Apa Itu Obligasi Ritel Indonesia dan Bagaimana Peluang Keuntungannya? - KangMasroer.Com

Apa Itu Obligasi Ritel Indonesia dan Bagaimana Peluang Keuntungannya?

Apa Itu Obligasi Ritel Indonesia dan Bagaimana Peluang Keuntungannya?
https://pixabay.com/id/photos/uang-bank-deposito-menjadi-dewasa-549161/

Investasi menjadi salah satu hal yang sekarang ini harus dilakukan, mengingat semakin dinamisnya masa depan. Salah satu produk investasi yang bisa kamu pilih adalah Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Kamu pasti bertanya-tanya apa sebenarnya ORI ini dan bagaimana peluang keuntungannya?

Apa sih ORI Itu?

Produk ini merupakan obligasi pemerintah atau milik negara yang diperjualbelikan oleh agen penjualan obligasi. Nilainya juga sudah dipatok dan digunakan untuk mengelola portofolio utang negara. ORI dipergunakan sebagai basis investasi dalam menambah pembiayaan negara.

Ketika kamu memiliki Obligasi Ritel Indonesia ini, kamu juga sama saja menjadi investor untuk negara dan membantu pembangunan yang ada di dalam negeri. Seperti halnya pemerintah melakukan utang kepada masyarakat daripada harus berhutang ke luar negeri.

ORI ini sudah dipatok besarannya oleh pemerintah, sehingga dalam jangka waktu tertentu akan dibayar oleh pemerintah dengan bunga yang cukup besar. Keuntungannya lainnya resiko yang kamu dapatkan sangat kecil.

Apa Manfaat ORI?

ORI selain memiliki bunga yang rutin bisa kamu dapatkan juga diperdagangkan di pasar sekunder. Sehingga keuntungan dari investasi ini berlipat seiring waktu yang sudah ditetapkan. Nah, secara lengkap berikut ini manfaat dari ORI.

1. Kupon Bunga Obligasi Ritel Indonesia

ORI menjadi produk investasi yang sangat aman, karena memiliki resiko yang sangat kecil. Meski resikonya kecil, ada profit yang didapatkan berupa kupon bunga yang jumlahnya tetap dan akan secara rutin dibayarkan.

Kupon ini tidak akan terdampak oleh fluktuasi pasar modal yang sekarang ini sangat dinamis. Banyak orang mengatakan kupon bunga ini seperti gaji yang bisa diterima setiap bulannya.

Salah satunya adalah kupo ORI017 yang memiliki besaran 6,40 persen. Besaran kupon ini selalu berada di atas inflasi yang tentunya membuat nilai investasi kamu akan aman. Karena memang tujuan dari investasi untuk memperkecil resiko inflasi, sehingga membuat nilai modal yang kamu miliki menjadi lebih kecil.

2. Adanya Capital Gain

ORI bisa diperjualbelikan secara bebas di pasar sekunder atau Bursa Efek Indonesia. Artinya, jika kamu ingin menjual ORI sebelum masa tenor habis bisa kamu lakukan di pasar sekunder tersebut.

Dengan adanya transaksi di bursa efek akan ada nilai keuntungan penjualan. Itulah yang dinamakan capital gain, sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi. Hanya saja, jangan sampai kamu menjual ketika pada posisi lebih rendah dari harga beli, karena bisa menjadi capital loss.

Resiko Investasi ORI

Meski obligasi resmi dikeluarkan oleh pemerintah tetap saja ada resiko yang harus kamu waspadai. Berikut beberapa resiko dari ORI tersebut.

1. Gagal Bayar

Obligasi merupakan sebuah surat utang yang diterbitkan, sehingga ada resiko gagal bayar. Hanya saja ORI termasuk ke pengecualian. Karena ORI dijamin UU dan akan selalu dibayarkan setiap tahunnya dalam APBN.

2. Likuiditas

Likuiditas ini bisa merugikan investor ketika ingin menjual ORI di pasar sekunder sebelum jatuh tempo. Karena itu, kamu harus berhati-hati saat ingin menjualnya di pasar modal, harus melihat bagaimana kondisi yang ada di pasar modal saat itu.

3. Pengaruh Pasar

Kondisi pasar yang sangat dinamis membuat ORI juga mengalami penurunan. Para investor yang membutuhkan dana sebelum jatuh tempo akan mengalami hal ini. Karena itu kamu harus benar-benar melakukan investasi sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan.

Apabila memang membutuhkan dana sebelum tenggat, harus sedikit bersabar sampai mendapatkan kupon tipa bulannya.

Keuntungan Membeli Obligasi Ritel Indonesia di Aplikasi digibank by DBS

Produk obligasi bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS. Berikut ini ada 4 keunggulan produk yang bisa kamu dapatkan dari pembelian ORI disini:

  • Sangat mudah mendapatkan ORI. Cukup instal Aplikasi digibank by DBS di smartphone kamu sekarang juga, kamu akan langsung mendapatkan layanan selama 24 jam penuh tanpa harus ke cabang.
  • Obligasi Ritel Indonesia dari digibank by DBS juga mendapatkan kupon rutin setiap bulannya, dengan bunga yang cukup besar. Jadi kamu akan mendapatkan penghasilan dari imbal hasil secara rutin.
  • Tidak perlu butuh modal besar, kamu hanya cukup memiliki modal Rp 1.000.000 saja untuk bisa ikut berinvestasi, dan mulai mendapatkan passive income.
  • Obligasi di digibank by DBS minim resiko  dan memiliki keuntungan yang lebih tinggi dari investasi bunga tetap seperti deposito. Karena obligasi ini diatur oleh UU dan dijamin oleh negara, sehingga sangat aman, dan kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Itulah Obligasi Ritel Indonesia yang bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS. Berinvestasi dengan cerdas lah sekarang juga, dan dapatkan keuntungan yang berlipat untuk masa depan kamu bersama digibank by DBS sekarang juga. 

***

Sumber:

https://www.inbizia.com/peluang-cuan-begini-cara-investasi-obligasi-khusus-pemula-288119

https://www.akseleran.co.id/blog/obligasi-ritel-indonesia/


0 Tanggapan untuk "Apa Itu Obligasi Ritel Indonesia dan Bagaimana Peluang Keuntungannya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel