Bingung Memilih Tas Seminar? Berikut 5 Tipsnya! - Kang Masroer

Bingung Memilih Tas Seminar? Berikut 5 Tipsnya!


Tas seminar merupakan tas khusus yang diberikan sebagai souvenir dalam acara seminar. Tas seminar ini biasanya diberikan secara gratis oleh pihak penyelenggara atau panitia kepada peserta yang mengikuti. Pemberian souvenir seminar berupa tas yang biasanya berisi alat tulis ini dapat memberikan kesan yang baik bagi peserta dalam seminar yang Anda selenggarakan.

Tak hanya menambah semangat peserta dalam mengikuti semua kegiatan seminar, pemberian tas seminar sebagai souvenir juga dapat digunakan oleh peserta sebagai tempat untuk menyimpan berbagai perlengkapan yang dibutuhkannya saat seminar. Bahkan, melalui logo organisasi, institusi, brand, bisnis, atau perusahaan yang ada pada tas tersebut, tas seminar juga dapat dijadikan sebagai media promosi yang baik, efektif, dan murah bagi bisnis ataupun campaign yang sedang Anda jalankan. 

Oleh karena itu, sebagai pemberian khusus kepada peserta seminar sekaligus sebagai media promosi yang baik, pemilihan tas sebagai souvenir sebuah acara tentu saja tidak boleh asal-asalan. Selain harus memilih tas dengan kualitas dan desain yang baik agar tidak mengecewakan bagi yang menerimanya, Anda juga harus mempertimbangkan tempat memesan tas seminar. Pasalnya, saat ini banyak sekali jasa penyedia tas seminar. Terlebih di kota-kota besar seperti Bandung, Anda akan menemukan banyak sekali pembuat tas seminar Bandung.

Nah, agar tidak bingung saat memilih tas seminar yang baik, berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih tas untuk dijadikan sebagai souvenir.

1. Sesuaikan Ukuran Tas Seminar dengan Durasi Seminar

Untuk menentukan seberapa besar ukuran sebuah tas souvenir, Anda harus memperhatikan durasi atau lama waktu acara seminar akan digelar. Semakin lama durasi waktnya, tentunya semakin banyak keperluan yang dibutuhkan oleh peserta. Sehingga, kapasitas tas yang dibutuhkan pun semakin besar. Berbeda dengan jika durasi atau waktu seminar hanya sebentar, perlengkapan yang dibutuhkan juga hanya sedikit. Sehingga, tas yang dibutuhkan pun relatif lebih kecil.

Untuk waktu seminar yang memakan waktu lama, Anda bisa memilih tas dengan ukuran besar seperti ransel. Sedangkan untuk seminar dengan waktu yang pendek, Anda bisa memilih tas yang lebih kecil, seperti tas jinjing, goodie bag, ataupun tote bag. Jadi, tentukan terlebih dahulu berapa lama seminar Anda akan digelar, kemudian sesuaikanlah dengan ukuran tas yang akan dijadikan sebagai souvenir.

2. Sesuaikan Model Tas Seminar dengan Jenis Acara

Sebagaimana kita tahu, jenis seminar itu bermacam-macam. Mulai dari seminar pendidikan, kewirausahaan, hingga bisnis. Oleh karena itu, ada baiknya jika jenis tas yang akan dijadikan sebagai souvenir juga disesuaikan dengan jenis acara seminar. Sebagai contoh saja, untuk seminar mengenai bisnis fashion, tentu saja tas dengan kualitas bahan yang baik serta desain yang fashionable dan kekinian akan lebih cocok dijadikan pilihan.

Jadi, pastikan terlebih dahulu konsep seminar yang akan Anda laksanakan, kemudian sesuaikanlah model tas souvenir Anda dengan konsep tersebut. Oh iya, jangan lupa juga untuk memperhatikan siapa yang akan diundang sebagai peserta dalam seminar. Contohnya, jika pesertanya adalah anak-anak sekolah, maka Anda bisa memilih tas model ransel dengan ukuran sedang yang lazim digunakan oleh anak sekolah.

3. Sesuaikan bahan Tas Seminar dengan Fungsinya

Dari segi bahan, tas seminar itu dibuat dari berbagai jenis bahan. Sebisa mungkin pilihlah bahan tas seminar yang berkualitas, kuat dan nyaman, serta sesuai dengan fungsinya. Jika acara seminar berlangsung dalam waktu yang lama sehingga banyak perlengkapan yang dibutuhkan peserta, Anda bisa memilih tas seminar model ransel dengan ukuran yang besar dan bahan tas yang lebih kuat agar mampu membawa banyak barang. 

Lain halnya, jika seminarnya cuma sebentar, model goodie bag tentu lebih cocok jika dibandingkan dengan model ransel. Tentu saja, bahan yang digunakan untuk goodie bag juga berbeda dengan tas model ransel. Agar terlihat pas, jika Anda memilih goodie bag sebagai tas souvenir, pilihlah bahan-bahan tas seperti kanvas, blancu, baby ripstop, atau spunbond.

4. Sesuaikanlah Bentuk Tas Seminar

Tips berikutnya, perhatikan bentuk tas seminar yang akan Anda gunakan. Perhatikanlah terlebih dahulu, apakah Anda ingin menggunakan tas yang kecil yang ringan ataukah tas besar yang lebih kuat. Setelah itu, pilihlah bentuk tas seminar yang cocok, apakah tas dengan model ditenteng, tas jinjing, ataupun tas gendong.

Satu hal yang tak boleh diabaikan, sesuaikanlah pemilihan bentuk tas seminar yang akan dipakai tersebut dengan faktor kenyamanan peserta selama mengikuti kegiatan. Misalnya saja, pemilihan tas seminar dengan bentuk tas jinjing tentunya lebih cocok untuk seminar yang santai serta tidak membutuhkan banyak barang bawaan.

5. Buatlah Desain tas Seminar yang Menarik

Terakhir, buatlah desain tas seminar yang sesuai dengan acara yang akan digelar. Jika acara seminarnya bersifat formal tentu tidak membutuhkan desain yang aneh-aneh. Anda cukup mencantumkan logo dan nama kegiatannya saja. Namun, jika acara seminarnya bersifat santai, Anda bisa menggunakan tas seminar dengan desain yang lebih bervariasi, baik pola, gambar, ataupun warnanya.

Nah, itu dia 5 tips dalam memilih tas seminar sebagai souvenir. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih tas seminar seperti apa yang cocok untuk digunakan sebagai souvenir dalam acara yang akan Anda selenggarakan ya!


0 Tanggapan untuk "Bingung Memilih Tas Seminar? Berikut 5 Tipsnya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel