Mengenal Jenis-jenis Bahan Bakar - KangMasroer.Com

Mengenal Jenis-jenis Bahan Bakar

Mengenal Jenis-jenis Bahan Bakar
(Image source: pixabay)

Setiap jenis kendaraan bermotor tentu membutuhkan perlakuan yang berbeda. Tak hanya perawatan saja, namun juga jenis bahan bakar yang digunakannya. Dengan menggunakan jenis bahan bakar yang tepat, maka performa kendaraan pun akan meningkat. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis bahan bakar yang perlu kalian ketahui.

Pertamax

Pertamax merupakan bahan bakar mesin bensin berstandar internasional yang mempunyai nilai oktan minimal 92. Bahan bakar yang satu ini didesain untuk kendaraan yang memiliki kompresi ratio antara 10:1 hingga 11:1 dan bisa digunakan untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Beberapa keunggulan Pertamax antara lain adalah:

  • Terbuat dari Pertatec, yaitu sebuah formula yang bisa menghilangkan kerak atau endapan kotoran yang ada pada mesin
  • Pertamax mengandung zat aditif yang mampu membantu mengatasi berbagai permasalahan pada mesin serta menjaga mesin agar lebih awet sehingga performa mesin tetap terasa optimal

Pertalite

Pertalite merupakan bahan bakar bensin yang mempunyai nilai oktan 90. Sama seperti Pertamax, Pertalite juga bisa digunakan untuk kendaraan baik roda dua maupun empat yang mempunyai kompresi ratio antara 9:1 hingga 10:1. Adapun keunggulan Pertalite di antaranya adalah:

  • Harganya lebih terjangkau dibanding Pertamax
  • Pertalite juga mempunyai tambahan zat aditif yang mampu membuat kendaraan bisa menempuh jarak yang lebih jauh, sehingga konsumsi behan bakar terasa lebih efisien

Pertamax Turbo

Pertamax turbo merupakan bahan bakar yang dibuat secara kolaborasi oleh Pertamina dan Lamborghini. Bahan bakar ini dibuat untuk memenuhi persyaratan mesin yang memiliki teknologi tinggi. Dibanding Pertalite dan Pertamax biasa, Pertamax Turbo lebih ramah lingkungan, karena didesain dengan formula Ignition Boost Formula (IBF) dengan nilai oktan 98 dan kadar sulfur yang rendah.

Beberapa keunggulan Pertamax Turbo, di antaranya:

  • Mampu meningkatkan kecepatan dan akselerasi kendaraan bermotor
  • Mesin kendaraan yeng menggunakan Pertamax turbo menjadi lebih responsif, sehingga performanya sangat optimal

Pertamina Dex

Pertamina Dex merupakan bahan bakar yang direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan bermesin diesel modern yang berteknologi tinggi. Pertamax Dex merupakan bahan bakar yang prima dengan kualitas tinggi, sehingga membuat suara mesin diesel menjadi jadi lebih halus serta lebih bertenaga.

Beberapa keunggulan dari bahan bakar yang mempunyai cetane number tertinggi ini di antaranya adalah:

  • Pertamina Dex memiliki standar EURO 3, sehingga menghasilkan emisi yang lebih ramah lingkungan
  • Kandungan sulfur Pertamina Dex yang rendah mampu meminimalisir endapan dan kerak pada mesin, sehingga kendaran terasa lebih awet dan tangguh 

Dexlite

Dexlite merupakan bahan bakar diesel yang mempunyai nilai cetane minimal 51 dengan maksimal kandungan sulfur 1200 ppm. Dibandingkan solar, Dexlite memiliki kandungan sulfur yang lebih rendah.

Beberapa keunggulan Dexlite di antaranya adalah:

  • Memiliki kandungan sulfur yang lumayan rendah, sehingga mesin akan terhindar dari kerak atau endapan yang akan mengurangi performa mesin
  • Harganya terjangkau, namun tetap bertenaga

Nah, itulah beberapa jenis bahan bakar beserta kelebihannya masing-masing. Pastikan Anda menggunakan bahan bakar sesuai dengan mesin kendaraan bermotor yang Anda miliki ya!


0 Tanggapan untuk "Mengenal Jenis-jenis Bahan Bakar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel