Sebelum Mendaftar Kuliah, Pertimbangkan 5 Hal Berikut Ini - Kang Masroer

Sebelum Mendaftar Kuliah, Pertimbangkan 5 Hal Berikut Ini

pendaftaran kuliah 2020
(Image source: pixabay)

Nggak terasa ya, masa-masa putih-abu alias masa SMA telah usai dengan berbagai dramanya. Ya, tak ubahnya serial sinetron, lulusan sekolah tahun 2020 memang berbeda karena pandemi Corona Covid-19. Pembelajarannya harus dilakukan dengan daring, hari-hari terakhir ujian sekolahnya harus diselesaikan secara online, tidak ada ujian nasional, dan tidak ada wisuda atau pelepasan siswa. Padahal, beberapa di antara kalian sudah mulai mempersiapkan setelan baju adat dan kebaya, ya kan?

Hmm, nggak usah kecewa ya, Gaes! Karena kekecewaan tak akan mengubah apapun. Yang terpenting, kalian bisa melawan virus Corona Covid-19 dan sudah lulus dari SMA. Kini, waktunya kalian mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kampus alias dunia perkuliahan. Dunia perkuliahan ini sangat penting, Guys, karena sedikit banyak akan berpengaruh pada masa depanmu nanti. 

Nah, karena begitu pentingnya, maka pastikan saat ini kalian sudah mempersiapkannya. Agar tak salah pilih kampus atau jurusan, ada baiknya jika kalian mempertimbangkan 5 hal berikut ini sebelum mendaftar kuliah ya!

Jurusan

Jurusan merupakan hal yang paling mendasar banget ya, Guys. Ya, sejak awal kalian seharusnya sudah punya rencana mau masuk jurusan apa. Hal ini sangat penting, mengingat banyak sekali mahasiswa yang menyesal karena merasa salah pilih jurusan saat kuliah. Selain harus menyesuaikan kemampuan dan minat, kita harus mempelajari dulu apakah jurusan-jurusan yang kita pilih memang memberikan potensi yang baik di masa depan?

Nah, setelah cocok dengan jurusan tertentu, kalian tinggal memilih kampus yang membuka jurusan tersebut. Misalnya saja, jika kalian ingin mengambil D4 jurusan Manajemen Perhotelan, maka kalian bisa melakukan pendaftaran politeknik sahid yang memang membuka jurusan tersebut. So, sekali lagi pastikan kalian tidak salah memilih jurusan ya!

Akreditasi

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah akreditasi kan? Ya, akreditasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu sebuah lembaga pendidikan. Seperti halnya sekolah-sekolah kalian dulu, di lembaga perguruan tinggi juga dilakukan akreditasi. Bedanya, kalau sekolah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANSM), sedangkan kampus diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Oh iya, akreditasi kampus itu dibagi dua, Guys, yaitu akreditasi institusi dan akreditasi program studi. Pastikan kampus dan jurusan yang akan kalian pilih sudah terakreditasi, setidaknya dengan nilai B. Syukur-syukur lagi kalau sudah terakreditasi A. Pasalnya, nilai akreditasi kampus dan jurusan ini ternyata juga berpengaruh pada penilaian dunia kerja terhadap lulusan-lulusannya loh.

Lokasi Kampus

Lokasi kampus merupakan salah satu hal selanjutnya yang juga perlu dipertimbangkan sebelum kalian mendaftar kuliah. Pasalnya, lokasi kampus sedikit banyak juga akan memberikan pengalaman study kalian selama menjadi mahasiswa. Hal ini berlaku, baik kampus pilihanmu ada di kota sendiri ataupun di luar kota.

Sebelum mendaftar kuliah, tanyakan pada diri sendiri, lebih suka kuliah di kota sendiri atau di luar kota. Pertimbangkan juga plus-minusnya, serta hal-hal lain terkait lokasi kampus. Mulai dari tingkat keamanan, kemudahan akses, hingga sarana dan prasarana yang kalian butuhkan selama menjalani masa studi di lokasi kampus tersebut. Oh iya, jika ingin merantau, pastikan sudah mendapat ridho dan izin orangtua terlebih dulu ya, Guys!

Lingkungan Sosial

Kondisi lingkungan sosial secara tidak langsung juga akan mempengaruhi pengalaman pendidikan selama masa kuliah loh, Guys! Jadi, perhatikan juga kualitas lingkaran atau jejaring pertemanan yang ada di sekitar tempat tinggal dan kampusmu ya. Pilihlah orang-orang yang baik untuk mendapatkan pengalaman kuliah yang lebih baik.

Sebisa mungkin. Saat kuliah nanti kalian juga bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi kemahasiswaan yang memang sesuai dengan minat dan bakat. UKM dan organisasi kemahasiswaan ini juga sangat bermanfaat dalam mengasah keterampilan serta mengembangkan karakter kita. Jadi, pertimbangkan juga kampus dengan organisasi dan kegiatan yang dapat menjadi wadah untuk mengembangkan hobi serta prestasi di masa depan.

Biaya Kuliah

Nggak bisa dipungkiri ya, Guys, bagi sebagian pelajar yang ingin melanjutkan studynya, biaya kuliah memang masih menjadi salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan. So, kalian harus mencari informasi terlebih dahulu tentang biaya kuliah, mulai dari biaya masuk, biaya pendidikan, hingga biaya hidup.

Setelah mengetahui kisaran biaya-biaya tersebut, ada baiknya kalian juga mengkomunikasikan kepada orang tua tentang kesiapannya dalam hal dana. Hal ini sangat penting dilakukan, agar kuliahmu nanti tidak sampai berhenti di tengah jalan. Oh iya, jika perlu, kalian juga bisa mencari informasi tentang beasiswa kuliah agar biaya kuliah menjadi lebih terasa ringan.

Nah, setelah mempertimbangkan 5 hal tersebut di atas, kini sebelum mendaftar kuliah kalian hanya perlu mengidentifikasi hal mana yang akan menjadi prioritas serta preferensi. Mulai dari jurusan, akreditasi, lokasi, lingkungan sosial, hingga biaya. Semua tergantung pada pertimbangan kalian masing-masing. Selamat mempersiapkan pendaftaran kuliah 2020 ya, Guys!


0 Tanggapan untuk "Sebelum Mendaftar Kuliah, Pertimbangkan 5 Hal Berikut Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel