Cara Mudah Mempersiapkan Tabungan Pensiun - Kang Masroer

Cara Mudah Mempersiapkan Tabungan Pensiun

tabungan pensiun
(Image source: pixabay)

Tak bisa dimungkiri, kehidupan di hari tua memang sangat penting untuk dipersiapkan sedini mungkin. Bagaimana tidak, kita semua tidak pernah tahu tentang kebutuhan-kebutuhan tak terduga apa saja yang akan dibutuhkan di hari tua kelak.

Oleh karena itu, mempersiapkan tabungan pensiun sedini mungkin menjadi hal yang sangat krusial supaya hari tua kita menjadi terasa lebih tenang. Lantas, bagaimana cara mempersiapkan tabungan pensiun sehingga kehidupan di masa tua akan menjadi lebih tenang?

Tabungan pensiun itu sebenarnya sangat mudah untuk dipersiapkan, asalkan kita memang punya keinginan dan komitmen yang kuat. Nah, buat kalian yang ingin mempersiapkan tabungan pensiun, kalian tak perlu bingung, karena kamu bisa melakukannya melalui beberapa cara mudah berikut ini. 

Mengikuti program tabungan pensiun di bank

Sebagaimana kita ketahui, saat ini ada banyak sekali program tabungan pensiun yang bisa kita ikuti. Salah satunya, adalah sebagaimana yang ditawarkan oleh bank.
Agar tidak terasa terbebani, kamu bisa mengikuti program tabungan pensiun di bank dengan sistem autodebit. Sistem autodebit adalah pembayaran debit secara otomatis dari rekening kita ke tabungan tabungan pensiun.

Jadi, uang kita akan ditarik secara otomatis oleh pihak bank dan dimasukkan ke tabungan pensiun pada setiap bulannya. Untuk berpartisipasi dalam program tabungan pensiun ini, kamu bisa langsung mengikuti bank yang diinginkan. Oh iya, iurannya beragam, mulai Rp50 ribu per bulan hingga tak terbatas ya!

Menabung secara rutin

Tabungan pensiun juga bisa dipersiapkan dengan cara menabung sendiri. Nah, salah satu cara agar tabungan pensiun bisa berjalan sesuai keinginan, adalah menaikkan nominal tabungan saat penghasilan atau gaji yang kita terima naik. Jadi, kalian diharapkan bisa menabung lebih banyak sesuai dengan penghasilan yang kamu dapatkan saat ini.

Misalnya saja, jika gaji kamu saat ini Rp5 juta, dan kamu menabung setiap bulan sebesar Rp500 ribu. Berarti, saat gajimu naik menjadi Rp 6 juta, maka tabunganmu juga harus naik menjadi Rp600 ribu. Perlu diingat, untuk mencapai tabungan pensiun itu nominalnya gak sedikit loh! Jadi, kenaikan gaji itu tidak boleh dimanfaatkan untuk hura-hura ya!

Pisahkan tabungan pensiun dengan tabungan cadangan lain

Biasanya, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu tentu membutuhkan tabungan cadangan untuk mengantisipasi kebutuhan yang tak terduga. Meski demikian, sebisa mungkin kamu tidak menggunakan tabungan pensiun sebagai alternatif tabungan cadangan.

Oleh karena itu, mulai sekarang juga kamu harus mulai memisahkan tabungan pengeluaranmu. Misalnya saja, dengan membagi tabungan untuk kebutuhan sehari-hari, tabungan untuk kebutuhan mendesak hingga tabungan khusus untuk pensiun.

Mulailah berinvestasi

Cara lain untuk mempersiapkan tabungan pensiun adalah dengan berinvestasi. Investasi imi sangat penting untuk menjamin masa depan kita yang lebih baik. Akan tetapi, mengingat investasi juga itu ada risikonya, kamu pun harus bisa menyesuaikan dengan kemampuanmu.

Nah, untuk menghindari risiko kebangkrutan, kamu juga harus betul-betul faham cara berinvestasi yang baik dan benar. Misalnya saja, kalau kamu masih dalam taraf pemula, jangan sekali-kali mencoba investasi saham langsung. Kenapa demikian?

Karena kalau kamu tidak tahu cara kerjanya, semisal kapan waktu yang tepat untuk menjual dan membeli saham, atau bahkan kamu tidak mengetahui cara membaca pergerakan harga saham. Maka, bisa saja uang yang kamu investasikan malah ludes!

Nah, itulah beberapa cara mudah mempersiapkan tabungan pensiun yang bisa kamu pilih dan kamu lakukan mulai saat ini. Semoga bermanfaat ya!


0 Tanggapan untuk "Cara Mudah Mempersiapkan Tabungan Pensiun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel