Mengenal Macam-macam Kanstin Beton dan Manfaatnya - KangMasroer.Com

Mengenal Macam-macam Kanstin Beton dan Manfaatnya

Mengenal Macam-macam Kanstin Beton

Saat berjalan di trotoar, Anda tentu pernah melihat material dari beton yang berjajar dan tertata rapi di antara area jalan raya dan area jalan pejalan kaki, bukan? Nah, tahukan Anda apa nama material yang berbahan beton tersebut? Ya, material beton yang terbuat tersebut sering disebut sebagai kanstin, curb, atau kerb.

Menurut catatan sejarah, kanstin sudah ada sejak lama, yaitu di masa peradaban Pompeii kuno di Italia. Konon, kanstin yang ada di kota tersebut digunakan sebagai material untuk mempercantik kota. Di era modern, kanstin mulai dikenal pada tahun 1766 di Inggris. Tepatnya, di depan gedung East India House, London. Kala itu, kanstin dibuat dari 6 pilar pipa besi yang difungsikan sebagai pemisah antara jalanan utama dan trotoar.

Seiring dengan perkembangan zaman, kanstin tidak dibuat dari pipa besi, melainkan dengan material baru, yakni beton. Oleh karena itu, kita sering menyebutnya sebagai kanstin beton. Pemilihan beton sebagai kanstin sendiri bukannya tanpa alasan. Seperti kita ketahui, beton merupakan material kokoh dan kuat yang bahan-bahan pembuatannya mudah untuk didapatkan. Untuk membuat kanstin beton kita hanya membutuhkan bahan-bahan berupa pasir, semen, agregat, dan air.

Macam-macam Kanstin Beton

Saat ini, kanstin beton telah diproduksi oleh berbagai perusahaan beton dengan beragam model bentuk serta ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya berbebentuk persegi, kanstin juga ada yang berbentuk trapesium. Menurut SNI 2442-2008, ada beberapa jenis serta model kanstin. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Kanstin Beton Tegak

Kanstin beton tegak merupakan kanstin yang jika dilihat dari samping memiliki bentuk persegi panjang. Kanstin ini terbagi menjadi dua macam, yaitu kanstin beton tegak yang menggunakan sebuah bahan horizontal serta kanstin beton tegak yang tidak menggunakan bahan horizontal. Kanstin beton tegak biasanya digunakan sebagai kanstin trotoar, kanstin parkir, dan kanstin taman.

Kanstin Beton Miring

Spesifikasinya kanstin beton miring hampir mirip dengan jenis kanstin beton tipe tegak horizontal. Adapun yang membedakannya adalah posisi tegak kanstin beton ini yang terpancung miring. Biasanya, kanstin ini digunakan pada dinding bendungan-bendungan sungai, selokan, atau aliran air lainnya yang ada di Indonesia.

Kanstin Beton Peninggi

Kanstin beton peninggi merupakan kanstin yang biasa diaplikasikan untuk membedakan ketinggian antara permukaan tanah yang satu dengan permukaan tanah yang lain. Bentuk dari kanstin ini biasanya agak landai serta lebih rendah jika dibandingkan dengan bagian kanstin lainnya. Kanstin beton peninggi ini pada umumnya digunakan untuk kebutuhan area taman, di perumahan mewah serta taman umum yang ada di area perkotaan.

Kanstin Beton Penghubung

Kanstin beton penghubung adalah sebuah kanstin beton yang biasanya digunakan untuk menghubungkan antara kanstin satu dengan yang kanstin lainnya. Tak hanya menghubungkan satu jenis kanstin saja, kanstin beton penghubung juga bisa digunakan untuk menyatukan beberapa model kanstin yang berbeda. Misalnya saja, menghubungkan kanstin miring dengan kanstin peninggi. Oleh karena itu, model kanstin penghubung ini sangat banyak sesuai dengan kebutuhan konstruksi bangunan.

Manfaat dan Fungsi Kanstin Beton

Seperti diketahui, ada banyak sekali pengaplikasian kanstin beton pada suatu proyek pembangunan. Oleh karena itu, manfaat dan fungsi kanstin pun beragam sesuai dengan jenisnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat serta fungsi kanstin beton yang perlu kita ketahui.

1. Kanstin beton dapat digunakan untuk membatasi lajur jalan yang satu dengan lajur lainnya, misalnya saja antara jalan raya dan trotoar.

2. Kanstin dapat mempermudah pekerjaan yang sedang dilakukan oleh para kontraktor dalam membentuk sebuah sudut berdasarkan perencanaan atau desain sebagaimana yang telah ditentukan di awal.

3. Kanstin beton dapat digunakan sebagai kunci susunan conblock atau paving block.

4. Kanstin beton dapat menjadikan area jalan lebih tampak rapi serta terkesan lebih bersih.

5. Kanstin beton dapat digunakan sebagai material yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pergeseran conblock atau paving block. Dan masih banyak manfaat lainnya.

Nah, sebagai rekomendasi jika Anda tengah mencari kanstin beton yang kuat dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan proyek pembangunan, Anda bisa memesannya ke PT Lawang Indah Beton. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1980 ini memproduksi dan jual kanstin beton dalam berbagai macam bentuk serta ukuran untuk beragam macam kebutuhan.



0 Tanggapan untuk "Mengenal Macam-macam Kanstin Beton dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel