Tips Jitu Lulus CPNS dan PPPK Tahun 2021 - KangMasroer.Com

Tips Jitu Lulus CPNS dan PPPK Tahun 2021

Tips Jitu Lulus CPNS dan PPPK Tahun 2021
(Image source: bnn.go.id)

Penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN), baik untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun Calon Pegawai Negeri Cipil (CPNS) kembali dibuka pada tahun 2021  ini. Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah total formasi penerimaan ASN tahun 2021, yang terdiri dari PPPK maupun CPNS merupakan formasi yang terbanyak sepanjang sejarah.

Di tingkat pusat, ada 54 dari 80 kementerian dan lembaga yang membuka lowongan PPPK dan CPNS pada tahun 2021 ini. Di tingkat provinsi, sebanyak 33 dari 34 instansi pemerintah provinsi juga membuka seleksi penerimaan PPPK dan CPNS. Sementara di tingkat pemerintah kabupaten dan kota, sebanyak 486 dari 508 instansi juga secara resmi membuka pendaftaran PPPK dan CPNS.

Menurut kabar yang beredar, jumlah total formasi ASN yang dibuka oleh pemerintah pada tahun ini mencapai 1.275.387 formasi. Jumlah tersebut terdiri dari 83.669 formasi ASN Pemerintah Pusat serta 1.191.718 formasi ASN Pemerintah Daerah. Untuk Calon PPPK Guru dibutuhkan sebanyak 1.002.616 formasi, sementara untuk non guru sebanyak 70.008 formasi Calon PPPK serta 119.094 formasi CPNS.

Dengan formasi yang begitu banyak tersebut, diprediksi antusiasme masyarakat terhadap penerimaan ASN baik CPNS maupun PPPK pun semakin tinggi. Persaingan juga sudah pasti akan semakin ketat. Namun, jangan pesimis dulu ya, Guys. Asalkan dipersiapkan dengan matang, belajar giat sebelum tes, serta dengan usaha lain baik lahir maupun batin, peluang untuk lulus CPNS dan PPPK tahun 2021 ini masih terbuka lebar kok. Nah, bagi kalian para pejuang ASN, berikut ini adalah tips jitu lulus CPNS dan PPPK Tahun 2021.

Perhatikan Jadwal Tahapan Seleksi

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah mencari informasi sekaligus mencermati jadwal seleksi CPNS dan PPPK itu sendiri. Ya, para pejuang ASN wajib update dengan berbagai informasi tentang tahapan seleksi CPNS ataupun PPPK agar tidak terlambat.

Salah satu caranya, adalah dengan rajin-rajin mengunjungi situs resmi seleksi ASN, yaitu https://sscasn.bkn.go.id. Selain itu, kalian juga bisa mencari informasi tentang seleksi ASN melalui akun instagram resmi Kemenpan yaitu @kemenpanrb dan akun remi BKN yaitu @bkngoidofficial. Kedua akun tersebut selalu membagikan informasi seputar seleksi CPNS dan PPPK. 

Pilih Instansi yang Sepi Pendaftar

Setelah mendapatkan informasi resmi tentang pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK, agar peluang diterima CPNS ataupun PPPK semakin besar, ada baiknya jika kalian mencari instansi yang sepi pendaftar. Pasalnya, kalau kita mendaftar di instansi yang banyak peminat sudah pasti peluangnya semakin berat.

Menurut pengalaman saya saat diterima CPNS 10 tahun yang lalu, salah satu cara untuk mengetahui instansi mana yang sepi pendaftar adalah dengan melihat persyaratan-persyaratannya. Biasanya, jika sebuah instansi mengajukan syarat-syarat pendaftaran yang relatif susah, maka peminatnya pun lebih sedikit.

Rajinlah Berlatih Soal-soal

Seperti kita ketahui, proses seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021 ini meliputi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), mulai dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), hingga Tes Intelegensi Umum (TIU), serta tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Agar bisa mengerjakan soal-soal dari berbagai tes CPNS maupun PPPK tersebut, rajinlah belajar dan berlatih soal-soal.

Untuk mendapatkan dan mempelajari soal-soal tersebut, kalian bisa membeli buku-buku soal tes CPNS dan PPPK yang sudah banyak beredar di toko buku. Selain itu, kalian juga bisa belajar soal-soal CPNS dan PPPK secara online. Ya, saat ini ada banyak sekali website yang mengulas tentang Soal CPNS Lengkap dengan Pembahasan. Salah satunya, adalah kitalulus.com. Di website ini, kalian bisa menemukan berbagai contoh soal CPNS dan PPPK dan mempelajarinya.

Dengarkan Pengalaman Orang Lain

Pengalaman adalah guru terbaik, begitulah kata pepatah. Hal ini tentu saja berlaku juga bagi siapa saja yang tengah menghadapi proses seleksi CPNS dan PPPK. Bagi kalian pejuang ASN yang pernah gagal pada tes sebelumnya, cobalah untuk belajar dari pengalaman dengan melakukan instropeksi diri serta mengevaluasi kira-kira apa saja yang menyebabkan gagal.

Setelah itu, coba dengarkan pengalaman orang lain. Entah itu teman ataupun saudara yang pernah sukses menaklukkan tes CPNS atau PPPK. Biasanya, mereka punya tips-tips khusus dalam mengerjakan soal-soal. Sebagai contoh saja, agar tidak kehabisan waktu, sebaiknya kita tidak mengeja dalam membaca soal. Melainkan, langsung mencari inti pertanyaannya kemudian segera menjawabnya dengan cepat.

Berdoa dengan Khusyu’

Terakhir, setelah semua usaha lahir kita lakukan, jangan lupa juga untuk melakukan usaha batiniah melalui doa. Berdoalah dengan khusyu’ kepada Tuhan, agar Tuhan berkenan memberi kelancaran dan kemudahan selama kita menjalani proses seleksi CPNS dan PPPK. Jangan lupa juga untuk meminta doa restu orangtua sebelum berangkat ke tempat ujian CPNS ataupun PPPK. Pasalnya, keridhoan Tuhan itu bergantung pada keridhoan orang tua.

Nah, itulah beberapa tips jitu lulus CPNS dan PPPK tahun 2021. Kalian para pejuang ASN, selamat mempersiapkan diri ya. Dengan berbagai persiapan yang matang, termasuk belajar berbagai soal CPNS dan PPPK, mulai dari soal TKP, TWK, hingga Contoh Soal TIU dan Pembahasanpeluang lulus CPNS atau PPPK dan menjadi abdi negara di tahun 2021 pun semakin besar. Semoga cita-cita mulia untuk mengabdikan diri kepada negara ini bisa tercapai di tahun 2021 ya.


0 Tanggapan untuk "Tips Jitu Lulus CPNS dan PPPK Tahun 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel