Kategori: ,

Mau Liburan Akhir Pekan? Inilah 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

(Image Source: www.genpi.co)

Liburan akhir pekan hampir pasti selalu membahagiakan bagi semua orang. Terlebih bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar sebagaimana Jakarta. Bagaimana tidak, akhir pekan memang menjadi waktu yang cukup efektif untuk merefresh pikiran dan tenaga setelah selama lima hari tanpa jeda disibukkan dengan kemacetan dan berbagai pekerjaan. Maka, tidaklah mengherankan jika kemudian momentum ini selalu ditunggu-tunggu kedatangannya.

Bagi yang tinggal di Jakarta atau pun mereka yang sedang merantau di ibukota, Bandung merupakan salah satu kota pilihan untuk menghabiskan masa-masa liburan akhir pekan. Waktu tempuh Jakarta ke Bandung yang hanya sekitar 2,5 hingga 3,5 jam saja, menjadi alasan pertama kenapa saat akhir pekan tiba banyak warga Jakarta yang berbondong-bondong untuk berlibur ke Bandung.

Alasan kedua, tentu tak terlepas dari beragamnya destinasi wisata di kota yang berjuluk Paris van Java ini. Mulai dari tempat wisata yang bertemakan keindahan alam, kuliner, sejarah, hingga tempat-tempat wisata modern yang hits dan instgramable tersedia di kota yang berhawa sejuk ini. Bahkan, saking banyaknya, rasanya tidak akan cukup jika kita harus mengeksplor semua destinasi wisata di kota ini hanya dalam waktu sehari hingga dua hari saja.

Nah, kalian ingin berakhir pekan di Bandung dan bingung mau berkunjung kemana? Berikut adalah 5 rekomendasi tempat wisata yang bisa kalian kunjungi saat memutuskan untuk berakhir pekan di kota kembang, Bandung.

Kawah Putih

Salah satu tempat wisata yang paling cocok untuk berakhir pekan di Bandung adalah Kawah Putih. Kawah yang terbentuk pada abad ke-10 akibat letusan Gunung Patuha ini terletak di Jalan Raya Soreang Ciwidey, Pasirjambu, Bandung.
(Image Source: www.kepogaul.com)

Selain keindahan pemandangan kawah yang berwarna putih kehijauan, di tempat dengan ketinggian sekitar 2090 mdpl ini kita juga bisa merasakan sensasi dinginnya Kota Bandung. Cukup hanya dengan membayar tiket masuk Rp 18.000,00 per orang, pikiran pun akan kembali fresh selepas berkunjung di Kawah Putih Ciwidey ini.

Farm House

Siapa bilang rumah Hobbit seperti yang ada di film The Lord of The Ring cuma bisa ditemui di Selandia Baru? Di Bandung ternyata juga ada loh, yaitu di Farm House. Terletak di Jalan Raya Lembang Nomor 108 Bandung, tempat wisata yang satu ini menyediakan replika Hobbiton serta spot-spot menarik yang bisa dijadikan objek foto bagi para pengunjungnya.
(Image Source: amaliyaamel15.blogspot.com)

Tak hanya itu, di Farm House, kalian para cewek juga bisa berbusana ala noni Belanda sambil menyaksikan domba-domba lucu, sapi perah, dan beragam hewan lainnya. Tiket masuknya cukup terjangkau loh, yakni sebesar Rp25.000,00 saja sudah termasuk susu gratis yang meliputi tiga varian rasa, yaitu cokelat, stroberi, dan vanilla. Kalian suka yang mana, Guys?

Gedung Sate

Bagi penyuka wisata sejarah, Gedung Sate yang terletak di Jalan Diponegoro Nomor 22, Bandung ini tentu sangat disayangkan jika harus terlewatkan. Ya, gedung yang memiliki ciri khas ornamen berupa enam tusuk sate pada menara sentralnya tersebut memiliki sejarah panjang yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia. Gedung yang memiliki nama asli Gouvernements Bedrijven ini dibangun pada tahun 1920 hingga 1924 dan pernah dijadikan sebagai kantor pemerintahan Hindia Belanda.
(Image Source: environment-indonesia.com)

Setelah Indonesia merdeka, Gedung Sate digunakan sebagai Kantor Departemen Pekerjaan Umum. Hingga pada 3 Desember 1945, terjadilah penyerangan oleh tentara Sekutu ke Gedung Sate yang mengakibatkan gugurnya tujuh pegawai Pekerjaan Umum yang kemudian diberi gelar Pahlawan Sapta Taruna.

Lodge Maribaya

Berfoto di atas ketinggian bukit akhir-akhir ini memang lagi ngetren ya, Guys? Nah, kalian juga bisa melakukannya di Bandung loh, yaitu di Lodge Maribaya. Di tempat wisata yang terletak di Jalan Maribaya Timur Km. 6, Lembang ini, kalian bisa berfoto ria sambil menaiki ayunan melayang (mountain swing), sepeda gantung (zip bike), atau pun balon udara. Wah, pasti keren dan instagramable banget ya?
(Image Source: www.thelodgemaribaya.com)

Selain wahana-wahana tersebut, di tempat wisata yang satu ini kita juga akan dimanjakan dengan pemandangan rimbunnya pepohonan pinus yang hijau dan asri. Siapa pun yang datang kemari dijamin akan merasa betah karena kesejukan dan keasriannya. Maka, tidaklah mengherankan jika kemudian banyak pengunjung yang mengambil paket camping yang ditawarkan di Lodge Maribaya ini.

Floating Market

Terasa lelah dan lapar setelah seharian menjelajah tempat-tempat wisata di Bandung? Mampirlah ke Floating Market yang terletak di Jalan Grand Hotel Nomor 33 E, Lembang, Bandung. Floating Market menyajikan konsep wisata keindahan alam Bandung dengan pasar terapung tradisional di atas danau buatan sebagai ikon utamanya. So, untuk menikmati serunya berbelanja di pasar apung, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke Banjarmasin, Langkat, atau pun Thailand ya, Guys.
(Image Source: www.jejakpiknik.com)

Selain menyajikan berbagai menu makanan yang lezat-lezat, Floating Market juga menyediakan berbagai macam permainan anak dan dewasa, mulai perahu, kereta air, sepeda air, hingga outbond. Floating Market ini buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB pada hari Senin sampai Jumat, dan mulai pukul 09.00 hingga 20.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu. Jangan sampai terlewatkan ya!

Nah, itulah 5 rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi saat kalian berwisata ke Bandung. Tempat-tempat wisata tersebut juga menjadikan kota Bandung memang sangat layak untuk dijadikan tujuan liburan akhir pekan bagi warga Jakarta atau pun kalian yang sedang merantau di ibukota. Terlebih, jarak Jakarta ke Bandung hanya kisaran 140-an kilometer saja dan bisa ditempuh dengan berbagai macam kendaraan.

Oh iya, agar liburan akhir pekan di Bandung berjalan dengan lancar, sebelum berangkat carilah beberapa info travel Jakarta Bandung terlebih dahulu. Dengan begitu, kalian akan mengetahui layanan bus dan travel mana yang tepat untuk mengantarkan perjalanan pergi dan pulang saat berakhir pekan di Bandung. So, selamat merencanakan liburan akhir pekan di Bandung ya! Semoga liburan akhir pekanmu terasa menyenangkan.



Anda baru saja membaca Mau Liburan Akhir Pekan? Inilah 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

2 komentar:

  1. Pokoknya kalau ke Bandung lagi, aku wajib ke kawah putih dan farm house di Lembang. Mantabbbbb kang.

    ReplyDelete
  2. Bandung emang asli keren Kang, meski deket dari Jakarta, saya jarang liburan ke bandung, mesti macet kalo weekend atau musim liburan. Penasaran banget pengen ke Farm House. Gedung Satai sih udah lama banget ke sana dulu... Nice kamg

    ReplyDelete