Tips Mempersiapkan Ruang Rack Server - Kang Masroer

Tips Mempersiapkan Ruang Rack Server

Tips Mempersiapkan Ruang Rack Server

Jika Anda telah membuat keputusan untuk memasang rack server sebagai pendukung bisnis Anda, penting bagi Anda untuk merencanakannya terlebih dahulu. Pasalnya, setelah lemari server dipasang, mungkin akan sulit untuk dipindahkan atau akan sangat merepotkan untuk pemindahannya. Berikut ini ada beberapa tips menyiapkan ruang server baru Anda.

Pilih Ruangan Yang Tepat

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat menyiapkan server, A / V, atau rack server Anda adalah dengan memilih lokasi atau ruangan yang tepat. Tidak banyak perusahaan yang memiliki area yang cukup luas untuk digunakan sebagai pusat data. Oleh karena itu, Anda harus menemukan ruang yang tepat yang juga memenuhi persyaratan sebagai ruangan server itu sendiri.

Jauhkan dari Orang

Jika memungkinkan, Anda bisa menjauhkan rack server Anda dari orang-orang. Ada dua alasan, yang pertama karena server seperti ukuran rack server 42U dapat menghasilkan banyak panas dan kebisingan yang bisa mengganggu. Alasan yang kedua, meminimalkan risiko seperti terbentur atau bahkan air tumpah atau terciprat ke rak yang bisa merusak server meski ada perlindungan ke dalam.

Pastikan Mendukung Pendinginan

Hal penting selanjutnya dalam membangun ruang server adalah bagaimana mempersiapkan ruangan yang akan memfasilitasi pendinginan rack server dengan tepat. Seperti contohnya dengan meletakkannya di ruang yang teduh sehingga matahari tidak mempengaruhi suhu ruangan atau menempatkan rak tidak bersandar pada dinding sehingga tidak membatasi aliran udara.

Pertimbangkan Jenis Rak

Memilih ukuran rack server yang tepat sangatlah penting. Pasalnya Anda perlu mempertimbangkan apa saja yang akan masuk ke dalam ruang server Anda sehingga Anda perlu memastikan adanya cukup ruang. Ada beberapa ukuran rak seperti rack server 42U yang banyak digunakan. Untuk cara pemasangannya sangat beragam mulai dari rak tertutup hingga model bingkai terbuka.

Pastikan Rak dan Relnya Kompatibel

Tips selanjutnya saat Anda akan membeli rack server dan peralatan lainnya adalah pastikan bahwa Anda dapat menempatkan peralatan di dalam rak dengan benar.  Memilih rak yang tidak kompatibel dengan rel yang digunakan pada peralatan komputer Anda akan menyebabkan banyak kesulitan dan membuang waktu. Sebagai tips, Anda bisa menghubungi spesialis rak server untuk saran.

Pikirkan Tentang Biayanya

Beberapa perusahaan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa dengan modal banyak mereka dapat membeli rak dan peralatan komputer yang sesuai dengan kebutuhannya. Padahal dengan perencanaan yang tepat, Anda dapat menghemat uang dengan memilih rak berkualitas baik yang memenuhi semua kebutuhan Anda tanpa memilih rack server dengan harga premium sekalipun.

Memilih PDU Anda

Saat Anda meletakkan semua server dan peralatan komputer lainnya di rak, Anda mungkin akan membutuhkan PDU atau Power Distribution Unit untuk memastikan pasokan listrik yang stabil dan bersih ke rak. Oleh karena itu, pastikan memilih PDU untuk pemasangan rack server Anda yang andal dan akan dapat menangani kebutuhan daya spesifik Anda.

Labeli Kabel Anda

Hal ini penting, saat menambahkan peralatan ke rak server, Anda perlu menjalankan kabel dari perangkat yang berbeda ke router, saklar, server, atau peralatan lainnya. Dengan memberi label pada semua kabel yang ada di setiap ujung akan membantu memastikan Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi kemana mereka pergi, yang sangat penting untuk pemecahan masalah. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam membangun ruangan untuk server Anda. Selain memilih rack server yang berkualitas seperti untuk ukuran rack server 42U, Anda juga perlu memilih tempat yang tepat untuk pembeliannya. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mengunjungi dapurtekno.com untuk kebutuhan ruang server data Anda.



0 Tanggapan untuk " Tips Mempersiapkan Ruang Rack Server"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel