5 Macam Permainan Anak Usia Dini yang Edukatif

Permainan Anak Usia Dini
(Image Source: pixabay.com)

Mengasah berbagai keterampilan dan kemampuan anak, baik motorik serta sensoriknya harus dilakukan dengan cara yang tepat. Tidak hanya dengan teori atau kata-kata saja, sebagai orang tua, kita juga harus memberikan contoh nyata dalam kegiatan sehari-hari. Pasalnya, anak memang cenderung sangat aktif pada usia dini, yaitu antara dua hingga enam tahun. Nah, agar keaktifan dan keingintahuan si kecil bisa tersalurkan dengan baik, kita tentu harus bisa memfasilitasinya dengan berbagai permainan edukatif.

Permainan anak usia dini yang edukatif itu banyak sekali macamnya. Terlebih, saat ini ketika perkembangan dunia digital yang semakin pesat. Sebenarnya, bisa saja kita langsung langsung mengunduh secara gratis berbagai permainan bagi anak di smartphone. Namun, agar si kecil tidak kecanduan gadget, alangkah baiknya jika kita memberikan permainan berupa alat peraga saja. Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa alat peraga edukatif untuk permainan anak yang bisa Anda dapatkan di toko mainan terdekat.

Puzzle

Bongkar pasang puzzle merupakan salah satu permainan edukatif yang sangat digemari oleh anak-anak usia dini. Biasanya, permainan yang satu ini hadir dalam bentuk bongkar pasang gambar. Permainan puzzle ini ternyata sangat bagus loh untuk perkembangan motorik dan sensorik anak. Pasalnya, mereka akan belajar memecahkan masalah dengan menyusun kembali potongan-potongan gambar menjadi semula, yaitu satu bentuk yang utuh. Permainan bongkar pasang puzzle ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam. Untuk anak usia dini, mulailah dengan puzzle yang memiliki potongan yang cukup besar, agar anak tidak kesulitan saat menyusunnya.

Kotak Alfabet

Alat peraga permainan ini terdiri dari susunan huruf abjad. Biasanya alat permainan ini terbuat dari kayu. Tetapi, ada juga yang dibuat dari plastik. Selain deretan huruf abjad, alat permainan ini umumnya juga dilengkapi dengan deretan angka mulai dari 0 hingga 9. Dengan alat permainan edukatif ini, kita bisa membantu buah hati untuk mengenal huruf dan membantu mereka menyusun huruf demi huruf. Kotak alfabet sangat direkomendasikan loh sebagai media permainan anak yang sedang belajar membaca.

Balok Kayu Susun

Permainan berikutnya, adalah permainan balok kayu susun. Mirip seperti permainan kotak alfabet, permainan ini biasanya juga terbuat dari kayu. Bedanya, terletak pada bentuknya yang beragam. Ada yang persegi, balok, segitiga, hingga lingkaran. Biasanya, untuk menambah daya tarik anak, potongan kayu ini dihiasi dengan gambar, seperti misalnya saja gambar genting untuk bentuk segitiga, persegi untuk pintu, dan lain sebagainya. Alat permainan ini bermanfaat untuk melatih perkembangan motorik dan sensorik anak. Dengan alat permainan ini, kita bisa mengajari si kecil untuk mengenal macam-macam bentuk sekaligus menyusunnya menjadi sebuah benda.

Lego

Konsep permainan Lego secara umum hampir sama seperti permainan balok kayu susun. Bisa dikatakan, Lego ini adalah bentuk modern dari permainan tersebut. Bedanya, bentuk-bentuk dari lego ini lebih beragam ketimbang balok kayu susun. Harganya memang terbilang cukup mahal, karena Lego lebih memungkinkan si kecil bisa lebih bebas menyusun sesuai dengan keinginannya. Sama seperti permainan susun balok, permainan ini juga dapat membantu perkembangan motorik dan sensorik anak.

Gunting Tempel

Saat anak memasuki usia 2 hingga 6 tahun, biasanya mereka memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap benda-benda yang ada di sekelilingnya. Nah, fakta ini bisa manfaatkan untuk mengajak mereka bermain gunting tempel. Kita bisa mengajari anak menggambar bentuk-bentuk sederhana, seperti buah-buahan. Selanjutnya, ajarkan juga pada mereka menggunting bentuk tersebut. Kemudian, rekatkan kertas guntingan tersebut pada kertas kosong dengan bentuk yang sama. Agar lebih menarik, kita juga bisa menuliskan nama gambar. Bahkan, kita juga mengajari si kecil untuk membacanya.

Nah, itulah 5 referensi permainan anak usia dini yang edukatif. Dunia anak usia dini memang tak lepas dari yang namanya permainan. Bagi mereka, bermain merupakan kebahagiaan tersendiri, karena dengan bermain mereka dapat mengekspresikan berbagai perasaannya. Sebagai orang tua, kita tentu harus pandai-pandai memilih alat permainan edukatif yang bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.


0 Tanggapan untuk "5 Macam Permainan Anak Usia Dini yang Edukatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel