Tips Menyimpan Daging Sapi dan Kambing - KangMasroer.Com

Tips Menyimpan Daging Sapi dan Kambing

Tips Menyimpan Daging Sapi dan Kambing

Daging merupakan salah satu sumber protein yang sangat penting untuk tubuh. Namun, apabila kita tidak tahu seperti apa cara menyimpan daging dengan baik dan benar, maka protein yang ada di dalamnya pun akan mudah hilang. Tidak hanya menghilangkan kandungannya saja, penyimpanan yang tidak benar juga akan membuat kondisinya menjadi rusak dan mudah basi.

Seperti yang kita ketahui, daging memiliki berbagai macam jenis seperti daging sapi, daging kambing dan daging yang lainnya. Nah, dari daging sapi dan daging kambing itu sendiri memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda.

Dan, di bawah ini merupakan tips menyimpan daging sapi dan daging kambing yang bisa Anda simak.

Tips menyimpan daging sapi

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sangat populer di tengah-tengah masyarakat. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu seperti apa cara menyimpan daging sapi dengan benar dan baik. Di bawah ini cara menyimpan daging sapi dengan baik dan benar.

1. Suhu

Suhu merupakan salah satu faktor terpenting dalam penyimpanan daging sapi karena suhu sangat berpengaruh terhadap kesegaran dan keawetan daging itu sendiri, suhu yang paling ideal dalam menyimpan daging sapi yaitu -1 derajat celcius sampai 1 derajat celcius. Hal yang perlu Anda ingat yaitu, hindari menyimpan daging sapi di atas suhu lima derajat celcius, hal ini disebabkan karena sehu tersebut akan membuat daging sapi menjadi mudah terkontaminasi dengan bakteri yang berasal dari lemari pendingin sehingga dengan begitu daging akan cepat rusak.

2. Pengemasan

Selain suhu, pengemasan juga menjadi salah satu faktor penting dalam menyimpan daging sapi. Agar daging lebih awet dan tidak mudah basi, akan lebih baiknya jika daging dikemas terlebih dahulu sebelum dimasukan ke dalam lemari pendingin. Anda bisa membungkusnya dengan menggunakan plastik wrap. Untuk cara mengolah daging sapi, Anda bisa mencari referensi berbagai resep daging sapi.

3. Tempat penyimpanan

Akan lebih baik jika daging sapi tidak disimpan di dalam freezer, karena daging dalam kedaan beku sangat tidak baik dikonsumsi. Apabila daging terlalu beku, maka jus yang ada di dalam daging akan keluar. Dan hal inilah yang akan membuat tekstur daging menjadi tidak baik serta tidak segar lagi. Akan lebih baiknya jika Anda menyimpan daging sapi di dalam chiller dengan suhu -1 derajat celcius sampai 1 derajat celcius.

Tips menyimpan daging kambing

Daging kambing biasanya akan lebih banyak dikonsumsi ketika Idul Adha. Namun, daging kambing akan menjadi lebih alot ketika dimasak dengan cara yang salah. Selain itu, penyimpanan yang salah juga akan membuat daging kambing menjadi alot serta mudah basi.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan ketika menyimpan daging kambing.

1. Simpan dalam keadaan beku

Berbeda halnya dengan daging sapi yang tidak boleh disimpan dalam keadaan beku, justru daging kambing harus disimpan dalam keadaan beku. Suhu yang paling baik untuk menyimpan daging kambing yaitu sekitar -109 derajat celcius sampai -17 celcius.

2. Hindarkan dari air

Sebisa mungkin Anda harus menghindari daging kambing dengan air jika tidak akan langsung diolah, karena daging kambing akan menjadi keras apabila terkena air.

3. Cuci dengan air dingin

Sebelum diolah, maka Anda harus mencuci daging kambing dengan menggunakan air dingin.

Untuk impelementasi daging kambing, Anda bisa mencoba resep kambing berikut: resep tongseng kambing.

Nah, saat ini Anda sudah tahu seperti apa cara menyimpan daging dengan baik. Dan memang pada kenyataannya setiap daging memiliki cara yang berbeda dalam penyimpanannya. Hal ini disebabkan karena daging memiliki ciri serta tekstur yang berbeda-beda pula. Selamat mencoba.

Share atau bagikan tips bermanfaat ini kepada teman Anda. Jangan lupa untuk menambahkan komentar pada kolom di bawah ini ya!


0 Tanggapan untuk "Tips Menyimpan Daging Sapi dan Kambing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel