Manfaat Laporan Tahunan bagi Perusahaan - KangMasroer.Com

Manfaat Laporan Tahunan bagi Perusahaan

Manfaat Laporan Tahunan bagi Perusahaan
(Image source: pixabay)

Laporan tahunan atau yang kerap dikenal sebagai Annual Report (AR) merupakan ringkasan keuangan dari seluruh aktivitas perusahaan yang dilakukan dalam periode satu tahun. Tak hanya berisi laporan keuangan perusahaan saja, di dalam Annual Report biasanya juga tercantum sejumlah analisis tentang kondisi keuangan perusahaan selama setahun terakhir, sekaligus berbagai rencana strategis perusahaan di masa yang akan datang.

Berbeda dengan laporan keuangan yang biasanya hanya berupa tabel, Annual Report ditampilkan dengan berbagai infografik, ilustrasi, foto, dan diagram yang akan memudahkan para pembaca, baik itu investor maupun kreditor dalam memahami perkembangan perusahaan. Jadi, tampilan Annual Report sudah pasti akan lebih terlihat menarik daripada setumpuk Laporan Keuangan.

Annual Report sendiri, biasanya disusun dalam bagan-bagan, mulai dari surat untuk pemilik saham, highlight laporan dan kondisi keuangan perusahaan, analisis dan pembahasan manajemen perusahaan, catatan manajemen dalam laporan keuangan, hingga pernyataan auditor. Di dalamnya, juga tercatat laporan keuangan yang mancakup neraca, laporan laba rugi, ekuitas pemegang saham, laporan arus kas, dan berbagai data-data perusahaan lainnya. Lantas, apa sih manfaat disusunnya Annual Report atau Laporan Keuangan Tahunan?

Manfaat Annual Report atau Laporan Tahunan

Seperti kita ketahui, Annual Report merupakan laporan dari manajemen perusahaan yang menceritakan tentang pencapaiannya selama setahun terakhir. Jadi, tujuan utama dari Annual Report atau Laporan Keuangan Tahunan adalah agar pengguna eksternal bisa memperoleh informasi tentang aktivitas internal perusahaan sekaligus mengetahui rencana yang akan dilakukan manajemen perusahaan di masa yang akan datang.

Just info, pengguna eksternal ini adalah orang-orang yang ada di luar perusahaan, namun secara tidak langsung berpengaruh terhadap perusahaan. Sebagai contoh saja, adalah para pemilik saham serta orang-orang yang akan ikut membeli saham perusahaan. Mereka tentu sangat membutuhkan Annual Report atau Laporan Keuangan Tahunan untuk membuat berbagai keputusan bisnisnya.

Bagi pengguna eksternal tersebut, mencari informasi dari data-data yang tertera pada Annual report tentu akan lebih efektif daripada mencermati satu set laporan keuangan komparatif dari sebuah perusahaan selama satu tahun. Tampilannya yang lebih lengkap serta lebih menarik menjadikan Annual Report mudah untuk dipahami oleh pengguna eksternal.

Tak hanya bermanfaat bagi pengguna eksternal, laporan Annual Report juga berfungsi sebagai alat pemasaran bagi manajemen untuk menunjukkan kepada publik bahwa perusahaan yang mereka kelola memiliki citra yang baik. Ya, dengan Annual Report, manajemen dapat memamerkan berbagai produk dan inovasi baru yang dilakukannya, sekaligus bisa mendiskusikan sebuah prospek baru yang mereka harapkan dikembangkan di masa yang akan datang.

Annual Report PT. Mayora Indah

Salah satu perusahaan yang rutin menyusun dan merilis Annual Report atau laporan keuangan tahunan adalah Mayora. Anda tentu sudah tak asing dengan perusahaan yang satu ini, bukan? Ya, perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan dan minuman sejak tahun 1977 ini memang selalu memperbarui laporan keuangan setiap tahunnya dalam sebuah Annual Report.

Di dalam laporan keuangan Mayora, Anda akan mendapatkan berbagai informasi tentang rasio keuangan dari perusahaan yang memproduksi produk-produk makanan dan minuman legendaris seperti beng-beng, permen Kopiko, Astor, Energen, dan choki-choki ini berdasarkan aktivitas operasional yang mereka lakukan selama periode satu tahun.

Sebagai tambahan informasi, rasio keuangan merupakan alat untuk menganalisis laporan keuangan yang sering kali digunakan oleh pengguna eksternal serta manajemen untuk melakukan evaluasi kinerja perusahaan. Melalui Annual Report atau laporan keuangan Mayora tersebut, Anda dapat melihat rasio keuangan perusahaan yang dirangkum secara lengkap sekaligus berbagai rencana strategis yang akan dilakukan oleh perusahaan di masa depan, sehingga Anda para pengguna eksternal baik calon investor maupun kreditor bisa menilai tingkat efektivitas investasi di PT. Mayora Indah dengan mudah.


0 Tanggapan untuk "Manfaat Laporan Tahunan bagi Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel