Berkat TrueMoney, Mengirim Uang Kepada Ibu Jadi Semakin Mudah

Ibu adalah rumah. Ke manapun seorang anak merantau, kepada Ibulah ia akan pulang.”
***
Jarum jam di tangan sudah menunjuk ke angka empat. Di depan pintu, Ibu begitu anggun menjumpai saya. Dan saya pun bergegas meraih punggung tangannya, menciumnya lama.

"Alhamdulillah, Nak, kamu sudah pulang.. Dari Prambanan tadi jam berapa?" tanyanya kemudian.

“Habis Zuhur, Buk. Jalannya lumayan ramai..” jawab saya sambil mencium kedua pipinya, ritual yang selalu saya lakukan ketika bertemu dengan Ibu dan hendak berpisah dengannya.

Seperti biasanya, begitu bertemu kami pun terlibat obrolan panjang. Tak hanya bertanya kabar, saya juga bertanya tentang tanaman-tanaman di sawah. Ya, sejak Bapak telah tiada, tidak ada lagi yang mau mengurus sawah. Maka, agar tetap menghasilkan, Ibu pun menyerahkan pengelolaan sawah-sawahnya kepada seseorang dengan sistem bagi hasil.

Tentu saja, hasil panen dengan bagi hasil itu hanya pas-pasan untuk keperluan makan sehari-hari. Berbeda dengan ketika Bapak masih hidup, sawah-sawahnya lebih terurus dan hasil panennya juga sering melimpah. Dulu, setelah diperkirakan cukup untuk keperluan makan, hasil panennya biasanya dijual untuk menambah biaya sekolah anak-anaknya.

Sepeninggal Bapak, sebenarnya Ibu juga masih cukup mandiri secara finansial. Pasalnya sejak tamat SD, Ibu memang sudah berjualan tikar di pasar. Bahkan, beliau pernah berjaya pada masanya. Ya, Ibu memang sosok wanita pekerja keras. Beliau tidak mengenal yang namanya hari libur, kecuali ada kepentingan yang tak bisa ditinggalkan.

Berkat kerja keras kedua tangannyalah, anaknya bisa bergelar sarjana, meski beliau sendiri hanya sempat mengenyam pendidikan di bangku SD saja. Berkat tengadah kedua tangannya pula, anaknya kini bisa berhasil menjadi seorang abdi negara.

Tangan Ibu memang perpanjangan tangan Tuhan. Begitulah yang saya baca dari sebuah buku. Kalau saya renungkan, memang benar adanya. Tangan Ibu adalah perwujudan banyak hal: cinta, kasih sayang, kesabaran, dan ketulusan.

(Ibu adalah rumah | Infografis: kangmasroer)

Itulah sebabnya ketika masih lajang dulu, hampir tiap akhir pekan saya selalu menyempatkan waktu untuk mudik ke kampung halaman. Meski hanya libur sehari, bagi saya itu lebih dari cukup untuk sekadar meraih dan mencium punggung tangan Ibu, serta memberikan sedikit uang untuk keperluan hariannya.

Ibu memang tak pernah meminta, tapi saya tahu beliau membutuhkannya. Terlebih, setelah terserempet motor di jalan raya depan rumah beberapa tahun yang lalu, Ibu tak pernah lagi menggelar dagangannya. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya, beliau hanya mengandalkan hasil panennya. 

Sayangnya, sejak menikah dan punya anak, tidak setiap akhir pekan saya bisa pulang ke rumah Ibu. Ada rasa bersalah juga, namun bagaimana lagi, jalan hidup mengharuskan saya demikian. Ketika saya tidak pulang, saya hanya bisa mendoakan kesehatan untuk Ibu, serta mengirim uang untuk keperluan hariannya.

Seperti halnya orang-orang desa yang sudah tua lainnya, Ibu tak pernah punya rekening bank sama sekali. Dulu, kalau mau mengirimkan uang untuk Ibu, saya titip kepada saudara yang memiliki rekening. Akan tetapi, karena kesibukannya seringkali ia tidak segera mengambilkan uang untuk Ibu saat itu juga. Padahal, terkadang saat itu Ibu sudah membutuhkannya. Bersyukur, saat ini ada TrueMoney. Mengirim uang untuk keperluan Ibu pun jadi terasa mudah.


TrueMoney adalah layanan pembayaran elektronik yang memungkinkan kita dapat melakukan semua transaksi melalui aplikasi di smartphone dan EDC. Uang elektronik yang merupakan unit bisnis dari Charoen Pokphand (CP) Group ini dirintis pada tahun 2007 di Thailand. Di Indonesia, TrueMoney hadir di bawah payung Ascend Group, melalui PT. Witami Tunai Mandiri.

Perusahaan yang hadir di Indonesia pada September 2015 tersebut sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sebagai penyedia jasa uang elektronik serta jasa pengiriman uang. Maka, produk dan layanannya pun sudah bisa dinikmati dengan aman oleh semua masyarakat Indonesia.

(TrueMoney sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia | Infografis: kangmasroer)

Emangnya, apa saja sih Mas, produk dan layanan TrueMoney?

Pertama, adalah pembayaran tagihan dari beberapa operator yang telah bekerjasama dengan TrueMoney. Misalnya saja, pembayaran PLN Pascabayar, BPJS, Telepon Rumah, PDAM, Telkom Speedy, Telkom Vision, serta pembayaran cicilan kredit.

Kedua, pembelian voucher elektronik. Voucher elektronik ini bisa kita gunakan untuk isi ulang pulsa, paket data internet, token listrik, dan voucher games.

Dan yang ketiga, adalah pengiriman uang tanpa menggunakan Nomor Rekening Bank. Nah, layanan inilah yang saya gunakan untuk mengirimkan uang kepada Ibu. Layanan ini sangat cocok bagi saya, karena meskipun Ibu tidak memiliki rekening bank sama sekali, saya tetap merasa merdeka karena bisa mengirimkan uang melalui layanan TrueMoney ini.

(Beberapa produk dan layanan TrueMoney | Infografis: kangmasroer)

Lantas, kenapa memilih TrueMoney, Mas?

Sebabnya, tak lain dan tak bukan adalah karena pengiriman uang melalui TrueMoney itu sangat mudah. Ya, dengan TrueMoney kita bisa mengirim uang tanpa bank, yaitu hanya melalui aplikasi Member TrueMoney yang sudah terinstall di smartphone.

Selain mudah, transaksi pengiriman uang melalui TrueMoney juga sangat cepat. Pasalnya, transaksi TrueMoney memang menggunakan sistem internet online data, sehingga  dapat dilakukan dan diproses saat itu juga.

Dan ternyata tak hanya mudah dan cepat, Guys! Semua transaksi yang kita lakukan melalui aplikasi TrueMoney juga diverifikasi menggunakan PIN, sehingga akan terjamin keamanannya. Keren kan? Itulah alasan kenapa saya memilih mengirim uang untuk keperluan Ibu melalui TrueMoney.

(Alasan kirim uang menggunakan TrueMoney | Infografis: kangmasroer)

Tak bisa dimungkiri, kehadiran TrueMoney memang benar-benar membuat pengiriman uang menjadi terasa sangat mudah. Kemudahan bagi Ibu, meski tak memiliki rekening bank, beliau bisa mencairkan uang yang saya kirim melalui Alfamart terdekat dari rumah. Sedangkan kemudahan bagi saya, saya dapat melakukan transaksi pengiriman hanya melalui smartphone yang ada di genggaman.


Sebenarnya, kita bisa saja mengirimkan uang tanpa aplikasi Member TrueMoney. Caranya, yaitu dengan datang ke Alfamart atau Alfamidi terdekat, kemudian menginformasikan kepada kasir bahwa kita ingin mengirimkan uang lewat TrueMoney Pengiriman Uang. Di sana, nanti kita akan diminta untuk mengisi formulir pengiriman uang dan menunjukkan kartu identitas yang masih berlaku.

Setelah diisi, berikan formulir tersebut sekaligus biaya pengirimannya kepada kasir. Selanjutnya, kasir melakukan transaksi, dan kita akan mendapatkan struk atau bukti transaksi yang berisi kode MTCN. Nah, kode MTCN inilah yang perlu kita kirimkan kepada penerima, karena kode ini yang akan digunakan oleh penerima untuk mencairkan uang di Alfamart ataupun Alfamidi.

(Cara kirim uang menggunakan TrueMoney lewat Alfamart dan Alfamidi | Infografis: kangmasroer)

Meski bisa mengirim uang dengan cara tersebut di atas, saya sendiri lebih memilih untuk menggunakan aplikasi Member TrueMoney yang ada di smartphone. Bagi saya, menjadi member TrueMoney itu banyak keuntungannya. Selain tidak memerlukan biaya adminitrasi, dengan menjadi member TrueMoney, kita bisa melakukan transaksi secara aman, kapan saja dan di mana saja.

Lebih dari itu, jika kita sudah menjadi member dengan status teregistrasi, kita juga bisa menyimpan saldo hingga Rp 10 juta. Dengan begitu, sewaktu-waktu kita harus melakukan pembayaran tagihan, pembelian voucher elektronik, ataupun pengiriman uang, kita tinggal melakukan transaksi melalui aplikasi Member TrueMoney. Mudah dan tidak ribet.

(Keuntungan menjadi Member TrueMoney | Infografis: kangmasroer)

Oh iya, cara mendaftar menjadi member TrueMoney juga sangat mudah loh, Guys. Langkah-langkahnya, dimulai dengan mendownload aplikasi Member TrueMoney Indonesia di Play Store. Kemudian, masuk ke halaman utama dan pilih Registrasi. Isi dan lengkapi data diri, kemudian masukkan nomor token yang dikirimkan oleh TrueMoney melalui SMS. Nah, setelah itu akan muncul notifikasi bahwa pendaftaran yang kita lakukan telah berhasil.

(Langkah mudah mendaftar menjadi Member TrueMoney | Infografis: kangmasroer)

Adapun jika ingin menjadi member TrueMoney yang terverifikasi, kita cukup memverifikasi akun melalui menu ‘Akun’ di aplikasi Member TrueMoney. Isikan data-data secara lengkap kemudian upload foto kartu identitas serta foto diri dengan memegang kartu identitas. Setelah itu, kita tinggal menunggu pihak TrueMoney mereview data-data kita dan memverifikasi akun member TrueMoney kita. Gampang, kan?

(Langkah mudah verifikasi akun Member TrueMoney | Infografis: kangmasroer)

Lha, cara mengisi saldo TrueMoney itu gimana, Mas?

Tenang! Caranya juga sangat mudah, Guys. Jadi, member TrueMoney itu dapat mengisi saldonya melalui Alfamart atau Alfamidi, virtual account BRI, BTN, serta bank yang masuk dalam jaringan ALTO. Untuk transfernya juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa melalui ATM, Mobile Banking maupun Internet Banking.

Nah, coba tebak kira-kira saya pilih isi saldo lewat mana? Yap, kalian benar! Saya lebih memilih isi saldo lewat Alfamart, Guys. Selain mudah, dapat bonus juga ketemu sama Mbak-mbak kasir yang cantik. Hehehe…

Bagaimana caranya? Datang saja ke Alfamart terdekat, kemudian berikan nomor HP yang akan diisikan saldo sekaligus pilih nominal saldonya. Setelah memberikan uang ke kasir, kita akan mendapat bukti transaksi dari kasir. Segera buka aplikasi, maka kita pun akan mendapati bahwa saldo sudah masuk di akun kita.

(Segera cek saldo setelah mendapat bukti transaksi dari kasir ya.. | Infografis: kangmasroer)

Nah, untuk melakukan pengiriman uang sebagaimana saat saya mengirim uang untuk Ibu, masuk saja ke menu ‘Transfer’ yang ada di aplikasi Member TrueMoney. Kebetulan Ibu tidak memiliki aplikasi Member TrueMoney, jadi saya memilih menu ‘Kirim Tunai’, kemudian ‘Kirim ke Dalam Negeri’. Selanjutnya, isikan data penerima serta nominal uang yang akan kita kirimkan.

    Selepas mengisi data penerima serta nominalnya, pilih saja ‘Lanjut’. Kemudian, konfirmasikan dengan memasukkan PIN. Selanjutnya, kita akan mendapat konfirmasi melalui aplikasi Member TrueMoney bahwa transaksi yang kita lakukan telah berhasil. Catat ‘Kode Pencairan’ atau MTCN-nya, kemudian kirimkan kepada penerima.

    (Cara kirim uang lewat aplikasi Member TrueMoney | Infografis: kangmasroer)

    Selanjutnya, Ibu datang ke Alfamart terdekat, kemudian menginformasikan bahwa beliau ingin mencairkan uang lewat TrueMoney Pengiriman Uang. Setelah itu, kasir akan meminta Ibu untuk mengisi formulir penerimaan uang serta menunjukkan kartu identitasnya yang masih berlaku, beserta kode MTCN yang telah saya kirimkan tadi.

    Terakhir, Ibu pun akan menerima uang kiriman tanpa dipotong biaya administrasi sepeser pun. Gambaran apa yang dilakukan oleh Ibu saat mengambil uang di Alfamart bisa disaksikan pada video berikut ya, Guys?



    Nah, itulah cara mudah kirim uang tanpa ke bank melalui TrueMoney. Benar-benar mudah, bukan? Berkat TrueMoney, saya benar-benar merasa merdeka, karena mengirim uang untuk keperluan Ibu jadi semakin mudah. Terima kasih ya, TrueMoney, telah membantu saya untuk tetap bisa berbakti kepada Ibu!


    ***

    *Tulisan ini diikutsertakan dalam Merdeka Kirim Uang Blog Competition
     TrueMoney


    1 Tanggapan untuk "Berkat TrueMoney, Mengirim Uang Kepada Ibu Jadi Semakin Mudah"

    1. jaman sekarang apa sih yang gak mudah, mau makan males keluar aja tinggal pencet aplikasi, mantap mas infonya

      ReplyDelete

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel