Mau Berwisata Naik Kereta? Perhatikan 5 Tips Berikut Ini

Liburan akhir pekan memang selalu menjadi hal yang menyenangkan. Terlebih, bagi para pekerja yang tinggal di perantauan seperti saya. Selain memberikan kesempatan untuk mudik ke kampung halaman, akhir pekan juga menjadi waktu yang tepat untuk berlibur ke tempat-tempat wisata. Berwisata di akhir pekan juga terbukti cukup efektif untuk melepas penat dari segala rutinitas yang ada. Setuju kan?

Selain destinasi wisata, hal pertama yang harus kita lakukan sebelum berangkat ke tempat wisata adalah menentukan jenis moda transportasi yang akan digunakan menuju ke lokasi tujuan. Ada berbagai jenis moda transportasi yang bisa kita pilih. Mulai dari pesawat terbang, kendaraan pribadi, bus, mobil travel hingga kereta api. 

Lantas, moda trasnportasi mana yang paling tepat? Semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika kalian menginginkan moda transportasi yang murah dan bebas macet, kereta api adalah pilihan yang tepat. Terlebih, pelayanan kereta api sekarang sudah jauh lebih baik daripada sebelumnya. Tak perlu menunggu antrean panjang, karena saat ini kita cukup mengunjungi situs resmi untuk pesan tiket kereta api.

Nah, kalian punya rencana berwisata naik kereta? Perhatikan 5 tips berikut ini ya, agar terasa nyaman selama di perjalanan.

Pesan Tiket Jauh-jauh Hari

Tak jauh beda saat menggunakan moda transportasi lainnya seperti pesawat, bus ataupun mobil travel, sebelum berwisata naik kereta, alangkah baiknya kita juga membeli tiket kereta api jauh-jauh hari. Pasalnya, tiket kereta api itu juga terbatas sesuai dengan kuota yang disediakan.
(Pesan tiket jauh-jauh hari/ Image Source pixabay.com)

Hal tersebut perlu dilakukan agar kita bisa meminimalir risiko kehabisan tiket. Sehingga, momen liburan akhir pekan bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Keuntungan lain dari membeli tiket kereta api sejak jauh-jauh hari, adalah kita juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk memilih posisi duduk. Asal tau saja, posisi tempat duduk sedikit banyak juga menentukan kenyamanan kita selama di perjalanan loh.

Datanglah ke Stasiun Minimal 30 Menit Sebelum Waktu Keberangkatan

Hal penting lain yang wajib kita perhatikan setelah membeli tiket kereta api adalah mencermati waktu keberangkatan. Sebagaimana kita tahu, kereta api itu hampir selalu berangkat dan tiba tepat waktu sesuai yang dijadwalkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita berangkat ke stasiun minimal 30 menit sebelum waktu keberangkatan.
(Kereta api hampir selalu datang tepat waktu/ Dok. Pribadi)

Daripada tergesa-gesa karena mepet dengan waktu keberangkatan, tentu lebih baik kita menunggu sejenak, bukan? Nah, waktu menunggu kereta api tersebut juga bisa kita manfaatkan untuk mengecek kembali seluruh perlengkapan yang akan kita bawa selama berwisata. Setelah memastikan barang bawaan tidak ada yang tertinggal, kita pun bisa menaiki kereta dengan tenang.

Bawalah Barang Seperlunya Saja

Berbeda dengan saat naik pesawat terbang yang menyediakan kabin khusus untuk membawa barang bawaan dalam jumlah yang cukup banyak, saat naik kereta api kita harus membawa barang bawaan sendiri. Tas atau koper dengan ukuran yang sangat besar sudah tentu akan menyusahkan kita saat naik ataupun turun dari kereta api.
(Bawa barang seperlunya saja/ Image Source pixabay.com)

Oleh karena itu, bawalah barang bawaan seperlunya saja. Gunakan koper atau tas ukuran sedang yang tidak terlalu besar, sehingga tidak merepotkan selama di perjalanan. Membawa barang bawaan dalam jumlah yang terlalu banyak juga akan menganggu kenyamanan penumpang kereta api lainnya loh.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Sama dengan ketika kita bepergian menggunakan moda transportasi lainnya, ketika kita melakukan perjalanan wisata menggunakan kereta api, kita juga perlu memperhatikan pakaian yang kita kenakan. Terlebih, jika perjalanan yang kita tempuh tidak sebentar. Kita tentu membutuhkan pakaian yang memudahkan kita untuk bergerak serta bisa menyerap keringat.
(Kenakan pakaian yang nyaman/ Dok. Pribadi)

Pakaian yang kita kenakan saat berwisata naik kereta, tidaklah perlu terlalu rapi, ya Kawan? Yang terpenting adalah terasa cukup nyaman untuk kita kenakan selama perjalanan. Misalnya saja, dengan mengenakan kaos dengan celana jeans ataupun celana katun. Oh iya, jika bepergian pada saat cuaca sedang hujan ataupun dingin, jangan lupa untuk membawa jaket yang bisa menghangatkan badan ya!

Bawalah Gadget untuk Mengusir Rasa Bosan

Selama perjalanan naik kereta api, kita memang akan disuguhi dengan pemandangan indah seperti persawahan atau pedesaan yang hijau. Oleh karena itu, amat disayangkan jika kita tidak membawa gadget untuk mengabdaikan panorama indah tersebut, baik dalam bentuk foto maupun video.
(Pemandangan dari jendela/ Dok. Pribadi)

Selain mengabadikan keindahan alam dari jendela, dengan memanfaatkan gadget, kita juga bisa mendengarkan lagu-lagu favorit melalui headset. Bahkan, kita juga bisa memainkan games melalui gadget untuk mengusir rasa penat selama di perjalanan. Akan tetapi, pastikan membawa power bank atau charger ya, agar gadgetmu tidak kehabisan daya selama di dalam perjalanan.

Nah, itulah 5 tips yang perlu diperhatikan agar terasa nyaman selama di perjalanan wisata menggunakan kereta api. Semoga kelima tips sederhana ini bermanfaat buat kalian yang mau berwisata naik kereta ya? Berwisata naik kereta itu memang terbukti bisa menjadi kegiatan menarik untuk dilakukan pada masa liburan akhir pekan loh. Nggak percaya? Silakan dicoba ya!


0 Tanggapan untuk "Mau Berwisata Naik Kereta? Perhatikan 5 Tips Berikut Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel