Tips Beli Kurban Online Terpercaya - KangMasroer.Com

Tips Beli Kurban Online Terpercaya

Tips Beli Kurban Online Terpercaya
(Image source: pixabay)

Perkembangan teknologi yang begitu pesat memang telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Semua aktivitas yang dulu biasa dilakukan secara konvensional, saat ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat secara online. Tak hanya belanja produk dan jasa, teknologi yang semakin canggih juga memungkinkan umat muslim dapat melakukan ibadah kurban dengan mudah secara online.

Dengan bermodal gadget dan internet, kini mereka tidak perlu lagi repot-repot pergi ke tempat penjualan hewan hanya untuk memilah dan memilih hewan kurban seperti sapi maupun kambing. Ya, cukup dengan membuka website penyedia hewan kurban, kini siapa pun bisa membeli hewan kurban dengan cepat dan mudah.

Tidaklah mengherankan jika menunaikan ibadah kurban secara online pun kini semakin diminati. Selain karena mudah dan praktis, harga yang bersaing juga menjadi salah satu pertimbangan tersendiri bagi masyarakat dalam memilih kurban secara online. Lantas, bagaimana sebenarnya hukum kurban secara online?

Secara fiqih, berkurban secara online di mana orang yang mau berkurban mentransfer sejumlah uang senilai harga hewan kurban ke rekening lembaga pengelola hewan kurban tertentu, kemudian lembaga tersebut membelikan, menyembelih, dan mentasarufkan daging kurban termasuk dalam dalam praktik wakalah.

Menurut Al-Qur’an, Hadits Nabi, dan kesepakatan para sahabat, praktik wakalah secara umum diperbolehkan. Pasalnya, praktik wakalah ini memang cukup membantu manusia dalam memenuhi berbagai keperluannya. Namun karena kurban merupakan ibadah, maka agar sah, sebisa mungkin umat muslim yang ingin berkurban beli kurban online di lembaga yang terpercaya. Dengan beli kurban online terpercaya, diharapkan lembaga pengelola kurban akan memenuhi syarat dan ketentuan dalam kurban, sehingga kurban yang kita lakukan benar-benar sah secara hukum Islam.

Selain itu, sebelum membeli hewan kurban secara online, ada baiknya umat muslim juga memperhatikan beberapa tips beli kurban online terpercaya berikut ini.

Memilih Situs yang Terpercaya

Sebelum berkurban secara online, kita harus memastikan bahwa situs yang akan kita pilih memiliki kredibilitas yang baik. Dengan demikian, maka kemungkinan untuk terjadinya kesalahan ataupun masalah yang terkait ketentuan penyembelihan hewan kurban pun akan semakin kecil. Kredibilitas situs ini biasanya dapat dibuktikan dengan adanya foto  hewan ataupun pelaksanaan penyembelihan kurban.

Lembaga Pengelola Memiliki Prosedur yang Jelas

Sebuah lembaga pengelola kurban yang berpengalaman sudah pasti memiliki prosedur yang jelas. Prosedur pembelian kurban online terpercaya selain memberikan formulir pendaftaran, biasanya juga dilengkapi dengan pemberian kwitansi sebagai bukti pembayaran. Tak hanya itu, pembeli hewan kurban biasanya juga akan mendapatkan laporan terkait hewan kurban yang dibelinya.

Lokasi Tempat Penyaluran Hewan yang Jelas

Selain prosedur yang jelas, mulai pendaftaran hingga penyembelihan, lembaga pengelola kurban yang terpercaya biasanya juga akan menginformasikan lokasi tempat penyaluran hewan kurban. Jadi, sebelum berkurban secara online, pastikan bahwa lokasi tempat penyaluran hewan kurban tertera jelas pada situs lembaga pengelola kurban.

Lembaga Bekerjasama dengan Mitra Peternak yang Jelas

Lembaga pengelola kurban yang terpercaya biasanya juga memiliki mitra peternak yang jelas, baik peternak besar maupun peternak lokal. Hal ini untuk memastikan agar hewan kurban yang akan dibeli dan disembelih adalah hewan kurban yang sehat dan sesuai dengan syariat Islam.

Rekomendasi Tempat Kurban Online Terpercaya

Sebagai salah satu rekomendasi, jika ingin berkurban secara online, Anda bisa mengunjungi Insan Bumi Mandiri, yaitu sebuah NGO Nasional yang mempunyai program pembelian, penyembelihan, dan penyaluran daging kurban ke seluruh pedalaman Indonesia, lebih khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebagai informasi, NTT merupakan provinsi yang memiliki 24 pulau dengan medan yang jauh dan keterbatasan alat transportasi, sehingga setiap tahunnya distribusi daging kurban di daerah ini tidak merata. Yuk, sampaikan kurban Anda sampai ke daerah pedalaman NTT, dan bagikan kebahagiaan sampai jauh ke sana.


0 Tanggapan untuk "Tips Beli Kurban Online Terpercaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel