Inilah 5 Manfaat Melakukan Service Motor Secara Berkala


Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di kota-kota besar, memiliki motor merupakan sebuah kebutuhan. Selain harganya yang lebih terjangkau dibandingkan mobil, motor juga bisa diandalkan untuk menembus kemacetan kota. Itulah salah satu di antara beberapa faktor mengapa banyak masyarakat yang lebih memilih motor ketimbang mobil ataupun kendaraan umum.

Seperti halnya saat memiliki kendaraan lainnya, memiliki sepeda motor juga harus tahu bagaimana cara merawatnya. Selain rajin mencuci dan rutin ganti oli, melakukan servis secara berkala adalah beberapa hal yang harus dilakukan oleh para memilik motor. Seberapa pentingkah kita melakukan service motor secara berkala?

Service motor secara berkala itu sangat penting. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika kita melakukan service motor secara berkala. Apa saja? Inilah 5 manfaat melakukan service motor secara berkala.

Performa Motor Selalu Maksimal

Kendaraan apapun, termasuk motor, saat digunakan secara terus menerus, maka akan membuat beberapa komponen di dalamnya mengalami keausan dan penurunan fungsi. Sebagai contoh saja, adalah kampas rem yang semakin lama semakin tipis, saringan udara yang kotor dan tersumbat, penurunan fungsi busi, dan lain sebagainya.

Nah, kalau kita membawa motor ke bengkel untuk service motor secara berkala, maka komponen yang kotor akan dibersihkan, dan komponen yang fungsinya menurun atau mengalami gangguan akan diperbaiki, sehingga fungsinya bisa kembali normal lagi. Dengan melakukan service motor secara berkala, performa motor akan selalu maksimal, mesin terasa halus dan motor pun tetap nyaman saat dikendarai.

Motor Lebih Aman dan Nyaman untuk Dikendarai

Saat kita melakukan service motor secara berkala, kondisi motor secara keseluruhan pun akan dapat diketahui. Selain membersihkan komponen yang kotor, memperbaiki komponen yang fungsinya menurun atau mengalami gangguan, biasanya montir juga melakukan penggantian komponen jika dirasa sudah tidak layak untuk digunakan. Dengan begitu, maka motor pun akan lebih terasa nyaman dan aman saat dikendarai.

Usia Motor Jadi Lebih Lama

Seiring berjalannya waktu, kualitas sepeda motor bisa menurun secara keseluruhan. Namun, saat kita melakukan service motor secara rutin, maka keawetan mesin motor akan lebih terjaga. Pasalnya, service motor secara berkala dapat mengurangi resiko timbulnya kerusakan berat pada motor. Dengan demikian, motor pun akan lebih awet dan usianya bisa jadi lebih lama.

Motor Jadi Lebih Hemat Bahan Bakar

Selain performa motor tetap prima, dengan service motor secara berkala, kondisi motor juga tetap terjaga. Hal ini akan berdampak baik pada lebih hematnya konsumsi bahan bakar motor. Ya, bahan bakar motor yang diservice secara berkala akan lebih irit jika dibandingkan dengan motor yang tidak pernah diservice secara berkala. Hal ini bisa terjadi karena, service berkala membuat ruang bakar motor dapat menjaga pembakaran bahan bakar secara maksimal. Jika pembakarannya maksimal, penggunaan bensinnya pun secara otomatis menjadi lebih irit.

Garansi Motor Tidak Hangus

Biasanya, saat melakukan pembelian motor, seperti motor Yamaha misalnya, kita akan mendapatkan garansi. Garansi tersebut berupa garansi rangka selama 1 tahun, garansi mesin selama 3 tahun, serta garansi sistem kelistrikan selama 5 tahun. Nah, untuk dapat mengklaim garansi tersebut, salah satu ketentuannya adalah kita harus melakukan service secara berkala di bengkel resmi Yamaha.

Jika kita tidak melakukan service motor secara berkala, garansi motor kita pun akan hangus, sehingga secara otomatis kita tidak bisa melakukan klaim apabila terjadi kerusakan pada motor. Lain halnya jika kita melakukan service motor secara berkala, maka saat mesin atau komponen kelistrikan mengalami kerusakan, kita dapat melakukan klaim kepada pihak Yamaha, sehingga mereka pun akan mengganti mesin atau komponen kelistrikan yang memang mendapat jaminan garansi.

Nah, itulah 5 manfaat melakukan service motor secara berkala. Melihat begitu besar manfaatnya, apakah Anda masih enggan untuk membawa motor kesayangan ke bengkel resmi secara berkala? Tentu, tidak lagi bukan?


1 Tanggapan untuk "Inilah 5 Manfaat Melakukan Service Motor Secara Berkala"

  1. Betul juga. Motor perlu rajin dirawat agar kitanya juga selalu mendapatkan keuntungannya ya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel