Mengenal Lafadz Doa Bangun Tidur dan Keutamaan Membacanya - Kang Masroer

Mengenal Lafadz Doa Bangun Tidur dan Keutamaan Membacanya

Mengenal Lafadz Doa Bangun Tidur dan Keutaaman Membacanya
(Image source: pixabay)

Memang terasa sangat nikmat pada saat kita masih bisa diberi kesempatan untuk bisa menatap indahnya dunia ini. Pastinya kenikmatan tersebut wajib untuk disyukuri. Pasalnya masih banyak orang di luar sana yang sudah tidak memiliki kesempatan lagi untuk menatap keindahan ciptaan Allah SWT.  Sekarang saat kamu membuka mata setelah bangun tidur, biasanya apa yang akan dilakukan?

Kebanyakan orang saat ini saat baru bangun tidur itu yang akan dilakukannya adalah mengecek handphone miliknya. Padahal sebenarnya ada hal yang jauh lebih penting saat bangun tidur dari hanya sekedar cek handphone. Tahu tidak hal penting yang dimaksud itu apa? Hal penting yang dimaksud tersebut adalah membaca doa setelah bangun tidur.

Berikut di bawah ini lafadz doa bangun tidur:

“Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba'da maa amaatanaaa wa ilaihin nushuur”.

Yang artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan.”

Kemungkinannya akan ada orang yang bertanya, mengapa setelah dirinya bagun tidur harus membaca doa? Pastinya setiap orang saat baru bangun tidur itu ingin berada dalam pikiran yang nyaman dan tidak stress. Saat kita akan bangun tidur, pastinya akan datang godaan untuk tidak melanjutkan hal hal yang produktif. Misalnya saja munculnya rasa malas sehingga ingin rebahan kembali. Akan tampaknya raut wajah yang sangat kesal dan tidak memiliki gairah untuk beraktivitas.

Jika kondisi tersebut menghampiri kita di pagi hari setelah bangun tidur, segeralah berdzikir kepada Allah dengan cara membaca doa setelah bangun tidur. Karena jika tidak melalukan hal itu, maka perasaan yang gundah tidak dapat ditenangkan oleh udara yang sangat segar untuk dinikmati, ataupun suara kicauan burung yang merdu.

Dari bacaan doa setelah bangun tidur tersebut setidaknya ada dua keutamaan yang bisa terlihat dari lafadznya. Berikut di bawah ini 2 keutamaan membaca doa setelah bangun tidur di antaranya yaitu:

1. Sebagai Wujud Rasa Syukur

Seperti yang kita ketahui bahwa saat seseorang membaca doa setelah bangun tidur, maka dirinya akan diajak untuk mengucapkan rasa syukur. Bersyukur karena masih diberi kesempatan oleh Allah untuk bisa menikmati keindahan dunia yang merupakan ciptaanNya.

Hal tersebut ada pada lafadz:

“Alhamdulillaahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa….”

Yang artinya: “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku.”

2. Dapat Meningkatkan Semangat untuk Berlomba-lomba Dalam Kebaikan

Setiap yang bernyawa pada akhirnya akan menemukan ajalnya. Oleh karena itu sebelum berpulang harus dimilikinya bekal yang cukup untuk dibawa nanti. Di dalam doa setelah bangun tidur adanya lafadz yang menguatkan hal tersebut, yaitu terdapat pada:

“Wa ilaihin nusyuur”

Yang artinya: “Dan, hanya kepada-Nya kami semua akan dihidupkan kembali.”

Intinya setiap manusia itu pastinya akan mengalami siklus dihidupkan untuk beramal dan akan dimatikan untuk beristirahat. Poin pentingnya adalah bahwa saat baru terbangun dari tidur itu harus diawali dengan segala macam hal baik, dan salah satunya adalah dengan berdzikir. Setelah mengawali dengan hal baik, Insya Allah aktivitas selanjutnya yang akan dilakukan dapat membawa kepada kebaikan.

Setelah itu aktivitas yang dilakukan akan menjadi amal shalih yang membuahkan pahala untuk kita. Intinya doa setelah bangun tidur ini merupakan salah satu bentuk syukur manusia sebagai umat islam, karena Allah sudah membangunkan kembali dari kematian yang sifatnya sementara.


0 Tanggapan untuk "Mengenal Lafadz Doa Bangun Tidur dan Keutamaan Membacanya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel