Tips Memilih Oli Mesin yang Ideal untuk Kendaraan Anda

(Image Source: pixabay.com)

Salah satu komponen penting yang harus Anda perhatikan ketika merawat kendaraan bermotor yaitu Oli. Oli mesin memiliki peran yang vital karena berfungsi untuk melumasi mesin agar resiko saling bergesekan dapat diminimalisir resikonya. Oleh sebab itu, maka Anda perlu memilih jenis oli berkualitas baik guna menjaga mesin kendaraan agar tetap dalam kondisi prima. Bagi Anda yang kurang mengetahui mengenai bidang otomotif, berikut akan di ulas cara memilih oli yang ideal untuk kendaraan Anda. Berikut ulasannya.

Beberapa Tips dalam Memilih Oli Mesin yang Ideal

Dalam memilih oli mesin, Anda tidak boleh sembarang karena oli tersebut merupakan salah satu komponen penting di dalam kendaraan. Kesalahan memilih oli akan berakibat fatal dan merusak mesin kendaraan Anda. untuk menghindari hal tersebut maka berikut akan di ulas beberapa tips dalam memilih oli yang cocok, sesuai serta ideal  dengan mesin kendaraan Anda.

1. Pelajari Jenis Mesin Kendaraan Anda

Pengetahuan mengenai mesin kendaraan menjadi hal yang penting untuk memilih jenis oli yang ideal. Apakah kendaraan Anda menggunakan mesin diesel ataupun bensin, berapa silinder, dan lain sebagainya. Untuk mempermudah semua hal tersebut Anda dapat membuka manual book kendaraan Anda yang umumnya diberikan ketika Anda pertama kali membeli kendaraan bermotor.

2. Ketahui Kekentalan dari Oli yang Digunakan

Hal lainnya yang tidak kalah penting dalam memilih oli mesin yaitu kekentalan dari oli yang hendak digunakan. Untuk mengetahuinya kekentalan dari oli Anda dapat melihat nomor Society of Automotive Engineer (SAE).  Semakin besar angka di belakang nomor SAE, maka oli akan semakin kental. Misalnya kode SAE 20W-40, artinya bahwa kekentalan pada kondisi winter adalah 20 saat panas mencapai 40.

3. Cari Tahu Bahan Pembuatan Oli

Oli digolongkan menjadi dua jenis yaitu oli sintetis dan oli mineral. Oli sintetis merupakan oli yang terbentuk dengan menggunakan bahan kimia dengan sifat aditif. Sedangkan oli mineral merupakan oli yang terbentuk akibat dari ekstraksi minyak bumi secara alami. Namun, pada umumnya oli sintetis lebih banyak digunakan karena dianggap lebih cocok untuk kendaraan pabrikan.

4. Tingkatkan Pengetahuan Mengenai Oli Palsu

Dewasa ini banyak oknum yang menjual oli palsu. Oli mesin yang palsu memiliki ciri-ciri warna yang lebih pekat, berwarna kuning jernih seperti kelapa sawit, kasar ketika dipegang, dan memiliki bau tengik yang merupakan hasil dari pembakaran. Apabila Anda mendapatkan ciri-ciri itu maka sebaiknya untuk menghindari produk tersebut. Memang oli palsu akan menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga aslinya. Namun, resikonya adalah kerusakan mesin kendaraan Anda.

5. Beli Oli pada Penjual yang Terpercaya

Tips terakhir yang harus Anda perhatikan yaitu belilah oli pada penjual yang terpercaya. Harga oli akan sebanding dengan kualitasnya. Oleh sebab itu, maka curigai apabila Anda ditawarkan oli dengan harga di bawah normal. Hal tersebut disinyalir adalah oknum penjual oli palsu. Untuk menghindari hal tersebut beli lah oli pada penjual yang terpecaya. Salah satu merk dan produsen oli terpecaya yaitu mobil.co.id

Oli mesin merupakan komponen penting yang dapat melindungi gesekan mesin kendaraan Anda. Oleh sebab itu, maka dalam memilih jenis oli Anda harus berhati-hati dan janganlah sembarangan dalam memilihnya. Bagi Anda yang kebingungan beberapa tips di atas akan membantu untuk memilih oli yang ideal serta sesuai dengan spesifikasi kendaraan. 


0 Tanggapan untuk "Tips Memilih Oli Mesin yang Ideal untuk Kendaraan Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel