5 Perpustakaan Keren Cocok Buat Belajar Sekaligus Wisata Jakarta

(Image Source: pixabay.com)

Wisata Jakarta terdiri dari banyak spot menarik. Sebagai ibu kota negara Indonesia sekaligus kota metropolitan, ada banyak tempat yang bisa dieksplor oleh warga lokal maupun wisatawan luar kota dan luar negeri. Mulai dari wisata kuliner, wisata gedung bersejarah, wisata taman kota, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada pula tempat yang menarik dan kami rekomendasikan untuk anda kunjungi. Yakni perpustakaan keren di Jakarta yang jauh dari kata membosankan. Selain berfungsi sebagai gudang ilmu yang menyimpan banyak koleksi buku, perpustakaan ini juga memiliki desain yang indah dan fasilitas yang oke. Sangat cocok dijadikan tempat tujuan wisata Jakarta. Malah, jika kamu pandai mengatur angle, perpustakaan ini juga keren untuk difoto dan dibagikan ke media sosial, lho!

Erasmus Huis

Erasmus Huis adalah pusat kebudayaan Belanda di Jakarta, Indonesia. Terutama untuk acara musik, sekaligus tersedia perpustakaan dengan koleksi buku-buku khususnya buku berbahasa Belanda. Erasmus Huis berhasil membangun reputasi sebagai pusat kebudayaan yang aktif dan berjalan dengan baik.

Foto-foto interior indah Erasmus Huis tersebar setelah salah satu pengunjungnya membagikan foto itu ke media sosial Twitter pada pertengahan tahun ini. Lokasi perpustakaan ini berada di area Kedutaan Besar Belanda di Jalan Haji R. Rasuna Said Blok C No.3, Kuningan Timur, Jakarta Selatan. Erasmus Huis buka di hari kerja setiap Senin hingga Jumat, dan tutup di hari libur atau hari besar Nasional.

Perpustakaan Nasional RI

Setelah sempat mengalami renovasi, Perpustakaan Nasional atau biasa disebut Perpusnas kembali hadir dengan interior yang lebih bagus dan koleksi buku yang lebih lengkap. Yang lebih mengasyikkan adalah, perpustakaan ini buka setiap hari untuk masyarakat umum. Sehingga para pelajar, atau pekerja yang juga menyelesaikan studinya bisa mengunjungi perpustakaan ini.

Dikenal dengan kelengkapan koleksi bukunya, Perpusnas menjadi tujuan mahasiswa yang mencari referensi untuk tugas kuliah maupun skripsinya. Lokasinya berada di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, Gambir, Jakarta Pusat, dan buka mulai jam 08:30 WIB.

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Perpusda yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini juga bisa anda kunjungi saat melakukan wisata Jakarta. Perpusda hadir untuk mendorong minat baca masyarakatnya dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Mulai dari aula berisi koleksi lukisan dan koleksi flora khas Indonesia, area belajar dan bermain untuk anak-anak dan orang dewasa, hingga ruangan diskusi.

Dilengkapi pula dengan koneksi internet gratis wifi dan area kantin untuk mengisi perut para pengunjung. Perpusda berada di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Buka setiap hari mulai jam 09.00 sampai 17.00 WIB.

Perpustakaan Bank Indonesia

Perpustakaan yang satu ini juga terbilang lengkap fasilitasnya. Terdiri dari lounge area, ruang diskusi, ruang baca personal dan kelompok, ruang audiovisual, layanan wifi dan fotokopi, mushola, dan lainnya. Lounge area yang diperuntukkan sebagai tempat membaca sambil bersantai juga sangat indah interiornya, didominasi oleh warna kuning dengan ornamen kayu.

Sayangnya, perpustakaan yang berlokasi di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, ini hanya buka di hari Senin hingga Jumat, jam 07:00 hingga 18:00 WIB.

Perpustakaan Universitas Indonesia

Di pinggiran daerah Jakarta Selatan, yakni tepatnya di daerah Depok, Jawa Barat, perpustakaan kampus Universitas Indonesia juga tak kalah keren. Dibangun dengan konsep green architecture, perpus UI memiliki ruang pencahayaan yang baik, serta fasilitas lengkap. Koleksi buku dari kalangan UI sendiri maupun dari luar kampus juga tersedia. Ada pula beberapa toko makanan dan minuman yang tersedia di lantai dasar perpustakaan ini. Namun, Perpus UI buka setiap hari kerja saja.

Selain perpustakaan, ada pula pilihan tempat wisata Jakarta lainnya yang bisa and abaca di link ini:
https://www.cekaja.com/info/bingung-wisata-di-jakarta-cek-hal-hal-yang-sering-terlupakan-soal-ibukota.


0 Tanggapan untuk "5 Perpustakaan Keren Cocok Buat Belajar Sekaligus Wisata Jakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel