Sejarah Mobil Pajero dari Masa ke Masa - KangMasroer.Com

Sejarah Mobil Pajero dari Masa ke Masa

Sejarah Mobil Pajero dari Masa ke Masa
(Image source: pixabay)

Di segmen mobil SUV kelas menengah ke atas, nama Pajero sudah pasti tidak akan terdengar asing lagi. Pasalnya, mobil besutan Mitsubishi itu memang sudah begitu melegenda karena memiliki sejarah yang panjang. Tercatat, mobil yang namanya diambil dari kata “Leopardus Pajeros” yang berarti “Kucing Pampa” ini sudah diluncurkan ke publik sejak 1982. Nah, berikut ini adalah sejarah panjang mobil Pajero dari masa ke masa. 

Pajero Generasi Pertama

Debut mobil Pajero generasi pertama konon dimulai sejak tahun 1979. Kala itu, Pajero masih berupa mobil konsep sebagai salah satu mobil yang dipamerkan dalam gelaran Tokyo Motor Show. Tiga tahun kemudian, yaitu pada tahun 2982, Pajero berbahan logam dengan kanvas bodi pendek yang memiliki tiga pintu itu baru diluncurkan ke pasaran.

Setahun sesudahnya, yaitu pada bulan Juli tahun 1983, Pajero dengan varian bodi panjang mulai diluncurkan. Varian ini kemudian diikuti dengan diluncurkannya Pajero yang menggunakan transmisi otomatis pada tahun 1985. Adapun varian mobil Pajero yang berbahan bakar bensin V6 dan mesin dieselturbo intercooled mulai dipasarkan pada tahun 1988. Saat itu, mobil Pajero cukup digandrungi oleh masyarakat.

Pajero Generasi Kedua

Mobil Mitsubishi Pajero generasi kedua diluncurkan ke publik mulai bulan Januari tahun 1991. Desain mobil generasi kedua ini berbeda jauh dari mobil Pajero generasi sebelumnya. Untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan penggunanya, Pajero generasi kedua ini ditawarkan dalam empat tipe bodi, yaitu tipe atap logam, tipe atap tengah, tipe atap kick-up serta tipe J-top. Mobil Pajero generasi kedua ini dibekali mesin 3.0L V6 serta 2.5L intercooled dieselturbo yang dipadukan dengan transmisi otomatis 4 kecepatan atau transmisi manual 5 kecepatan.

Pada bulan Juli tahun 1993, Pajero dengan mesin 3.5L V6 serta 2.8L intercooled diesel turbo diluncurkan ke pasaran. Kemudaian pada bulan Mei tahun 1997, diluncurkan pula Pajero Wide yang dilengkapi dengan lengkungan roda serta dibekali mesin 3.5L V6 GDI. Pada bulan September tahun yang sama, Mitsubishi juga memperkenalkan Pajero Evolution, yaitu Pajero yang lebih lebar, berbadan solid namun ringan, serta yang dibekali dengan mesin 3.5L V6 GDI MIVEC yang berperforma tinggi.

Pajero Generasi Ketiga

Mobil Pajero generasi ketiga diluncurkan ke publik pada bulan September tahun 1999. Perubahan besar pun terjadi pada mobil Pajero generasi yang baru ini. Konstruksi rangka serta bodi yang sebelumnya terpisah diganti dengan konstruksi model monocoque, yaitu penggabungan bagian rangka dan bodi. Panjang keseluruhan mobil serta lebar dan jarak sumbu roda juga ditambah.

Perubahan lainnya, adalah diturunkannya berat mobil serta ditingkatkannya kekakuan bodi, sehingga menghasilkan stabilitas dan kendali yang lebih baik serta kenyamanan penggunanya saat berkendara. Selain dibekali mesin 3.5L V6 GDI serta mesin 3.2L Di-D diesel direct-injection, mobil Pajero generasi ketiga ini juga sudah menggunakan sistem Super Select 4WD yang menjadikan kemampuan 4WD lebih maksimal. 

Pajero Generasi Keempat

Mobil Pajero generasi keempat diluncurkan oleh Mitsibishi pada tahun 2006. Ketika itu, mobil 4WD ini tercatat telah terjual lebih dari 2,5 juta unit yang tersebar di lebih dari 170 negara di dunia. Mobil Pajero dengan kode bodi V80 ini dihadirkan oleh Mitsubishi dalam dua model, yaitu short wheel base dengan dua pintu dan long wheel base dengan lima pintu. 

Suspensi serba independen serta Super Select 4WD yang dibekalkan pada model generasi sebelumya tetap dipertahankan agar tetap tangguh di segala medan. Teknologi baru yang membedakan Pajero generasi keempat dengan genenerasi sebelumnya terletak pada sistem Active Stability sertaTraction Control (ASTC) yang lebih disempurnakan. Fitur lainnya, adalah adanya electronic brake distribution serta mesin berteknologi commonrail pada varian mesin Diesel.

Nah, itulah sejarah mobil Pajero dari masa ke masa. Selain tipe-tipe mobil tersebut, Mitsubishi juga merilis Pajero Sport, yaitu mobil Pajero versi premium. Generasi pertama mobil Pajero Sport ini diluncurkan pada tahun 1996. Adapun untuk generasi kedua diluncurkan pada tahun 2008. Sedangkan mobil generasi ketiga dirilis mulai tahun 2015. Versi facelift dari Pajero Sport generasi ketiga ini diluncurkan di Indonesia pada tanggal 16 Februari 2021 yang lalu. Kabarnya, generasi keempat Pajero Sport, yaitu Pajero Sport 2023 akan dihadirkan oleh Mitsubishi pada tahun 2023. Kita tunggu saja ya!


0 Tanggapan untuk "Sejarah Mobil Pajero dari Masa ke Masa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel