Tips Menggoreng Ayam Agar Renyah di Luar dan Lembut di Dalam


Resep masakan ayam goreng menjadi menu makan yang sederhana namun nikmat. Hanya saja, terkadang ayam goreng yang dibuat sendiri tidak seenak dan serenyah seperti ayam goreng yang kita beli. Padahal sebenarnya, kita bisa membuat  ayam goreng seenak itu dengan teknik penggorengan yang tepat.

Cara menggoreng yang tepat akan menjadikan ayam goreng renyah di bagian luarnya dan lembut di dalamnya. Nah, jika anda ingin mendapatkan sajian ayam goreng seperti itu, mulai sekarang anda bisa ikuti tips menggoreng ayam seperti berikut ini. 

Ayam Dikeringkan

Tips pertama agar goreng ayam renyah di  bagian luar dan lembut di dalam yaitu mengeringkan ayam. Silakan keringkan ayam yang sudah anda rendam dengan bumbu sebelumnya. Caranya mudah, anda bisa menyimpan ayam di piring, lalu tepuk ayam dengan menggunakan tisu khusus makanan perlahan-lahan. Ini dilakukan agar air sisa marinasi pada ayam menyerap. Daging ayam yang masih terdapat air akan memercik ketika ayam digoreng.

Lapisi Ayam Menggunakan Tepung

Melapisi ayam dengan menggunakan tepung akan membuat tekstur ayam menjadi krispi di bagian luarnya. Agar mendapatkan tekstur ayam goreng yang sempurna anda bisa menggunakan tepung beras. Tepung beras teksturnya halus dan lembut, sehingga tidak akan menjadikan ayam goreng seperti ayam goreng tepung. Tepung beras hanya akan menjadikan tekstur ayam lebih renyah yang tahan lama. 

Caranya yaitu, ayak tepung beras di bagian atas ayam. Silakan balik-balikan ayam dan ratakan tepung. Lalu simpan kembali ayam pada ayakan anda. Silakan ayak ayam agar lapisan tepung yang banyak dapat berkurang.

Selain menggunakan tepung beras, anda juga bisa menggunakan tepung jagung atau tepung tempura. Hanya saja, akan lebih baik jika anda menggunakan tepung beras.

Goreng Ayam dengan Minyak Dangkal

Anda bisa menggoreng ayam dengan menggunakan minyak yang dangkal. Tinggi minyak yang digunakan yaitu setengah makanan. Ketika menggoreng, ayam harus anda bolak balik sehingga semua sisi ayam menjadi coklat merata.

Metode ini dinamakan dengan shallow frying, yakni metode memasak dengan jumlah yang sedikit. Minyak untuk menggoreng terlebih dahulu dipanaskan pada wajan yang dangkal. Menggoreng makanan dengan penggorengan yang datar dengan teknik ini akan lebih cepat. Dengan teknik ini pula tekstur ayam akan tetap renyah dan garing di bagian luarnya. Selain itu, makanan warnanya akan tetap menarik.

Perhatikan Api Saat Menggoreng

Sebelum anda menggoreng ayam, anda harus memanaskan terlebih dahulu wajan dengan menggunakan api yang sedikit besar. Apabila sudah panas, silakan api dikecilkan. Lalu ambil ayam yang sudah anda siapkan tadi. Lalu masukan ayam satu persatu ke dalam wajan. Goreng ayam dengan menggunakan api sedang. Agar ayam matang dengan merata, anda harus memperhatikan besar kecil api kompor ketika menggoreng ayam.

Minyak panas di bagian awal menggoreng akan membuat kulit ayam menjadi krispi. Anda bisa mengecilkan api agar kulit  tidak gosong di awal. Jika api tidak kecil, maka ditakutkan kulit akan  menjadi gosong, sedangkan daging ayamnya belum matang dengan sempurna. Kemudian menggunakan api sedang agar ayam matang dengan merata, serta dagingnya tetap lembut dan enak. 

Itulah tips menggoreng ayam agar renyah bagian luar dan lembut pada bagian dalamnya. Mudah bukan? Sekarang anda bisa menyajikan ayam goreng yang lebih lezat untuk keluarga di rumah. Semoga bermanfaat.


0 Tanggapan untuk "Tips Menggoreng Ayam Agar Renyah di Luar dan Lembut di Dalam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel