Manfaat Membiasakan Mencuci Tangan Bagi Anak

Mencuci tangan
Image source: pixabay

Mencuci tangan, bagi sebagian besar orang, mungkin dianggap sebagai aktivitas yang sepele. Namun tahukah Anda, mencuci tangan itu ternyata banyak sekali loh manfaatnya. Terlebih bagi si Kecil yang lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Kebiasaan mencuci tangan yang di lakukan oleh si Kecil akan meminimalisir bakteri dan kuman untuk masuk ke dalam tubuhnya.

Sebagaimana kita tahu, tangan si Kecil merupakan anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda lain-yang seringkali sebagai orang tua, kita tidak mengetahui kebersihannya. Jika anak kita rajin mencuci tangan, ia pun akan terhindar dari penularan penyakit akibat kuman ataupun bakteri.

Mengingat pentingnya mencuci tangan bagi kesehatan anak, maka sebagai orang tua kita tidak boleh meremehkannya ya! Nah, agar Anda para orang tua lebih termotivasi untuk mengajarkan pembiasaan cucui tangan pada anak, berikut adalah beberapa manfaat membiasakan mencuci tangan bagi anak.

Mencegah Diare dan Sakit Perut pada Anak

Tak bisa dipungkiri, salah satu penyebaran kuman dan bakteri terbanyak adalah melalui tangan. Bagaimana tidak, dengan tanganlah anak melakukan kontak langsung dengan orang lain. Dengan tangan pula, anak kita menyentuh dan memegang benda yang belum jelas kebersihannya. Asal tau saja, penyebab anak diare dan sakit perut, selain karena makanan yang tidak bersih, adalah juga karena tangan kotor si kecil yang memegang makanan kemudian memasukkannya ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita harus mulai menanamkan kebiasaan mencuci tangan kepada si kecil dengan sabun sebelum makan dan setelah melakukan berbagai aktivitas. Menurut penelitian, dengan membiasakan mencuci tangan, ternyata dapat mengurangi penyebab diare pada anak hingga 50% loh.

Mencegah Infeksi pada Mata Anak

Sebagian besar anak, tentu belum mengetahui sepenuhnya akan dampak yang ditimbulkan tangan yang kotor. Sering kali, setelah bermain di luar, anak-anak langsung makan makanan tanpa mencuci tangannya terlebih dahulu. Hingga akhirnya, si kecil pun terkena diare atau sakit perut.

Ternyata, tidak hanya sakit perut loh, Ayah Bunda. Mata si kecil juga bisa terkena dampaknya saat tangannya tidak bersih. Kadang, tanpa disadari, tangan si kecil yang kotor mengusap mata sehingga bisa menyebabkan infeksi pada mata. Hal ini bisa terjadi, karena tangan yang tidak bersih menjadi perantara debu atau kotoran masuk ke dalam mata.

Menghindarkan Anak dari Cacingan

Anda para orang tua tentu khawatir jika si kecil terkena cacingan, bukan? Maka dari itu, ajarkan pada anak tentang kebiasaan mencuci tangannya. Pasalnya, selain makanan dan lingkungan yang kotor, ternyata cacingan juga bisa terjadi karena tangan anak yang tercemar kotoran kemudian masuk ke dalam mulut.

Hal tersebut sangat mungkin terjadi jika si kecil memegang benda yang sudah terkontaminasi dengan larva cacing, kemudian makan ataupun hanya memasukkan tangannya ke dalam mulut. Lain halnya jika si kecil mencuci tangannya terlebih dahulu, maka larva cacing pun akan hilang dari tangannya.

Mencegah Kuman dan Bakteri Berkembang Biak

Penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa mencuci tangan akan membunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan anak. Tentu saja tidak asal cuci tangan ya, melainkan mencuci tangan sesuai dengan petunjuk yang benar, seperti menggunakan sabun dan dengan air bersih yang mengalir.

Dengan mencuci tangan menggunakan sabun, maka hampir seluruh kuman dan bakteri yang ada di tangan anak akan terbunuh. Jika kuman dan bakteri sudah terbunuh, mereka pun tidak akan bisa berkembang biak. Jadi, Anda para orang tua, jangan lupa untuk mengajarkan tata cara mencuci tangan yang benar pada si Kecil ya!

Nah, itulah beberapa manfaat membiasakan mencuci tangan bagi anak. Meskipun terlihat sepele, ternyata membiasakan mencuci tangan sangat bermanfaat ya bagi si kecil. Yuk, wariskan kebiasaan baik ini kepada anak-anak kita!



0 Tanggapan untuk "Manfaat Membiasakan Mencuci Tangan Bagi Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel