Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Otak dengan ZenCore - KangMasroer.Com

Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Otak dengan ZenCore

Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Otak dengan ZenCore

Semua tentu sepakat ya, jika otak merupakan salah satu organ vital yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Ya, selain berperan sebagai pengatur kinerja semua sistem yang ada di dalam tubuh manusia, otak juga berfungsi untuk menerima, memroses, dan mengirim informasi, untuk kemudian kita bisa merasakan, berpikir, serta bergerak. Jadi, jika otak tidak berfungsi dengan baik, bagian-bagian tubuh yang dikendalikannya pun akan rusak dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Berbicara tentang fungsi otak, ternyata ada banyak sekali lho cara menjaga fungsi otak agar tetap bisa bekerja dengan baik. Mulai dari mengonsumsi berbagai makanan sehat yang baik untuk kesehatan otak seperti alpukat, blueberry, strawberry, ikan salmon, ikan tuna, bayam, brokoli, serta  berdaun hijau gelap lainnya, hingga melakukan berbagai aktivitas yang bisa melatih daya ingat dan kemampuan otak secara rutin. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa melatih daya ingat dan meningkatkan kemampuan otak.

Bermain Game Asah Otak

Beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca sejumlah hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa fungsi kognitif otak—baik itu fungsi penalaran, perhatian, maupun ingatan—pada orang yang aktif mengasah otaknya itu cenderung mengalami peningkatan. Cara mengasah otak sendiri bermacam-macam. Salah satunya, adalah dengan melakukan aktivitas ringan yang menghibur, yaitu dengan bermain game asah otak. Misalnya saja, dengan bermain puzzle, teka-teki silang, Sudoku, ataupun game asah otak lainnya.

Belajar Bahasa Asing

Selain bermain game asah otak, aktivitas lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga fungsi otak adalah dengan belajar bahasa asing. Kita bisa mempelajari kosakata bahasa asing #mulaidarimanaaja. Tapi alangkah baiknya, jika kita mulai mempelajari beberapa kosakata bahasa asing yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak kosakata yang kita pelajari, risiko penurunan kemampuan kognitif pun akan berkurang. Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa bilingual ternyata juga dapat mencegah gejala Alzheimer serta menunda penuaan pada otak secara signifikan lho!

Mempelajari Hal-hal Baru

Tak hanya belajar bahasa asing, belajar hal baru dengan membaca buku ataupun menonton televisi juga bisa dilakukan untuk menjaga fungsi otak. Ya, sudah banyak hasil studi yang mengungkapkan bahwa mereka yang terus belajar mempunyai sel-sel saraf otak yang lebih banyak dan lebih kuat. So, fungsi otak, mulai dari daya ingat, kemampuan berpikir, hingga berlogika pun tentu akan menjadi lebih baik.

Memanfaatkan ZenCore, Fitur Terbaru dari Zenius

Selain beberapa aktivitas di atas, sebenarnya masih banyak lagi aktivitas mudah lainnya yang bisa kita lakukan untuk menjaga fungsi otak. Misalnya saja, dengan bersosialisasi, mengobrol, hingga membahas dan mendiskusikan sesuatu dengan orang lain. Namun, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi, tentu saja kesempatan kita untuk bersosialisasi dan berdiskusi menjadi sedikit berkurang, ya kan? Nah, sebagai alternatifnya, saya memanfaatkan ZenCore untuk menjaga fungsi otak sekaligus meningkatkan kemampuan otak.

Mungkin dalam hati kalian akan bertanya-tanya, apa sih ZenCore itu? Jadi, ZenCore ini merupakan fitur terbaru yang ada di aplikasi Zenius. Kalian tentu sudah tak asing lagi dengan Zenius, bukan? Ya, aplikasi belajar online yang lengkap dan praktis ini memang sudah sangat familiar di Indonesia. Bagaimana tidak, sudah banyak sekali masyarakat Indonesia yang download aplikasi Zenius untuk mendukung pembelajarannya.

ZenCore, fitur terbaru dari Zenius

Pada tahun pelajaran yang lalu saja, pengguna Zenius tercatat mencapai 15,7 juta pengguna, mulai dari jenjang SD hingga jenjang SMA. Hebatnya, banyak juga lho yang sukses mewujudkan cita-citanya berkat Zenius. Terbukti, ada 14 ribu lebih pengguna Zenius yang lolos SBMPTN. So, tidaklah mengherankan jika saat ini Zenius pun menjadi startup di bidang edutech yang terbesar di Indonesia. Keren ya?

Nah, kabar baiknya, Zenius kini tak hanya punya fitur Live Class, Try Out, dan ZenBot yang biasanya hanya bisa dimanfaatkan oleh siswa-siswi yang duduk di bangku sekolah saja, Gaes. Akan tetapi, beberapa waktu yang lalu Zenius juga merilis fitur ZenCore yang bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan. Secara sederhana, ZenCore ini adalah fitur berbasis artificial intelligent atau kecerdasan buatan yang memungkinkan penggunanya bisa menjaga fungsi otak, meningkatkan kemampuan otak, sekaligus mengembangkan diri dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan.

Download aplikasi Zenius untuk mengakses ZenCore

Keterampilan dan pengetahuan tersebut mencakup fundamental skills yang bermanfaat untuk melatih cara berpikir kita agar semakin cerdas, serta insightful knowledge berupa berbagai pengetahuan yang insightful, mulai dari filsafat, basic sciences, big history, dan berbagai wawasan ilmu pengetahuan lainnya. Untuk melatih fundamental skills di ZenCore, kita bisa mengakses pada bagian CorePractice, sedangkan insightful knowledge bisa kita akses melalui bagian CoreInsight. Namun, bagian CoreInsight  ini masih dalam tahap pengembangan ya, Gaes. Jadi, sabar dulu yaa..

Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Otak dengan ZenCore

Cara untuk meningkatkan kemampuan otak dengan ZenCore ini sangatlah mudah. Pertama, kita tentu harus download aplikasi Zenius terlebih dahulu. Bagi pengguna smartphone berbasis android, silakan download melalui Play Store, sedangkan bagi pengguna Iphone, bisa mendownloadnya melalui App Store. Setelah terdownload dan terinstall di smartphone, kita tinggal membuka aplikasi Zenius kemudian melakukan registrasi atau pendaftaran dengan akun media sosial ataupun email.

Saat pendaftaran ini, kita juga akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor HP. Caranya sangat mudah, yaitu dengan masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor HP kita. Selanjutnya, kita akan diminta untuk mengisi data diri dengan cara memilih satu di antara beberapa pilihan, apakah siswa, orang tua, guru, atau pun umum. Setelah pendaftaran selesai, kita pun tinggal mengakses fitur CorePractice dengan cara masuk ke menu ZenCore Adaptive yang ada pada aplikasi Zenius.

Ada tiga kemampuan, mulai dari mana aja bisa!

Pada menu ini, ada tiga kemampuan utama yang akan diuji, yaitu Matematika, Verbal dan Logika, serta Bahasa Inggris. Ketiganya merupakan pondasi dalam berpikir kita. Jadi, kita bisa #mulaidarimanaaja, karena semuanya akan sangat bermanfaat untuk peningkatan kemampuan otak serta pengembangan diri. Saat mengakses CorePractice tersebut, kita akan disuguhi dengan 8 pertanyaan untuk menguji kemampuan otak kita dan harus kita jawab dalam batas waktu maksimal 120 detik.

Setelah mencoba CorePractice hingga beberapa level, baik untuk soal-soal Matematika, Verbal dan Logika, maupun Bahasa Inggris, saya menyadari bahwa ZenCore ini ternyata memang sangat bermanfaat untuk menjaga otak agar tetap berfungsi dengan baik. Bahkan, bisa juga meningkatkan kemampuan otak. Bagaimana tidak, untuk bisa mengerjakan soal-soal ini tepat waktu kita harus fokus dan berfikir secara cepat. Jika jawaban kita salah, kita juga bisa kembali dari pembahasan yang telah disediakan.

Fitur ZenCore ada pembahasannya

Semakin menarik lagi, karena pada menu CorePractice ini terdapat papan peringkatnya. Jadi, saya dan para pengguna Zenius lainnya yang memanfaatkan fitur ZenCore ini tentu akan semakin termotivasi lagi untuk melakukan PushRank ke level selanjutnya dan meningkatkan ranking di papan peringkat. Pada akhirnya, semua orang—apa pun jenjang pendidikan, jurusan, dan bidang pekerjaannya—tentu akan lebih bersemangat untuk meningkatkan kemampuan otak dengan belajar berbagai keterampilan dan pengetahuan melalui ZenCore yang ada di aplikasi Zenius.


1 Tanggapan untuk "Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Otak dengan ZenCore"

  1. pas level pertama rasanya masih mudah, makin kesana mulai terasa pusingnya haha, soal matematikanya bikin otak bekerja

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel