Beberapa Makanan Penurun Gula Darah Secara Efektif - Kang Masroer

Beberapa Makanan Penurun Gula Darah Secara Efektif

(Image source: pixabay)

Bagi mereka yang sekarang ini mengalami kondisi prediabetes, tidak adanya makanan ataupun minuman yang dapat menurunkan kadar gula darahnya secara cepat dan langsung ampuh. Yang dapat menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuhnya itu hanya obat, diet, dan melakukan olahraga. Tetapi mereka tidak perlu khawatir karena masih adanya beberapa makanan yang dapat dimanfaatkan sebagai cara menurunkan gula darah secara perlahan tetapi efektif.

Lalu makanan apa saja yang dapat menurunkan gula darah secara efektif? Berikut dibawah ini beberapa makanan penurun gula darah secara efektif diantaranya yaitu"

1. Buah Alpukat 

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal, sehingga menjadikan buah ini sebagai makanan yang penting untuk menurunkan kadar gula darah didalam tubuh. 

Alpukat dapat meningkatkan fungsi insulin ataupun hormon yang dapat menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh, berkat rasa kenyang yang ditimbulkannya setelah selesai dimakan. Selain itu juga buah aplukat ini dapat menurunkan resiko sindrom metabolic, dimana ini adalah salah satu penyebab utama terjadinya diabetes.

2. Ikan yang Mengandung Zat Omega 3 

Ikan mengandung protein baik sehingga menjadikannya sebagai makanan yang dapat menurunkan gula darah berlebih didalam tubuh. Selain itu juga dengan mengkonsumsi ikan ini telah terbukti dapat menaikan ataupun menurunkan gula darah.

Setelah makan ikan akan timbulnya rasa kenyang, berkat kandungan protein yang ada di  dalamnya. Sehingga kamu tidak perlu lagi untuk makan makanan tambahan yang kemungkinannya justru akan menaikkan gula darah.

Pastikan memilih ikan yang rendah lemak dan mengandung zat omega 3 yang baik untuk kesehatan seperti salmon, trout atauk ikan yang hidup di air tawar, tuna, kembung, dan halibut atau ikan sebelah.

3. Bawang Putih 

Adanya sebuah penelitian yang menunjukkan jika sebelum makan besar mengkonsumsi bawang putih terlebih dahulu maka akan dapat membantu untuk menormalkan kembali kadar gula darah. Didalam kenyataannya bawang putih ini memang memiliki efek positif jika dihubungkan dengan kadar gula darah, pasalnya tidak adanya kandungan karbohidrat didalamnya.

4. Kakao 

Bahan pembuat cokelat kakao ini juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk menurunkan gula darah yang meningkat didalam tubuh. Tetapi sayangnya kakao yang dimaksud ini bukanlah kakao yang diolah menjadi cokelat manis.Kakao yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah ini adalah benih kakao yang didalamnya terkandung antioksidan, flavanol, dan protein penting yang dibutuhkan tubuh.

5. Telur 

Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Tetapi ternyata kandungan protein yang ada didalam telur ini dapat membantu menyesuaikan dan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh supaya tetap seimbang.

Dengan mengkonsumsi telur ini maka akan timbulnya rasa kenyang sehingga nantinya tidak akan dibutuhkannya makanan yang berlebih. Sebaiknya telur ini dikonsumsi dengan cara direbus dan secukupnya saja, pasalnya kandungan kolesterol berlebih yang ada didalamnya dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

6. Sayuran Hijau Tinggi Serat 

Adanya beberapa sayuran hijau yang kaya akan serat, magnesium, dan vitamin A, yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah. Dimana sayuran sayuran hijau tersebut seperti bayam, selada, lobak, dan kubis.

Kandungan nutrisi yang ada didalam sayuran hijau tersebut dipercaya ampuh dapat menurunkan kadar gula yang tinggi. Dengan mengkonsumsi satu piring sayuran hijau saja perharinya maka akan dapat membantu untuk menurunkan resiko naiknya gula darah dan diabetes tipe 2 sebesar 14 %. 

Penggunaan beberapa bahan makanan diatas tidak hanya menjadi cara efektif untuk menurunkan kadar gula darah saja, tetapi juga cara menjadi cara mudah dan aman.

0 Tanggapan untuk "Beberapa Makanan Penurun Gula Darah Secara Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel