Doa Selamat Dunia Akhirat - Kang Masroer

Doa Selamat Dunia Akhirat

doa selamat dunia akhirat

Setiap orang tentunya menginginkan supaya mendapat keselamatan dalam berbagai aktivitas sehari-hari atau bahkan selamat hingga kelak di akhirat nanti. Makna selamat sendiri artinya terbebas dari bahaya, terhindar dari berbagai bencana atau malapetaka dan dijauhkan dari perbuatan yang sesat.

Sehingga sewajarnya kita setiap manusia yang berdosa selalu memanjatkan doa selamat dunia akhirat setia waktunya, terutama setelah melaksanakan sholat.

Pada Al-Quran maupun Al-Hadits sendiri tercantum beberapa doa selamat dunia akhirat yang dipanjatkan oleh para Nabi dan Rasul serta orang-orang sholeh terdahulu. 

Adapun tujuan dipanjatkannya doa selamat dunia akhirat adalah sebagai berikut :

  • Diberi keselamatan baik di dunia maupun di akhirat
  • Dijauhkan dari berbagai bencana atau malapetaka
  • Dijauhkan dari berbagai tipu muslihat orang kafir
  • Selamat dari tangan orang zalim
  • Selamat dari penguasa zalim 
  • Terhindar dari siksa neraka

Berikut doa selamat dunia akhirat yang bisa dipanjatkan:

Allahumma inna nas’aluka salaamatan fid-diini wad-dunyaa wal aakhirah, wa ‘aafiyatan fil jasadi wa shihhatan fil badani wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan fii rizqi wa taubatan qablal maut wa rohmatan ‘indal maut wa maghfiratan ba’dal maut. Allahumma hawwin ‘alainaa fii syakaratil maut, wan-najaata minan-naari wal ‘afwa ‘indal hisab.

Artinya: “Wahai Allah.. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rizqi, bertaubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab”. 

Doa Selamat Pendek

Selain doa di atas, ada juga doa keselamatan lainnya yang lafaznya lebih pendek yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam hadits Shahih.

“Allaahumma antas Salam, wa minkas Salaam, tabaarokta Dzal Jalaali wal ikroom.”

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Doa Selamat Dari Siksa Api Neraka

Bukan hanya doa-doa keselamatan di atas, ada juga doa yang selalu dipanjatkan oleh setiap muslim yang disebut sebagai doa sapu jagat. Adapun lafaz doanya adalah sebagai berikut :

“Rabbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaaban-naar.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka”. 

Doa Selamat Nabi Luth

Doa yang dipanjatkan oleh Nabi Luth ini terdapat dalam Al Quran di surat Ay-Syu’ara ayat 169 sebagai berikut :

“Robbi najjinii wa ahlii mimmaa ya’maluun.”

Artinya: “Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan.”

Doa Selamat Dari Tipu Daya Orang Kafir

“Robbanaa laa taj’alnaa fitnatal li qoumidh-dhoolimin wa najjinaa bi rohmatika minal qoumil kaafiriin.” (QS. Yunus : 85-86). 

Artinya: “Ya Tuhan kami, jangan jadikan kami sasarn fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang kafir.”

Doa Selamat Dari Orang Zalim

“Robbi najjinii minal qoumidh-dholimiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku, selamatkanlah dan lindungi aku dari orang-orang yang zalim itu.” (QS. At Tahrim :11).

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang macam-macam doa selamat dunia dan akhirat. Semoga kita semua diberikan keselamatan dunia dan akhirat oleh Allah Subhana wa Ta’ala. Aamiin. 


0 Tanggapan untuk "Doa Selamat Dunia Akhirat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel