Simulasi Kredit Mobil Wajib Dilakukan, Ini Tips Lengkapnya


Membeli kendaraan bermotor khususnya mobil bisa dilakukan dengan dua cara, tunai atau kredit. Dari kedua metode pembelian tersebut, kredit mobil merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia sekarang ini.

Kredit mobil baru maupun bekas bisa dilakukan karena didukung juga dengan beragam perusahaan pembiayaan yang bermunculan. Masyarakat memilih pembelian secara kredit bukan berarti tanpa keuntungan. Dari harga murah karena hanya membayar uang muka minimal sebesar 30 persen dari harga tunai mobil tersebut dan cicilan per bulan yang terjangkau. Selain itu, ada beberapa keuntungan lain dari kredit mobil, yakni asuransi yang otomatis mengcovernya serta ketersediaan unit mobil yang bisa dipercepat pengadaannya.

Mengutip dari berbagai sumber, komposisi metode pembelian kredit mobil baru menginjak tahun 2020 ini mencapai 80 persen. Hal ini sejalan dengan strategi agen pemegang merek yang mengeluarkan produk baru pada tahun ini.

Kredit mobil baru pun kini mulai menyasar kaum muda alias generasi milenial. Hal ini kemudian direspons oleh Mandiri Utama Finance (MUF) dengan mengeluarkan program Kredit Milenial #JagaNama.

Melalui program ini MUF mengkampanyekan kredit mobil baru untuk generasi milenial. Bisa dibilang, untuk generasi milenial yang belum pernah mengajukan kredit mobil baru maupun bekas adalah sebuah tantangan. Ini karena mereka tidak memiliki track record pembiayaan kredit sebelumnya, jadi kemungkinan kredit mobil ditolak bisa jadi sangat mungkin terjadi.

Namun secara keseluruhan, kredit mobil baru maupun bekas ada juga tipsnya. Berikut uraiannya.


Uang Muka

Uang muka dalam kredit mobil pasti dibutuhkan dan memang sudah termasuk peraturan tetap. Merujuk pada Undang-Undang yang berlaku, syarat minimal uang muka kredit mobil adalah sebesar 30 persen. Untuk kaum muda, pastikan dulu kalau uang mukanya cukup. Bahkan kalau ada lebihnya silahkan tambah uang muka jadi lebih besar agar jumlah cicilan bisa lebih kecil setiap bulannya.

Besaran perbandingan jumlah uang muka dan cicilan bisa dilihat dari simulasi kredit mobil yang tersedia di berbagai aplikasi maupun situs resmi perusahaan pembiayaan.

Negosiasi Diskon

Sebelum memutuskan untuk membayar uang muka ketika mau kredit mobil lakukan negosiasi diskon dengan salesnya. Hal ini sangat memungkinkan, karena pada umumnya dealer mobil akan menyiapkan diskon atau program bonus lainnya. Setelah mendapat gambar diskon yang akan didapat, lakukan simulasi kredit mobil seperti yang dilakukan di poin sebelumnya.


Lakukan Simulasi Kredit Mobil

Setelah mendapatkan sejumlah informasi dari dealer dan perusahaan pembiayaan (leasing) seperti yang disebut sebelumnya di atas, coba Anda lakukan simulasi kredit mobil. Simulasi kredit mobil ini bisa sangat berguna dalam penentuan pilihan terakhir dan menyesuaikan kemampuan bayar kita.

Cek Kualitas

Satu hal, khusus untuk kalian yang mau kredit mobil bekas, jangan lupa untuk cek kondisi mobil itu sendiri. Perhatikan kondisi bagian-bagian vital seperti mesin, kaki-kaki, dan tentunya surat-suratnya.


0 Tanggapan untuk "Simulasi Kredit Mobil Wajib Dilakukan, Ini Tips Lengkapnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel