Bukan Sekadar Formalitas, Ternyata Ada Fungsi Lain dari ID Card Karyawan Lho!

(Image Source: pixabay)

Suatu instansi atau perusahaan tentu memiliki jumlah karyawan yang tidak cukup bila dihitung dengan jari. Jumlah karyawan yang banyak di suatu instansi atau perusahaan juga memiliki posisi dan tugas kerja yang berbeda-beda. Akan menjadi sulit jika setiap karyawan tidak saling mengenal atau menghafal satu sama lain. Seperti ketika terdapat karyawan baru yang belum saling mengenal, dan ketika terjalin kerjasama dengan pihak luar perusahaan. Tentu kelancaran komunikasi dan bekerja sama akan tersendat di awal. Id card Karyawan sebagai kartu identitas karyawan menjadi sangat penting keberadaannya dalam suatu instansi atau perusahaan.

Adanya Id card karyawan menjadi pintu masuk terjalinnya suatu perkenalan dan kerja sama selanjutnya. Id card memberikan efektivitas dan efisiensitas terhadap karyawan tanpa harus memperkenalkan diri dan posisinya dalam suatu perusahaan kepada seseorang. Dan begitu pula sebaliknya, seseorang dapat mengenal secara langsung dan cepat tanpa menanyakan identitas karyawan suatu perusahaan.

Penggunaan id card karyawan dalam perusahaan secara tidak langsung memberikan kesan atau citra suatu perusahaan. Seseorang dapat menilai kredibilitas suatu perusahaan melalui id card. Seseorang akan berpikir atau menganggap suatu perusahaan cukup mumpuni dan berdaya saing tinggi melalui id card karyawan. Bayangkan saja, jika suatu perusahaan tidak memiliki sebuah kartu identitas, atau digunakan ala kadarnya sebagai formalitas saja. Tentu seseorang akan berpikir dua kali untuk menjalin kerja sama.

Selama ini, tumbuh anggapan jika id card karyawan hanyalah sebuah formalitas. Kartu tersebut karyawan sebagai bukti bahwa terdapat struktur yang jelas dan posisi atau jabatan pada suatu perusahaan. Di lain sisi, manusia sebagai makhluk yang berbudi dan berakal memiliki kreativitas yang dapat dikembangkan, salah satunya beragam inovasi terkini id card karyawan. Melalui sekeping kartu yang dikembangan dengan kreativitas dan kolaborasi dapat memiliki beragam fungsi lain yang semakin mempermudah kehidupan di era 5.0. Beberapa fungsi lain id card karyawan yaitu:
  1. Id card dapat digunakan sebagai sarana kehadiran karyawan. Tentu saat ini sudah tidak zaman lagi bila daftar kehadiran karyawan dalam perusahaan masih menggunakan sistem catat-mencatat. Melalui kartu tersebut dapat digunakan sebagai sarana kehadiran berbasis teknologi yang lebih canggih dan mengurangi penggunaan kertas.
  2. Sebagai akses kontrol karyawan untuk menjalankan tugas perusahaan. Id card dapat difungsikan sebagai akses kontrol karyawan untuk keluar masuk perusahaan sebagaimana jabatan dan tugasnya.
  3. Id card sebagai kartu kredit, dan kartu debit karyawan. Pengggunaan id card karyawan sebagai kartu ATM sekaligus. Tentu hal tersebut akan semakin mempermudah perusahaan dan karyawan dalam melakukan transaksi, seperti pembayaran gaji. Terlebih saat ini penggunaan kartu ATM lebih praktis sebagai alat transaksi. 
  4. Sebagai penyimpan identitas, data, menghindari penyalahgunaan, dan pemalsuan data. Memalui pengembangan jenis id card proximity inilah id card karyawan semakin memebrikan kenyaman karyawan.
  5. Id card karyawan juga berfungsi sebagai akses di luar perusahaan. Seorang karyawan seringkali mendapatkan tugas di luar perusahaan yang menuntut keefektifan dan efisiensi. Penambahan fasilitas penunjang kerja seperti seperti e-tiket, e-toll, e-parkir, dan transportasi umum tentu sangat membantu karyawan dan pihak perusahaan dapat mengontrol dan memantau kinerja karyawan.
Nah, itulah lima fungsi lain yang dapat dikembangkan dari sekeping id card karyawan. Percayakan id card karyawan perusahaan kalian dengan kualitas maksimal pada ist.co.id yang siap melayani keinginan kalian.


0 Tanggapan untuk "Bukan Sekadar Formalitas, Ternyata Ada Fungsi Lain dari ID Card Karyawan Lho!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel