Manfaat Minum Susu untuk Orang Tua - KangMasroer.Com

Manfaat Minum Susu untuk Orang Tua

Manfaat Minum Susu untuk Orang Tua
(Image source: pixabay)

Sebagian besar dari kita pasti memahami jika kebiasaan minum susu itu hanya identik dengan anak-anak saja, karena susu memang dapat mendukung tumbuh kembang mereka. Padahal, sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik, sebenarnya susu juga masih dibutuhkan oleh segala usia lho, termasuk lansia atau orang tua. 

Ya, seperti diketahui, susu merupakan salah satu minuman yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Manfaat kalsium sendiri adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang pada lansia, sedangkan vitamin D untuk meningkatkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Lebih dari itu, susu juga memiliki berbagai manfaat penting lainnya untuk orang tua. Nah, berikut ini adalah manfaat susu untuk orang tua yang harus diketahui.

1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis memang bukanlah bagian dari proses penuaan. Namun tak bisa dimungkiri, seiring waktu kondisi tulang juga menjadi semakin rapuh. Hal ini berarti bahwa seiring dengan pertambahan usia, semakin bertambah pula risiko terkena osteoporosis. Dengan kata lain, orang tua memiliki risiko yang lebih tinggi daripada anak muda atau remaja untuk mengalami kondisi osteoporosis ini.

Itulah sebabnya, orang tua perlu minum susu secara rutin untuk membantu memperlambat terjadinya osteoporosis. Ya, kandungan kalsium dan vitamin D pada susulah yang akan membantu tulang menjadi lebih padat, sehingga mencegah terjadinya tulang rapuh. Menurut penelitian, dalam segelas susu rendah lemak, seseorang bisa mendapatkan asupan kalsium sebesar 306 mg yang dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium harian. Oleh karena itu, minum susu bagi orang tua dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

2. Menjaga kesehatan jantung

Tak hanya kalsium dan vitamin D yang berguna untuk kesehatan tulang pada orang tua, susu ternyata juga memiliki kandungan kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung lho. Sebagai informasi, makanan atau minuman yang kaya akan kalium ini mampu mengurangi efek dari natrium dalam tubuh. Artinya, semakin banyak asupan kalium yang dikonsumsi seseorang, semakin banyak pula natrium yang akan keluar dari tubuh melalui urine.

Selain itu, kalium juga bisa membantu mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah. Hal tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi orang tua agar tekanan darahnya tetap normal serta terhindar dari risiko penyakit jantung. Namun bagi orang tua penderita gangguan ginjal, tentu saja harus mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter, mengingat kalium ini juga dapat memperparah kondisi pasien yang memiliki riwayat gangguan ginjal.

3. Mencegah osteoarthritis

Mungkin belum banyak di antara kita yang pernah mendengar kata osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan salah satu jenis radang sendi yang biasa terjadi pada orang tua. Nah, menurut Arthritis Foundation, kandungan yang terdapat pada susu berupa kalsium, vitamin D, serta protein yang tinggi mampu menurunkan risiko terjadinya osteoarthritis ini.

Hal tersebut disebabkan karena kalsium yang terdapat pada susu mampu melindungi tulang yang mendukung persendian sehingga akan memperlambat proses terjadinya osteoarthritis. Oleh sebab itu, para ahli kesehatan menganjurkan orang tua untuk minum susu untuk menjaga kesehatan persendian sebagai salah satu upaya pencegahan osteoarthritis.

4. Menjaga massa otot

Menurut para ahli kesehatan, semakin tua seseorang, semakin sedikit pula produksi proteinnya. Padahal, protein ini sangat penting untuk menjaga massa dan kekuatan otot, kesehatan tulang, serta berbagai fungsi sistem gerak manusia lainnya. Nah, seperti diketahui susu merupakan salah satu minuman yang mengandung banyak protein. Itulah sebabnya mengapa orang tua perlu minum susu.

Orang tua yang mengonsumsi susu secara rutin, kadar protein dalam tubuhnya akan terjaga. Namun, tentu saja, selain minum susu, orang tua juga perlu berolahraga serta melakukan aktivitas fisik lainnya agar tubuhnya tetap sehat dan bugar.


0 Tanggapan untuk " Manfaat Minum Susu untuk Orang Tua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel