Pelajari Dulu! Keuntungan dan Resiko Reksadana Pasar Uang - KangMasroer.Com

Pelajari Dulu! Keuntungan dan Resiko Reksadana Pasar Uang

Keuntungan dan Resiko Reksadana Pasar Uang
(Sumber: unsplash)

Untuk bisa memiliki masa depan yang terjamin, ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya yaitu berinvestasi. Masyarakat modern banyak yang memilih untuk melakukan investasi dengan membeli reksadana. Hal ini dikarenakan investasi melalui Reksadana sangat mudah dan juga memiliki keuntungan yang menarik. Meskipun demikian Anda tetap harus memahami terlebih dahulu tentang apa itu investasi Reksadana. 

Sebenarnya Anda bisa memilih jenis investasi di reksadana. Bagi yang masih pemula memilih Reksadana pasar uang sangatlah tepat. Jika Anda memilih investasi jenis ini maka nantinya dana yang dimasukkan akan dialokasikan untuk instrumen pasar uang. Beberapa instrumen tersebut antara lain seperti deposito, obligasi dan sertifikat Bank Indonesia.

Keuntungan Reksadana Pasar Uang

Apabila Anda tertarik untuk memilih melakukan investasi pada Reksadana pasar uang maka pahami terlebih dahulu tentang kelebihan atau keuntungan yang akan didapatkan. Berikut ini adalah keuntungan Reksadana:

1. Resiko Rendah

Melakukan investasi pada jenis reksadana yang satu ini terbilang lebih aman dan rendah resiko. Anda tidak perlu merasa khawatir karena nantinya meskipun saham sedang tidak stabil risiko tersebut tidak terimplikasi pada produk reksadana pasar uang. 

2. Likuiditas Tinggi

Jenis Reksadana ini juga sangat menguntungkan karena memiliki likuiditas tinggi. Portfolio reksadana pasar uang akan dialokasikan untuk deposito dan juga obligasi yang waktunya cenderung pendek yaitu sekitar 1 tahun saja. .

3. Investasi dengan Modal Kecil

Anda akan merasa nyaman dengan berinvestasi Reksadana jenis ini karena tidak membutuhkan modal yang besar. Bagi para pemula bisa memulai berinvestasi dengan nilai Rp100.000 saja. Apabila sudah menguasai keuntungan dan resikonya maka Anda bisa berinvestasi dengan modal yang lebih besar.

4. Pencairan yang Fleksibel

Keuntungan selanjutnya adalah Anda bisa mencairkan produk kapan saja tanpa dibebankan pinalti.

Resiko Investasi Reksadana Pasar Uang

Setelah mengetahui tentang keuntungan melakukan investasi reksadana pasar uang maka selanjutnya juga perlu mengetahui tentang resikonya. Melakukan investasi apapun tentu saja memiliki resiko tersendiri. 

Anda perlu memahami bahwa instrumen pasar uang yang ada di industri tetap memiliki risiko. Anda harus bersiap-siap dengan resiko kerugian yang mungkin saja terjadi, meskipun secara probabilitas tergolong rendah. Hal ini membuat Reksadana tetapi menarik karena memiliki resiko rendah.

Resiko berikutnya yaitu Anda tidak bisa mendapatkan hasil keuntungan yang pasti. Keuntungan dari investasi pasar uang sangat tergantung dengan pasar uang yang ada di dunia. Padahal Anda tahu bahwa pasar uang bersifat fluktuatif. Anda harus cerdas dalam mengambil langkah ketika berinvestasi di Reksadana pasar uang

Selain itu, masih ada beberapa resiko yang juga harus dipahami seperti resiko pencairan dana, resiko di bidang ekonomi dan juga politik, serta adanya perubahan peraturan yang tidak pasti. Bahkan melakukan investasi pasar uang juga memiliki resiko pembubaran.

Memanfaatkan DBS Treasures untuk Investasi

Jika Anda masih pemula dan ingin melakukan investasi maka sebaiknya memanfaatkan DBS Treasures. Dengan bergabung bersama DBS Treasures maka Anda bisa merencanakan investasi dengan lebih baik. Anda yang masih pemula atau bahkan yang sudah profesional akan merasa terbantu dengan berinvestasi Reksadana melalui DBS Treasures .

Bagi yang belum memahami tentang apa itu Reksadana berikut ini adalah USP yang wajib diketahui:

1. Investasi Dikelola Oleh Manajer Profesional

Bersama dengan DBS treasures maka Anda bisa melakukan investasi dengan tenang. Dana yang diinvestasikan ke Reksadana akan dikelola oleh orang-orang yang terbukti profesional.

2. Mendapatkan Panduan Investasi

Keuntungan berikutnya, Anda akan mendapatkan panduan investasi dari para profesional. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa kebingungan tentang bagaimana cara berinvestasi yang tepat dan menguntungkan.

3. Menekan Resiko dengan Diversifikasi

Dengan berinvestasi Reksadana , Anda juga akan merasa nyaman karena akan dilakukan diversifikasi untuk menekan risiko kerugian. Produk reksadana merupakan produk yang terdiversifikasi, karena mengalokasikan pada berbagai aset investasi demi memaksimalkan keuntungan.

4. Menabung Secara Teratur dan Konsisten

Dengan memanfaatkan UT Saving Plan, Anda dapat melakukan investasi secara teratur.  Setiap nasabah juga dapat memilih periode investasi sesuai dengan keinginan. Melakukan investasi secara teratur dan konsisten menjadi salah satu kunci agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Melakukan investasi reksadana terbukti menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Bersama dengan UT Saving Plan, Anda tidak perlu merasa bingung lagi bagaimana cara melakukan investasi reksadana yang tepat.

Bagi para pemula atau yang sudah profesional, kini tidak perlu merasa bingung lagi tentang cara investasi reksadana. Berinvestasi di Reksadana sangat menarik karena Anda bisa mulai dari modal paling kecil. Keuntungan yang didapatkan dengan berinvestasi pasar uang juga cukup besar.

Referensi:

https://reksadanacommunity.com/kelebihan-dan-kekurangan-berinvestasi-reksa-dana-pasar-uang/

https://www.bareksa.com/berita/belajar-investasi/2021-02-09/schroders-ini-manfaat-dan-risiko-investasi-di-reksadana-pasar-uang

https://reksadanacommunity.com/kelebihan-dan-kekurangan-berinvestasi-reksa-dana-pasar-uang/

https://www.cermati.com/artikel/amp/keuntungan-reksadana-pasar-uang-dibanding-deposito-apa-saja


0 Tanggapan untuk "Pelajari Dulu! Keuntungan dan Resiko Reksadana Pasar Uang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel