Cara Mengatasi Rambut Kering dengan 5 Bahan Alami - Kang Masroer

Cara Mengatasi Rambut Kering dengan 5 Bahan Alami

cara mengatasi rambut kering
(Image source: pixabay.com)

Semua orang, khususnya para wanita sudah pasti ingin memiliki rambut panjang yang sehat dan terawat. Sayangnya,karena perawatan yang salah sering kali rambut justru mengalami berbagai kerusakan. Salah satunya, adalah rambut kering. Rambut kering biasanya terjadi karena batang rambut tidak dapat mempertahankan kelembapan alaminya.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena berbagai hal. Mulai dari kekurangan gizi, terpapar bahan aktif yang terlalu keras yang terkandung dalam produk perawatan rambut, penggunaan pewarna rambut yang terlalu sering, hingga terlalu seringnya menggunakan peralatan styling rambut yang panas, seperti pengeriting rambut ataupun alat catok.

Cara mengatasi rambut kering itu sebenarnya terbilang mudah. Pasalnya, sejumlah ramuan alami pun dapat kita gunakan untuk mengatasi rambut kering dengan cepat. Penasaran, apa saja bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi rambut kering? Berikut adalah cara mengatasi rambut kering dengan 5 bahan alami.

1. Minyak zaitun

Bahan alami pertama yang bisa menjadi salah satu solusi jitu untuk mengatasi rambut kering adalah minyak zaitun. Kandungan vitamin E dan antioksidan yang melimpah pada minyak zaitun sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi rambut yang rusak dengan cara menyelimuti lapisan terluar rambut (kutikula) dengan kelembapan.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Kita cukup menuangkan minyak zaitun ke dalam mangkuk atau cangkir. Kemudian, hangatkan minyak zaitun dalam microwave selama beberapa detik. Selanjutnya, oleskan minyak zaitun ke batang rambut dan kulit kepala secara menyeluruh sambil dipijat-pijat.  Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilaslah dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali agar rambut mendapatkan nutrisi yang cukup.

2. Telur

Selain sebagai sumber protein, telur ternyata juga dapat digunakan untuk memperbaiki rambut yang kering dan rusak. Kandungan lesitin yang terdapat dalam telur dapat membantu memperbaiki dan menguatkan rambut yang rusak. Dengan memanfaatkan telur, rambut pun akan kembali tampak lembap dan lebih berkilau. Lantas, bagaimana caranya?

Caranya sangat sederhana. Campurkan saja 3 telur dengan 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan minyak zaitun. Setelah semuanya tercampur rata, oleskan ke rambut dan kulit kepala yang sebelumnya sudah dibasahi dengan sedikit air. Tutuplah kepala dengan shower cap selama kurang lebih 30 menit, kemudian bersihkan dengan shampoo dan air dingin. Lakukanlah cara ini seminggu sekali agar rambut menjadi semakin halus.

3. Alpukat

Selain enak dibuat jus, ternyata alpukat dapat memperbaiki kondisi rambut rusak loh. Ya, kandungan vitamin A dan E, lemak jenuh, protein, serta berbagai macam mineral yang ada pada alpukat mampu menguatkan dan melembapkan batang rambut.

Caranya, 1 buah alpukat matang dikupas dan dilumatkan, kemudian tambahkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Aduklah hingga rata, kemudian oleskan ke rambut dan kulit kepala yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Agar hasilnya maksimal, diamkan kurang lebih 20 menit, lalu bilaslah rambut hingga bersih. Lakukanlah cara ini sekali dalam seminggu untuk mengatasi rambut kering.

4. Lidah buaya

Kandungan mineral, vitamin dan asam amino yang ada dalam lidah buaya ternyata juga sangat bermanfaat untuk rambut yang rusak dan kering. Untuk mengatasi rambut kering dengan lidah buaya, kita dapat mencampurkan setengah cangkir gel lidah buaya dengan minyak kelapa sebanyak 2 sendok teh.

Campur kedua bahan tersebut, lalu oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Jangan lupa, tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama semalam. Nah, esok paginya, bilaslah rambut dengan shampoo hingga bersih. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali selama satu hingga dua bulan agar hasilnya terlihat maksimal.

5. Minyak kelapa

Kandungan zat emolien alami pada minyak kelapa juga terbukti mampu mengisi celah pada helai rambut yang rusak karena panas sinar matahari. Sebuah penelitian di tahun 2005 yang lalu, membuktikan bahwa minyak kelapa memang sangat baik untuk menembus serat rambut serta memberikan nutrisi bagi rambut.

Cara penggunaannya sangatlah mudah, yaitu dengan menggosokkan minyak kelapa pada rambut yang kering, khususnya di bagian ujung-ujung rambut. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, kemudian bilaslah dengan shampo hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah cara ini secara rutin ya!

Nah, itulah cara mengatasi rambut kering dengan 5 bahan alami. Sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Selamat mencoba!


0 Tanggapan untuk "Cara Mengatasi Rambut Kering dengan 5 Bahan Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel