis. Masih banyak manfaat-manfaat besar lainnya. Salah satunya, adalah menjangkau pasar secara lebih luas sehingga mampu meningkatkan jumlah penjualan produk ataupun jasa.

Usaha Mas Jumino adalah salah satu buktinya. Berkat dipasarkan secara online melalui website, atap baja ringannya semakin dikenal oleh masyarakat luas. Dan kini, ia pun memiliki ribuan pelanggan yang tersebar di berbagai daerah.

Namun, asal tau saja, tidak sembarang website itu bisa mendatangkan manfaat tersebut ya? Agar bisa memaksimalkan peran-peran tersebut di atas, kita membutuhkan sebuah website yang berkualitas. Website yang berkualitas adalah website yang  kontennya menarik dan relevan, aksesnya responsif, design-nya simpel dan mudah digunakan, serta memiliki page speed yang cepat.


Nah, untuk membangun sebuah website yang memiliki kriteria sebagaimana tersebut di atas memang tidaklah mudah, Guys! Selain harus menyiapkan konten-konten yang menarik dan template website yang simpel, ada banyak hal lain yang harus dipertimbangkan sebelum kita membangun sebuah website. Beberapa di antaranya, adalah menentukan nama domain yang mudah dikenal serta memilih penyedia web hostingnya.

Mungkin memang masih banyak di antara Anda yang menganggap bahwa memilih penyedia web hosting itu tidak penting. Padahal, web hosting itu sama pentingnya dengan domain. Jika website diibaratkan dengan sebuah rumah dengan domain sebagai alamatnya, web hostinglah yang menjadi tanah kapling tempat membangun rumah tersebut.


Intinya, web hosting ini akan sangat berpengaruh pada performa sebuah website. Cepat atau tidaknya sebuah loading website akan banyak ditentukan oleh web hosting yang Anda pilih. Jadi, jangan sampai salah dalam memilih penyedia web hosting ya, Guys! Karena alih-alih menjangkau pasar yang lebih luas, jika website yang Anda buat tidak berkualitas justru akan berdampak buruk pada bisnis yang Anda kembangkan.

Lantas, penyedia web hosting mana yang tepat untuk membangun website yang berkualitas?


Ya, bagi Anda yang menginginkan memiliki website yang berkualitas untuk menjangkau pasar yang jauh lebih luas, Qwords adalah jawabannya. Pasalnya, perusahaan penyedia web hosting yang didirikan oleh Rendy Maulana pada Juli 2005 ini memang memiliki banyak keunggulan, sehingga layak untuk dijadikan sebagai pilihan penyedia web hosting untuk website berkualitas. Apa saja keunggulan Qwords?

1. Uptime Network & Server 99.99%

Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika sebuah website untuk sebuah bisnis tidak stabil?  Sudah pasti calon-calon konsumennya akan ‘berpindah ke lain hati’, ke website lain yang dimiliki oleh pebisnis yang serupa dengan produk kita. Benar nggak? Nah, inilah pentingnya memilih web hosting yang memiliki server uptime yang stabil.

Bersyukur, Qwords sangat memahami bahwa uptime merupakan salah satu faktor yang paling krusial yang menentukan bagus atau tidaknya kualitas suatu web hosting.


Terbukti, dengan dukungan manajemen jaringan dan multiple upstream tier 1 provider network serta multiple peering, Qwords mampu menjaga kestabilan uptime network dan servernya di atas 99.99%. Wah, mantap ya?

Dengan uptime yang stabil di atas 99,99%, maka website yang Anda miliki pun akan dapat diakses oleh semua calon konsumen kapan pun tanpa gangguan.

2. Akses Cepat dari Seluruh Dunia

Kecepatan server juga merupakan salah satu faktor terpenting dalam membangun sebuah website yang berkualitas. Terlebih, jika website yang dibuat bertujuan untuk promosi ataupun bisnis.

Bagaimana dengan website yang dihosting di Qwords? Jangan khawatir, dengan optimasi di sisi server, yakni melakukan upgrade network-nya menjadi 10Gbps yang didukung Ultrafast SSD, performa speed server Qwords mampu menjadikan semua website yang dihostingnya terasa sangat cepat saat diakses.


Kecepatan akses website tersebut tidak hanya berlaku di Indonesia saja loh, Guys! Melainkan, dari seluruh dunia. Hal ini bisa terjadi, karena Qwords menyediakan layanan web hostingnya di dua lokasi berbeda yaitu di Singapura dan Indonesia, yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Hebatnya, meski web hostingnya sangat cepat, sesuai taglinenya "Reliable Fast Web Hosting With Reasonable Price!", Qwords selalu berkomitmen untuk menawarkan layanan hostingnya dengan harga yang murah. Keren kan?

3. Garansi 30 Hari Uang Kembali

Semua konsumen tentu menginginkan suatu kenyamanan dalam bertransaksi. Salah satunya, yaitu dengan adanya jaminan uang kembali jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada layanan yang dibelinya.

Qwords sangat mengerti tentang hal tersebut. Oleh karena itu, Qwords memberikan garansi uang kembali kepada konsumennya, yang berlaku hingga 30 hari setelah hosting aktif.


Garansi 30 hari uang kembali tersebut merupakan bagian dari komitmen Qwords dalam melayani pelanggannya dengan baik dan cepat tanggap. Dengan garansi 30 hari uang kembali tersebut, Anda juga tak perlu takut lagi merasa diberi 'harapan palsu' oleh penyedia web hosting.

4. Panduan Manual yang Lengkap

Anda yang baru saja memutuskan membuat website untuk sebuah bisnis, masih merasa awam dengan pengelolaan website serta hal-hal yang berkaitan dengan domain dan hosting?

Tenang saja, Qwords dilengkapi dengan halaman knowledge base yang berisi panduan lengkap tentang berbagai layanan Qwords, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan domain dan hosting.


Tak hanya itu, Qwords juga menyediakan tutorial serta tips terkait pengelolaan website. Jadi, Anda tak perlu lagi merasa bingung saat memutuskan membuat website untuk sebuah bisnis bersama Qwords.

Kalau pun masih ada kesulitan, Anda bisa menghubungi Tim Technical Support dan Customer Service Qwords yang siap membantu konsumennya selama 24 jam non stop. Cukup menghubunginya melalui Live chat, Call Center, dan Support Ticket, maka Customer Service Qwords pun akan segera membantu Anda dengan cepat.

5. Tersedia Berbagai Pilihan Paket Hosting

Sudah mantap bersama Qwords, tapi masih bingung memilih paket apa yang paling tepat untuk website Anda? Santai saja, Qwords menyediakan berbagai pilihan hosting Indonesia, mulai dari paket hosting personal, paket hosting bisnis, hingga paket hosting unlimited dengan harga yang terjangkau.

Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan website yang akan dibuat. Jika Anda ingin membuat website untuk blog pribadi, atau website sederhana untuk promosi produk dengan email untuk penggunaan personal, bisa jadi paket Value Performance merupakan pilihan yang tepat.


Namun, jika Anda akan membuat website untuk perusahaan, instansi pemerintahan, atau website untuk e-commerce (toko online), paket Hosting Medium Performance dan High Performance-lah yang lebih tepat untuk dijadikan pilihan. Intinya, apapun website yang akan dibuat, Qwords siap untuk menjadi partner bisnis Anda.

Jadi, jangan pernah menunda-nunda lagi, yuk segera onlinekan bisnis Anda sekarang juga. Karena tak bisa dimungkiri, keberadaan website memang telah menjadi kebutuhan yang vital di era digital. Selain menghemat waktu dan biaya, website juga efektif menjadi jembatan penghubung pemilik bisnis dengan calon konsumennya.

Dengan website yang berkualitas, sebuah bisnis juga akan semakin terlihat kredibilitasnya. Bahkan, seperti yang telah dirasakan Mas Jumino, jangkauan pasar dari bisnis yang Anda bangun pun akan segera menjadi lebih luas berkat website yang berkualitas.

Bersama Qwords, mari bangun website berkualitas untuk jangkau pasar yang lebih luas!

***

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Qwords Blog Competition dengan tema “Peran Website dalam Bisnis Online”

Referensi:

  1. https://www.qwords.com
  2. https://twitter.com/OfficiallyChadd/status/1103308156082503680
  3. https://www.brightlocal.com/research/local-consumer-review-survey


2 Tanggapan untuk "Jangkau Pasar Lebih Luas Berkat Website yang Berkualitas"

  1. Wah keren banget pokonya. Bisa manfaatin website untuk promosi pasang baja ringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Berkat website, jangkauan pemasarannya jadi lebih luas hingga ke luar kota.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel