Trik Merenovasi Rumah dengan Mudah dan Murah


Setiap manusia pada dasarnya memiliki sifat yang tidak pernah puas, termasuk soal kondisi rumah. Makanya, sebaik-baiknya kondisi rumahmu sekarang, pasti ada masanya kamu merasa bosan dengan interior atau eksterior rumahmu. Kamu sudah mulai merasa perlu untuk merenovasi rumahmu. Entah memperbesar atau memperindah design, apapun itu, renovasi selalu memiliki sifat mengubah kondisi bangunan yang sudah ada.

Yang menjadi masalah adalah rencana renovasi rumah biasanya bikin deg-degan. Diatas sketsa, kamu mungkin sangat excited dengan model atau tampilan rumahmu setelah direnovasi. Namun, kamu sebenarnya patut merasa deg-degan dan cemas karena biaya renovasi biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tidak jarang kamu perlu menguras dompet dengan cukup dalam hanya untuk melakukan perubahan kecil saja di rumahmu. Maklum saja, dana renovasi rumah seperti itu rentan sekali membengkak tanpa prediksi.

Kamu tentu bisa menabung selama sekian bulan sampai uangnya terkumpul baru merenovasi rumahmu. Namun, ada solusi lain yang tersedia. Salah satunya adalah dengan mengajukan kredit di digibank KTA.

Dengan digibank KTA, proses persetujuan kredit yang kamu ajukan kredit bisa dilakukan dengan cepat, hanya 60 detik saja. Setelah disetujui, dana kredit yang kamu ajukan akan langsung dicairkan ke rekening dalam waktu beberapa menit saja. Untuk semua proses itu, yang kamu butuhkan hanyalah sebuah e-KTP saja!

Jika kamu belum tahu bagaimana cara mengajukan kredit di digibank KTA, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

5 langkah mudah untuk apply digibank KTA bagi non-nasabah:

KTA bagi non nasabah

1. Apply di go.dbs.com/kta
2. Persetujuan dalam 60 detik
3. Download Aplikasi digibank by DBS
4. Verifikasi Biometrik dengan agen digibank
5. Cair langsung ke rekening digibank hingga Rp 80 juta

Kalau sudah jadi nasabah digibank, ikuti tahapan berikut:

- klik Personal Loan di menu Utama aplikasi
- lengkapi data diri
- tunggu konfirmasi persetujuan kredit dalam 60 detik
- pilih limit pinjaman dan tenor yang diinginkan
- dana cair secara real-time hingga Rp 80 juta

Selain pengajuannya mudah dan persetujuannya cepat, kelebihan lainnya adalah bunga rendah dan cicilan ringan. Proses pembayaran cicilan juga sangat mudah dilakukan karena mendukung transfer dari berbagai bank.

Diatas sudah dijelaskan tentang solusi dari digibank KTA untuk memenuhi kebutuhanmu dalam merenovasi rumah. Namun, sebelum melakukan proses pengajuan, ada baiknya kamu perhitungkan dulu dana renovasi yang dibutuhkan. Kamu bisa mulai dengan mengestimasi biaya-biaya yang diperlukan seperti dibawah.

Biaya Tenaga Kerja

Terdapat berbagai metode pembayaran tenaga kerja untuk renovasi rumah. Misalnya, pembayaran sistem harian, borongan jasa, serta borongan penuh. Biasanya, tarifnya juga bergantung kepada daerah renovasi, serta jenis pekerjaan yang dilakukan.

Biaya Material

Jika kamu menggunakan jasa tenaga kerja dengan sistem borongan penuh, kamu tak perlu repot menghitung biaya material lagi.

Sebab, sistem borongan penuh sudah mencakup jasa tukang sekaligus material yang digunakan. Namun jika tidak, kamu bisa lebih leluasa menentukan material yang ingin digunakan.

Biaya material sangat tergantung kepada jenis dan kualitas material yang dipilih. Biar mudah membuat anggaran terkait biaya ini, jangan segan untuk “main” ke toko material dan banyak bertanya di sana.

Biaya Tanah dan Bangunan

Untuk renovasi kecil, seperti perbaikan cat dinding atau mengatasi kebocoran atap, biaya tanah dan bangunan tak perlu dihiraukan. Namun, jika kamu ingin memperbesar bangunan rumah serta menambah lahan, jangan lupa tambahkan pula biaya ini ke dalam anggaran renovasi.

Biaya Lain-Lain

Sudah jadi rahasia umum kalau biaya renovasi rumah sering melebihi anggaran. Untuk itu, sebaiknya kamu juga menyiapkan dana tambahan sekitar 10 persen dari total biaya renovasi rumah yang telah dihitung.

Setelah melakukan riset harga dan menghitung dengan cermat, sekarang kamu sudah punya anggaran biaya renovasi yang diperlukan. Kalau sudah begitu, kamu tinggal sesuaikan saja dana kredit dengan dana renovasi yang kamu butuhkan. Meskipun begitu, tetap ada kemungkinan biayanya akan merangkak naik, tapi setidaknya kamu tidak perlu khawatir karena digibank KTA siap memberikan solusi.


0 Tanggapan untuk "Trik Merenovasi Rumah dengan Mudah dan Murah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel