Agar Sukses Kuliah Online, Atur Manajemen Waktu dengan Tips Ini

kuliah online
Foto: Pexels.com 

Kini semakin banyak orang tertarik mengambil kuliah online. Sebab ada banyak keuntungan, khususnya bagi mahasiswa yang kuliah sembari bekerja. Salah satu faktor yang paling menarik dari kuliah cara ini adalah fleksibilitas. Mahasiswa bisa mengatur sendiri jadwal belajarnya, tanpa terikat waktu seperti kuliah konvensional.

Meski begitu perlu komitmen kuat mahasiswa dalam mengatur perkuliahan ini. Manajemen waktu yang baik menjadi kunci kesuksesan belajar secara online. Jika tidak, tugas bisa menumpuk, pelajaran tertinggal dan nilai pun ikut menurun. Oleh karena itu sangatlah penting bagi mahasiswa untuk memiliki kemampuan mengatur waktu. Berikut ada sederet tips yang perlu dilakukan mahasiswa terkait manajemen waktu agar sukses kuliah online.

Buat Perencanaan Belajar

Banyak mahasiswa kuliah online merupakan pekerja. Sehingga perlu adanya pembagian waktu antara bekerja dan belajar. Sebaiknya mahasiswa membuat jadwal kuliah. Tulis dalam kalender dan buat catatan di buku atau aplikasi handphone yang kini banyak tersedia.

Di sini kamu bisa menentukan kapan belajar dan mengerjakan tugas. Ketahui kapan kamu sangat sibuk di kantor, sehingga kamu bisa mempelajari materi atau menyelesaikan tugas lebih cepat.

Bila tidak membuat jadwal, tentu waktu belajar jadi tidak teratur yang berujung kemerosotan nilai. Kamu dapat mencari waktu kuliah terbaik misalnya di tiap pagi sebelum kerja, waktu makan siang di kantor atau sepulang kerja. Sediakan waktu yang cukup agar kamu bisa fokus kuliah, tanpa tergesa-gesa sambil mengurus pekerjaan.

Tidak Multitasking

Sebaiknya hindari melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Sebab ini bisa menurunkan produktivitas. Fokuslah pada satu tugas di tiap waktu. Jangan kerjakan tugas ketika perlu belajar untuk ujian, membaca materi kuliah, bertanya pada dosen atau berdiskusi dengan teman. Atur tugas berdasarkan tingkat kepentingannya. Dahulukan tugas-tugas penting yang perlu usaha lebih dalam pengerjaannya.

Tentukan Batas Waktu Mengerjakan Tugas

Waktu pengumpulan tugas bisa berbeda-beda di tiap kelas online, termasuk di Pintaria.com. Bisa saja dosen menetapkan tenggat waktu yang tidak boleh dilanggar untuk tugas kuliah. Namun ada pula yang memberi kelonggaran yaitu dengan pengumpulan semua tugas di akhir semester.

Meski ada cara berbeda dalam mengumpulkan tugas, namun sebaiknya kamu tetap membuat deadline sendiri. Buatlah daftar tugas yang kamu urutkan berdasarkan prioritas dan waktu penyelesaiannya. Supaya tugas selesai lebih awal dan tidak keteteran. Karena semakin sibuk aktivitasmu, kamu akan mudah terdistraksi. Ini berujung membuatmu kewalahan menyelesaikan tugas ataupun belajar untuk kuliah.

Mengevaluasi Hasil Belajar

Kamu perlu melakukan evaluasi hasil belajar dalam kuliah. Mulailah saat pertengahan semester. Buat catatan evaluasi untuk diri sendiri terkait progres di kelas online yang sudah kamu lakukan. Lakukan hal ini tiap beberapa minggu agar kamu bisa melihat apa yang perlu dirubah atau justru dipertahankan. Dengan begitu kamu dapat melakukan penyesuaian pada cara belajar dan penyelesaian tugas. Supaya lebih semangat, kamu bisa memberi “hadiah” untuk diri sendiri ketika mencapai hasil yang diinginkan. Bisa dengan makan enak, menonton film atau melakukan hobi.

Singkirkan Distraksi

Ada banyak hal yang membuatmu tidak fokus belajar. Bisa saja tumpukan kerjaan, ajakan bersosialisasi dengan teman, permainan di handphone, membuka situs internet, media sosial, video YouTube dan lainnya. Ketahui apa yang paling mengganggumu dalam belajar online. Singkirkan hal tersebut ketika kamu sedang belajar untuk kuliah.

Jangan Memaksa Diri

Bila kamu merasa aktivitas utama sudah sangat padat, tentu akan sulit untuk menambah kelas online. Apalagi jika kamu bekerja sampai malam, sudah menikah, dan punya keluarga. Kamu perlu menentukan prioritas dan menunda mengambil kelas online sampai semester berikutnya.

Terkadang ada yang mengganggap kuliah online itu begitu mudah. Padahal bisa saja lebih sulit daripada kuliah di kelas. Sebab mahasiswa perlu motivasi dari diri sendiri yang kuat. Sehingga lebih baik tidak memaksa diri di luar kemampuan. Lakukan ketika sudah merasa siap membagi waktu antara kerja, kuliah dan kehidupan sosial. Jika sudah menjalani kuliah online dan merasa ada kendala dalam mengatur waktu, coba minta bantuan dosen, teman atau pihak kampus.

Tentukan Kuliah yang Sesuai Kesanggupan

Ada saja mahasiswa yang berusaha menyelesaikan semua mata kuliah dengan terburu-buru. Mungkin salah satu alasannya karena ingin cepat lulus dan segera mendapatkan gelar sarjana. Namun yang terjadi bisa saja nilai IPK kurang memuaskan. Oleh sebab itu kamu perlu memastikan jurusan dan waktu menjalani kuliah tidak membebanimu. Carilah yang sesuai kesanggupan.

Kamu juga bisa memilih kuliah seperti di Pintaria.com. Selain kelas dan materi yang sudah diatur secara online, kamu memiliki kesempatan untuk kuliah di kelas biasa seperti kuliah konvensional. Sehingga kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dosen saat dirasa belum memahami materi.

Kuliah dengan Teman

Belajar secara online mungkin dianggap lebih “sepi” dibanding kuliah pada umumnya. Sehingga ada baiknya kamu mengambil kuliah bersama teman atau rekan kerja. Supaya lebih besar kemungkinan kamu menyelesaikan kuliah dan mengatur waktu dengan baik. Kalian bisa saling memotivasi, mengingatkan sekaligus membantu dalam perkuliahan. Tentu lebih menyenangkan punya rekan belajar, berdiskusi atau mengerjakan tugas yang sudah kamu kenal.

Pikirkan dengan Matang

Memang dalam kuliah jenis ini kamu perlu memiliki disiplin diri yang sangat besar. Karena kelas online perlu komitmen dan motivasi kuat dari diri sendiri. Buatlah tujuan yang ingin kamu raih dan berfokus padanya. Supaya ketika semangat menurun, kamu bisa mengingat tujuanmu kembali.

Sebelum mendaftar kuliah, kamu perlu memikirkan bagaimana jadwal kuliah nantinya. Pastikan juga kamu bisa rutin mengecek materi pelajaran di hari kerja dan dapat pergi ke kampus saat akhir pekan. Bila kamu sudah memutuskan mengambil kuliah secara online, miliki kemampuan manajemen waktu yang baik dan disiplin agar berhasil. Jika tidak, kamu hanya membuang-buang uang dan waktu tanpa lulus dengan hasil memuaskan sesuai harapan.


0 Tanggapan untuk "Agar Sukses Kuliah Online, Atur Manajemen Waktu dengan Tips Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel