Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memilih Sepatu untuk Anak Laki-laki - KangMasroer.Com

Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memilih Sepatu untuk Anak Laki-laki

Memilih Sepatu Anak Laki-laki
(Image source: pixabay)

Anak laki-laki biasanya memang lebih aktif jika dibandingkan anak perempuan. Oleh karena itu, orang tua sebisa mungkin tidak sembarangan dalam memilih sepatu yang pas untuk anak laki-laki. Sebelum membelikannya sepatu, ada beberapa hal yang harus dijadikan pertimbangan. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih sepatu untuk anak laki-laki.

Ukuran Sepatu

Anak laki-laki yang aktif tentu membutuhkan sepatu dengan ukuran yang pas di kaki, yaitu sepatu yang ukurannya sesuai dengan ukuran kakinya, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Pasalnya, jika terlalu besar, sepatu yang dikenakannya akan menghalangi aktivitasnya. Sebaliknya, jika terlalu kecil, ruang gerak bebas pada jemari kakinya untuk tumbuh akan menjadi terbatas.

Untuk anak laki-laki yang masih bayi, sebaiknya orang tua memilihkan sepatu yang lembut dan fleksibel, sehingga memudahkan kakinya untuk menapak. Adapun untuk anak laki-laki yang baru saja bisa berjalan, pilihlah sepatu dengan sol yang lembut, agar otot kakinya tumbuh dengan baik dan jari-jari kakinya semakin kuat. Sedangkan untuk anak laki-laki usia balita, pilihlah sepatu anak laki-laki yang ujung sepatunya bundar sehingga jarinya lebih terasa leluasa saat bergerak. 

Bahan Sepatu

Tidak hanya orang dewasa saja yang lebih suka memakai sepatu dengan bahan yang ringan, anak-anak ternyata juga lebih menyukai sepatu berbahan ringan lho. Bagaimana tidak, sepatu dengan bahan yang ringan, selain lebih nyaman saat digunakan untuk melangkah, juga tidak memberi beban yang berat untuk berlarian.

Nah, untuk memilih sepatu yang ringan di kaki, orang tua bisa melihat dari bagian sol sepatu serta bahan sepatu. Beberapa jenis bahan sol ringan, di antaranya adalah bahan polyurethane, karet, dan thermo plastic rubber. Adapun untuk bahan, pilihlah sepatu berbahan sintesis seperti denim, nylon, beludru, ataupun kanvas. Sepatu berbahan kulit juga relatif ringan dan nyaman untuk dikenakan, namun sedikit membuat kaki berkeringat.

Kualitas Sepatu

Setelah ukuran dan bahan, hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli sepatu untuk anak laki-laki adalah kualitas sepatu. Ya, pilihlah sepatu yang baik kualitasnya, meski harganya relatif sedikit lebih mahal. Adapun ciri-ciri sepatu yang memiliki kualitas baik, yaitu sepatu yang memiliki sol tebal, kuat, dan fleksibel, namun tetap terasa ringan saat dipakai.

Sepatu anak laki-laki yang berkualitas juga terlihat dari bahan-bahannya yang berkualitas serta jahitan sepatunya yang rapi. Oleh karena itu, sebelum memilih sepatu untuk anak laki-laki, perhatikan terlebih dahulu informasi tentang pembuatan sepatu tersebut, mulai dari tahun pembuatan hingga bahan-bahan yang digunakannya.

Model Sepatu

Terkadang, beberapa item fashion seperti kacamata, kalung dan tas dengan model dewasa memang akan terlihat keren jika dikenakan oleh anak-anak. Namun, hal tersebut tidaklah berlaku untuk sepatu. Ya, sepatu model dewasa kurang mendukung pertumbuhan kaki anak. Jadi, untuk kebaikan pertumbuhan anak, pilihlah model sepatu yang sesuai dengan usianya. 

Misalnya saja, untuk anak dengan usia di bawah 3 tahun, pilih saja model sepatu dengan sol yang ringan serta insole yang lembut, untuk anak yang berusia 4 sampai dengan 7 tahun, pilihlan model sepatu dengan desain perekat yang bisa mendukung gerak aktifnya. Sedangkan untuk anak dengan usia 7 tahun ke atas, orang tua bisa memilih model sepatu yang lebih beragam. Akan tetapi, tentu tetap harus mempertimbangkan sisi kenyamanannya.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih sepatu anak laki-laki. Pemilihan sepatu yang tepat tentu akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan kaki anak, terlebih jika anak masih dalam usia balita. Pasalnya, pemilihan sepatu yang salah bisa mengganggu pertumbuhan otot dan tulang kaki anak.


0 Tanggapan untuk "Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memilih Sepatu untuk Anak Laki-laki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel