Review Aplikasi blu by BCA Digital - KangMasroer.Com

Review Aplikasi blu by BCA Digital

Review Aplikasi blu

Bagi blogger, youtuber, atau content creator lainnya yang sering bekerjasama dengan sebuah brand sepertinya memang kurang lengkap ya jika tidak punya rekening BCA? Ya meskipun, kita punya setumpuk buku rekening dari bank lain. Pasalnya, sebagian besar pembayarannya itu biasanya akan ditransfer melalui bank BCA. Terbukti, dari beberapa penggalan pesan yang masuk ke email saya berikut ini.

“Terimakasih Mas, atas kerjasamanya. Oh iya, Mas.. untuk pembayarannya ini ada yang BCA aja nggak nih, Mas? Soalnya dari kantornya BCA, Mas..”

“Oh iya.. rekening Mas nya *** ya? Kemarin financenya bilang diusahain rek. BCA, Mas..”

“Kalau bisa pakai BCA aja, Mas, biar bagian keuangan saya nggak ribet.”

“Jika sudah selesai, mohon kirimkan nomor rekening (diutamakan BCA).”

“Untuk payment yang menggunakan bank BCA, sudah saya tranfer semua yah. Untuk bank lain mohon ditunggu..”

“Tidak ada yang BCA, Mas?”

“Pembayaran langsung setelah mengirim report, khusus rekening BCA lebih cepat..”

Dan, masih banyak email-email lainnya yang mengungkap tentang pentingnya memiliki rekening BCA. Alhasil, saya pun kemudian memutuskan untuk membuka rekening BCA. Sayangnya, sebelum cita-cita besar itu tercapai, gerombolan Covid-19 sudah menyerang tatanan dunia. ya, semua orang harus menjaga daya tahan tubuh serta menerapkan protokol kesehatan, yang salah satunya adalah menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas di luar rumah. So, hingga kini cita-cita memiliki rekening BCA pun belum terwujud. Bersyukur, beberapa waktu yang lalu, saya mengenal Aplikasi blu by BCA Digital.

Mengenal Aplikasi blu by BCA Digital

Aplikasi blu merupakan aplikasi mobile banking yang didesain serta dikembangkan oleh BCA Digital bagi siapa saja yang akan melakukan transaksi, baik finansial maupun non finansial melalui handphone secara mudah. BCA Digital sendiri merupakan anak perusahaan BCA, sekaligus bagian dari BCA Group. Nah, bagi kalian yang penasaran dengan aplikasi ini, berikut ini adalah review aplikasi blu. Tulisan ini merupakan review jujur aplikasi blu berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan aplikasi ini.

aplikasi blu by BCA Digital

Jadi ceritanya, setelah mengenal aplikasi blu by BCA Digital, saat itu saya langsung menginstallnya dari Play Store. Setelah terinstall di HP, saya pun berniat membuka rekening BCA Digital di blu. Dengan memiliki rekening ini, saya berharap agar permasalahan pembayaran yang sering muncul dengan klien akibat saya tidak punya rekening BCA selama ini bisa teratasi.

Lantas, apa saja sih keunggulan aplikasi blu by BACA Digital? Berikut ini adalah beberapa keunggulan aplikasi blu by BCA Digital yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama ini.

1. Proses Pendaftaran di Aplikasi blu Sangatlah Mudah

Sebelum menginstall aplikasi ini, saya memang sempat membaca keluhan dari beberapa review aplikasi blu yang ada di Play Store. Sebagian besar, merasa kesulitan saat mendaftar. Namun, setelah saya mencobanya sendiri, ternyata tidaklah demikian, Guys. Caranya pendaftarannya ternyata sangat mudah lho, karena semua bisa dilakukan secara online dari rumah. Kita cukup menyiapkan KTP dan NPWP (jika punya).

review jujur aplikasi blu

Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu memasukkan No. HP dan kode verifikasi yang dikirimkan ke No. HP kita tersebut. Setelah itu, kita tinggal mengisikan alamat email serta membuat password. Langkah berikutnya, adalah memfoto E-KTP, NPWP (jika punya), serta melakukan foto selfie sebagai pengenalan wajah.

Langkah terakhir, yaitu melakukan video call dengan CS untuk proses verifikasi. Prosesnya tidaklah lama kok, karena CS hanya akan meminta kita untuk memegang KTP di bawah dagu serta menanyakan nama Ibu kandung kita. Nah, setelah selesai dan terverifikasi, kita akan mendapatkan bluAccount, yaitu sebuah no rekening BCA Digital bagi nasabah blu atau yang biasa disebut sebagai “sobatblu”. 

2. Aplikasi blu Sangat User Friendly

Tak hanya keluhan tentang pendaftaran, saat membaca review aplikasi blu di Play Store, saya juga menemukan sebagian pengguna yang mengatakan bahwa aplikasinya terasa lemot. Menurut saya hal tersebut terjadi karena jaringan internetnya yang kurang baik. Pasalnya, saya mencobanya sendiri, aplikasi ini sangat responsif.

Bagi saya, blu by BCA Digital ini juga sudah memenuhi kriteria aplikasi yang user friendly. Ukurannya yang sekitar 84 MB masih terasa ringan dioperasikan, meskipun pada smartphone kelas menengah dengan RAM 3GB. Sesuai ketentuan penggunaannya, aplikasi blu by BCA Digital ini bisa dijalankan minimal pada Android 5.0 dan versi yang lebih tinggi ya. Selain tampilan aplikasi blu by BCA Digital yang terlihat enak saat dilihat, fungsi fitur dan menunya juga mudah untuk dipelajari, dipahami, dan dioperasikan, karena aplikasinya memang cukup simpel.

Review Aplikasi blu by BCA Digital

Pada tampilan awal, hanya terdapat 3 menu utama, yaitu Tracker, Home, dan Simpanan. Pada menu Tracker ini isinya adalah riwayat transaksi serta grafik kas rekening yang kita miliki selama satu bulan. Menu Home berisi informasi saldo, nomor rekening, highlights, serta transaksi favorit. Sedangkan pada menu Simpanan, terdapat informasi tentang saldo yang kita miliki dalam berbagai jenis tabungan kita yang ada di blu, mulai dari bluSaving, bluGether, hingga bluDeposit.

3. Fitur Aplikasi blu Cukup Lengkap

Seperti kita ketahui, aplikasi blu ini baru dirilis pertengahan Juni yang lalu. Jadi, fiturnya memang masih sedikit. Ketika review aplikasi blu ini saya tulis, ada beberapa fitur utama yang sudah siap digunakan untuk melakukan transaksi, yaitu: Transfer untuk melakukan transfer ke rekening lain, Bayar/Beli yang bisa kita gunakan untuk beli pulsa dan paket data serta bayar tagihan pulsa pasca bayar dan internet/TV Kabel, Top Up E-Money untuk top up saldo ke Gopay dan OVO, Bayar pakai QR, serta Tarik Tunai yang bisa kita lakukan di ATM.

Selain melakukan berbagai transaksi tersebut, dengan aplikasi blu, sobatblu juga bisa menabung dengan berbagai pilihan jenis tabungan lho, mulai dari bluSaving, bluGether, hingga bluDeposit dengan fungsinya yang berbeda-beda. Sebagai contoh saja, yaitu bluSaving. Melalui tabungan ini, kita bisa membuka 10 tabungan untuk mewujudkan berbagai tujuan, seperti untuk membeli gadget semisal laptop keren, HP, kamera, dan lain sebagainya. Selain mendapat bunga 3% p.a, keunggulan lain dari tabungan ini adalah bebas ditarik kapan saja. Keren kan?

review jujur aplikasi blu by BCA Digital

Satu tabungan bluSaving, ada juga tabungan bluGether yang memungkinkan sesama sobatblu bisa menabung dan mengatur keuangan bersama-sama dengan suku bunga 3% p.a. Tabungan lainnya, yaitu bluDeposit. Tabungan ini merupakan tabungan deposito berjangka minimal Rp10 juta dengan suku bunga hingga 4% p.a dan masa tenor  1 hingga 12 bulan.

Itulah beberapa fitur aplikasi blu by BCA. Bagi saya, meski masih sedikit, fitur aplikasi blu by BCA ini sudah cukup lengkap untuk sekadar memenuhi kebutuhan transaksi sehari-hari. Ke depannya, aplikasi blu tentu akan terus berinovasi, mengingat aplikasi blu merupakan salah satu produk dari BCA Digital, Perusahaan BCA Group yang berkomitmen untuk selalu berinovasi guna memberikan layanan yang terbaik bagi penggunanya. So, mari kita tunggu saja ya berbagai inovasi blu selanjutnya!

Nah, itulah review jujur aplikasi blu berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi ini. Bagi kalian yang tertarik untuk mencoba setelah membaca review aplikasi blu ini, silakan download terlebih dahulu aplikasi blu. Bagi pengguna smartphone berbasis android, silakan download di Play Store melalui link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcadigital.blu. Sedangkan bagi pengguna IPhone, silakan download di App Store melalui link: https://apps.apple.com/us/app/blu-by-bca-digital/id1550237185.

Oh iya, saya juga sempat ikutan acara launching aplikasi blu yang bertajuk “It’s blu Day, Mulai Langkahmu”. Dalam acara yang digelar secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting tersebut dijelaskan bahwa misi blu adalah menyajikan layanan perbankan yang menjadi jawaban bagi kebutuhan para Digital Savvy, melalui One Stop Smart Solution Bank.

launching blu by BCA Digital

CEO BCA Digital, Ibu Lanny Budiati mengungkapkan bahwa blu ini hadir dan akan mendampingi para anak muda untuk menggapai mimpi-mimpi besarnya melalui gerakan #YangPentingLakuin. Melalui gerakan tersebut, diharapkan blu akan menjadi aplikasi yang mampu memenuhi gaya hidup dan kebutuhan finansial berbagai segmen anak muda.

Lebih lanjut, juga dijelaskan bahwa fitur dan produk blu dikembangkan sesuai dengan behaviour atau perilaku dari usernya. Terbukti, dari user interface dan user experience-nya berupa tampilan visual design aplikasi blu yang memang pas dan sangat cocok dengan selera dan segmen anak muda.

Sebagai branchless bank atau bank tanpa cabang, BCA Digital selaku pengembang aplikasi blu juga memastikan bahwa nasabah ataupun calon nasabah akan mudah menghubungi customer service kapan pun dan di mana pun. Selain bisa menghubungi customer service melalui call center, email, dan twitter, dalam waktu dekat ini nasabah blu juga bisa mengubungi customer service blu melalui WhatsApp yang dilengkapi dengan fitur Quick Response dan chatbot.

Untuk fase pengembangan lanjutan, blu juga sudah menyiapkan debit card, produk funding dan lending, serta berbagai produk finansial lainnya. Tentu saja tak hanya itu, karena bagi blu, inovasi perbankan digital tidak bisa hanya berhenti dan hanya terbatas pada kebutuhan finansial saja. Oleh karena itu, BCA Digital pun mengembangkan blu sebagai platform yang juga bisa memenuhi kebutuhan non finansial melalui digital ekosistem yang saling terkoneksi.

Salah satunya, dibuktikan dengan partnership antara blu dengan Blibli. Jadi, calon nasabah bisa membuka akun blu melalui Blibli secara mudah hanya dengan Rp500 ribu dan mendapatkan cashback 100%. Selain itu, pembeli yang berbelanja di Blibli menggunakan pembayaran blu by BCA Digital juga akan mendapatkan keuntungan berupa pembayaran yang lebih mudah dan praktis serta berbagai promo spesial dari blu. Yuk, buruan download dan buka akun blu mu!


0 Tanggapan untuk "Review Aplikasi blu by BCA Digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel