5 Apartemen di Jakarta yang Dekat dengan Wisata Kota Tua

(Museum Bank Indonesia/ Dok. Pribadi)

Siapa sih yang tidak kenal dengan wisata Kota Tua Jakarta? Siapa pun, baik yang tinggal di Jakarta maupun luar Jakarta, rasanya sudah tidak asing lagi ya dengan kawasan wisata yang satu ini? Pasalnya, gaya arsitektur kuno yang menjadi ciri khas kawasan Kota Tua ini memang selalu memiliki daya magnet tersendiri. Terlebih, bagi mereka yang menyukai wisata sejarah.

Ya, di kawasan wisata berjuluk Batavia Lama ini, kita akan disuguhi dengan pemandangan bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang hingga kini masih berdiri dengan kokoh. Salah satunya, adalah Museum Bank Indonesia yang sempat saya kunjungi beberapa waktu yang lalu.

(Museum Bank Indonesia dibuka untuk untuk umum sejak tahun 2006/ Dok. Pribadi)

Pada awalnya, gedung dengan arsitektur khas Belanda ini merupakan rumah sakit bernama Binnen Hospital, sebelum dialihfungsikan menjadi De Javashe Bank (DJB) pada tahun 1828. Saat memasuki lobi museum ini, kita akan disambut dengan sebuah kaca patri yang sangat indah. Di dalamnya, juga terdapat kaca patri lain berjumlah 324 yang konon dibuat di kota Belanda pada kurun waktu tahun 1922 hingga 1935.

(Di lobi Museum Bank Indonesia/ Dok. Pribadi)

Museum yang dibuka untuk umum sejak tanggal 15 Desember 2006 ini menyimpan banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah. Mulai dari mata uang numismatik abad ke-14 serta benda bersejarah dari masa kerajaan-kerajaan hingga berbagai mata uang era sekarang.

(Beberapa koleksi mata uang di Museum Bank Indonesia/ Dok. Pribadi)

Di museum ini, kita juga dapat melihat berbagai informasi tentang perjalanan dunia perbankan Indonesia sejak dahulu, bahkan sebelum kedatangan bangsa Belanda dan Jepang. Tak hanya itu, di museum yang didominasi cat warna putih dengan pilar-pilar tinggi ala kerajaan Belanda ini juga tersedia ruangan teater dengan kapasitas 40 orang. Teater ini memutar film tentang sejarah perbankan dan peran Bank Indonesia dari masa ke masa.

(Metamorfosa logo Bank Indonesia/ Dok. Pribadi)

Salah satu keunikan lain dari museum yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat ini adalah teknologinya yang cukup interaktif. Terlihat dalam beberapa tampilan, seperti uang logam yang tampak berterbangan, tata pameran yang aktraktif, video mapping, hingga berbagai peragaan yang sudah memanfaatkan teknologi digital. Jadi, tidak hanya belajar, di tempat ini kalian juga akan menemukan banyak sekali spot Instagramable yang sayang sekali untuk dilewatkan saat berwisata di kawasan Kota Tua Jakarta.

(Salah satu tata pameran di Museum Bank Indonesia/ Dok. Pribadi)

Selain Museum Bank Indonesia, di kawasan yang juga masyhur dengan sebutan Oud Batavia ini, kita juga bisa menjelajah berbagai tempat wisata lain yang tak kalah menarik. Sebut saja, Museum Bank Mandiri, Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Seni Rupa dan Keramik, Pelabuhan Sunda Kelapa, Stasiun Kereta Api Kota, dan Jembatan Kota Intan yang syarat akan nilai-nilai historis.

Tak hanya tempat wisata bertema sejarah, kawasan Kota Tua Jakarta juga memiliki banyak tempat wisata yang Instagramable semacam Art Street dan Museum 3D. Begitu banyaknya tempat wisata di Kota Tua ini, rasanya tidak cukup menjelajahinya dalam waktu sehari. So, bagi yang berasal dari luar Jakarta dan ingin menjelajah Kota Tua, kalian bisa menginap di beberapa apartemen yang ada di sekitar kawasan ini. Berikut adalah 5 apartemen di Jakarta yang dekat dengan wisata Kota Tua.

Apartemen Ancol Marina

Apartemen yang terletak di Jalan Lodan Raya No.2A, Pademangan, Ancol, Pademangan, Jakarta ini hanya berjarak sekitar 7,73 meter dari kawasan Kota Tua Jakarta.

(Apartemen Ancol Marina via Traveloka)

Tak hanya dekat dengan Kota Tua, apartemen ini juga sangat dekat dengan berbagai fasilitas publik, seperti Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Gambir. Biaya menginap di apartemen yang berjarak sekitar 17-an km dari Bandara Internasional Soekarno Hatta ini juga sangat terjangkau, mulai Rp500 ribuan per malamnya.

Apartemen Pluit Sea View

Terletak di Jalan Muara Baru Raya, apartemen ini hanya terletak sekitar 1,68 km dari Kota Tua. Dari Stasiun Jakarta Kota, apartemen ini hanya berjarak 1,99 km, sedangkan dari Stasiun Gambir berjarak sekitar 6,69 km.

(Apartemen Pluit Sea View via Traveloka)

Dengan biaya menginap yang relatif murah, yakni mulai Rp350 ribu per malam, di apartemen yang berjarak sekitar 16,74 km dari Bandara Internasional Soekarno Hatta ini, kalian sudah dapat mendapatkan sebuah kamar dengan 1 queen bed dan 1 single bed lengkap dengan fasilitas AC, Kulkas, serta balkon atau terasnya.

Apartemen Apatel Mangga Dua

Terletak di Jalan Mangga Dua Abdad No.111, Mangga Dua, Sawah Besar, Jakarta, apartemen ini hanya berjarak sekitar 1,69 km dari Kota Tua. Dengan harga mulai Rp550 ribu per malam, kita sudah bisa mendapatkan sebuah kamar dengan 1 queen bed, meja, dapur kecil, lemari es, pancuran, TV, AC, alat pemanas.

(Apartemen Apatel Mangga Dua via Traveloka)

Apartemen yang juga dilengkapi fasilitas kolam renang ini hanya berjarak 486 meter dari Stasiun Jayakarta, 4,10 km dari Stasiun Gambir, serta 15,75 km dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma.

Apartemen Laguna

Apartemen yang juga berada di daerah Pluit, Penjaringan, Jakarta ini berjarak sekitar 1,99 km dari Kota Tua. Apartemen yang ditawarkan dengan harga yang sangat murah—yakni mulai Rp255 ribu per malam—ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari AC, restoran, kolam renang, area parkir, hingga jaringan WiFi. 

(Apartemen Laguna via Traveloka)

Apartemen ini juga tidak jauh dari pusat transportasi publik. Dari Stasiun Jakarta Kota hanya berjarak 2,35 km, dari Stasiun Gambir 6,90 km, dan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta hanya sekitar 15,8 km.

Apartemen Apatel Elpis Residences

Apartemen yang berjarak sekitar 3,06 km dari Kota Tua ini terletak di Jalan Gn. Sahari No.12, Gn. Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta. Dengan harga mulai Rp670 ribu per malam, kita sudah bisa menginap di apartemen ini dengan fasilitas sebuah kamar dengan 1 queen bed dan 1 ranjang goyang.

(Apartemen Apatel Elpis Residences via Traveloka)

Apartemen ini juga tak jauh dari pusat transportasi publik. Dari Stasiun Rajawali hanya berjarak sekitar 418 meter, dari Stasiun Gambir 3,17 km, dan dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma sekitar 14,44 km.

Nah, itulah 5 apartemen di Jakarta yang dekat dengan wisata Kota Tua. Selain kelima apartemen tersebut, tentu saja masih ada beberapa apartemen lain yang jaraknya juga tidak jauh dari kawasan Kota Tua Jakarta. Untuk sewa apartemen harian, kita bisa melakukannya melalui aplikasi Traveloka yang sudah ter-install di smartphone.

Selain mudah, memesan apartemen melalui aplikasi tersebut juga memungkinkan kita untuk membayarnya melalui metode cicilan tanpa kartu kredit, yaitu melalui fitur PayLater. Dengan fitur ini, kita pun bisa liburan tanpa harus memikirkan biaya akomodasinya terlebih dahulu.

Hebatnya lagi, meskipun berupa pinjaman kredit, PayLater ini tidak akan membebani kita dengan tumpukan bunga serta penagihan sebagaimana rentenir. Pasalnya, Paylater tidak dibuat oleh Traveloka sendirian. Melainkan, bersama Danamas, perusahaan yang menawarkan layanan peer to peer (P2P) lending yang telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, dijamin aman dan terpercaya.

Tak hanya itu, dengan memesan apartemen melalui aplikasi Traveloka, kita juga tak perlu khawatir jika karena suatu hal, tiba-tiba kita harus mengubah jadwal penginapan. Pasalnya, Traveloka memiliki fitur Easy Reschedule yang memungkinkan kita dapat mengubah sendiri rencana penginapan tanpa perlu repot menelepon pihak pengelola apartemen.

Cara menggunakan fitur Easy Reschedule ini sangatlah mudah. Cukup dengan tiga langkah: pertama, masuk ke akun Traveloka melalui aplikasi kemudian kunjungi menu Pesanan; kedua, pilih Reschedule pada pesanan yang ingin kita ubah; dan ketiga, masukkan tanggal penginapan baru yang kita inginkan, kemudian lakukan pencarian. Mudah sekali, bukan? Yuk, rencanakan liburanmu ke Kota Tua Jakarta serta pesan apartemen pilihanmu sekarang juga!


2 Tanggapan untuk "5 Apartemen di Jakarta yang Dekat dengan Wisata Kota Tua"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel