Tips Hemat Liburan Akhir Pekan di Jogja

(Malioboro, salah satu ikon Jogja/ via Traveloka)

Yogyakarta, atau orang biasa menyebutnya sebagai Jogja. Kota yang memiliki sumbu filosofi—Panggung Krapyak, Kraton Jogja, hingga Tugu Pal Putih dalam satu garis lurus—ini memang semakin digandrungi banyak orang. Keragaman budaya, eksotisme pemandangan alam, kekayaan kuliner, hingga keramahan warganya memang mampu menjadi daya magnet tersendiri. Itulah sebabnya mengapa saat akhir pekan tiba, Kota Budaya ASEAN periode 2018-2020 ini selalu penuh dengan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Jogja memang memiliki sejuta pesona. Salah satunya, terletak pada beragamnya tempat wisata yang ada di Jogja. Tak hanya tempat wisata yang bertema keindahan alam, Jogja juga memiliki tempat wisata sejarah, wisata kebudayaan, serta wisata kuliner. Bahkan, tempat-tempat wisata bertema modern yang hits dan instagramable pun tersedia di  daerah yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan Jawa Tengah ini. Maka, tidak perlu heran ya, jika Jogja memang menjadi salah satu tujuan favorit untuk berakhir pekan.
(Kraton, wisata sejarah dan budaya di tengah kota Jogja/ via Traveloka)

Ngomong-ngomong, kalian juga punya rencana menghabiskan akhir pekan dengan berwisata ke Jogja? Jika iya, pastikan kalian merencanakan anggarannya dengan matang ya? Terlebih, jika kalian bertempat tinggal di kota-kota yang jaraknya jauh dari Jogja, seperti Jakarta, Bandung, ataupun Surabaya. Pasalnya, kalau tidak direncanakan dengan baik, anggaran wisata akhir pekan di Jogja bisa saja membengkak. Nah, agar tidak menguras isi kantong, berikut adalah 5 tips hemat liburan akhir pekan di Jogja.

Kunjungi Objek Wisata yang Murah

Sebagaimana kita tahu, tarif masuk ke objek wisata di Jogja itu bermacam-macam. Ada yang tiket masuknya murah, sedang, dan ada yang mahal. Nah, agar wisata akhir pekan terasa hemat, kunjungilah objek wisata yang tiket masuknya murah. Misalnya saja, Taman Sari. Untuk masuk ke istana yang merupakan tempat pemandian permaisuri serta para putri raja ini, kita hanya cukup membayar biaya masuk Rp5000 saja. Murah sekali, bukan?
(Di kompleks wisata Taman Sari/ Dok. Pribadi)

Ternyata tak hanya Taman Sari loh, masih banyak objek wisata yang murah di Jogja. Sebut saja, Benteng Vredeburg, Kraton Yogyakarta, Sentra bakpia batok, Sentra kerajinan perak, ataupun Kampung Gudeg Wijilan. Sama seperti tiket masuk ke Taman Sari, untuk melihat keindahan beberapa tempat wisata tersebut, kita hanya dikenai biaya sebesar Rp5.000 saja untuk tiket masuk. Bahkan, beberapa di antaranya tidak dipungut biaya alias gratis.

Pandai-pandailah Memilih Penginapan

Sebagai salah satu kota tujuan wisata populer di Indonesia, Yogyakarta memiliki banyak pilihan akomodasi atau penginapan. Mulai penginapan berupa kos, hotel, hingga home stay. Bahkan, saat ini banyak juga hadir apartemen yang menyediakan tempat menginap harian bagi para wisatawan. Fasilitas yang diberikan saat menginap di berbagai jenis penginapan ini tentu berbeda-beda ya Gaes, sesuai dengan harga yang ditawarkannya. Jadi, pandai-pandailah memilih penginapan dengan menyesuaikan anggaran yang tersedia.

Pilihlah Moda Transportasi yang Tidak Menguras Kantong

Bagi masyarakat yang tinggal tak jauh dari kota Jogja, moda transportasi mungkin tidak begitu menjadi masalah. Ya, ada banyak alat transportasi murah yang bisa kita gunakan menuju ke Jogja, mulai dari kendaraan pribadi, bus, hingga kereta api. Namun, berbeda dengan masyarakat yang tinggal jauh dari Jogja, seperti di Jakarta, Bandung, ataupun Surabaya. Untuk berwisata ke Jogja di akhir pekan dalam waktu yang terbatas, mereka tentu harus pergi ke Jogja menggunakan pesawat. So, pilihlah tiket pesawat dengan harga yang tidak menguras kantong.
(Pesan tiket pesawat sekaligus hotel itu jauh lebih murah/ Dok. Pribadi)

Nah, biar lebih hemat, kalian juga bisa memanfaatkan paket wisata Jogja seperti yang tersedia di Traveloka, yaitu paket perjalanan yang meliputi tiket pesawat dan menginap di hotel selama beberapa hari. Jumlah anggaran yang kita keluarkan jika menggunakan paket wisata Jogja ini tentu jauh lebih murah jika dibandingkan ketika kita memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah. Kita juga bisa memilih berbagai paket wisata dan memodifikasinya sesuai dengan yang kita inginkan.

Pilah-pilih Makanan yang Murah Meriah

Untuk lebih menghemat biaya hidup selama berakhir pekan di Jogja, kita juga dapat menghemat dalam hal makanan. Di Jogja, banyak sekali dijual makanan dengan harga yang murah meriah. Misalnya saja, Gudeg. Jika ingin merasakan makanan khas Jogja ini, kita bisa membelinya di beberapa penjual gudeg basah dengan harga Rp7.000 per porsi. Penjual-penjual ini banyak kita temukan di pinggir jalan Malioboro saat pagi hari.
(Salah satu penjual gudeg di Jogja/ Dok. Pribadi)

Sedangkan saat siang hari, kalian bisa membeli makanan dengan harga yang murah di beberapa rumah makan yang menyediakan nasi sayur lengkap dengan lauk. Harganya mulai Rp10.000 per porsinya. Saat malam hari tiba, kalian bisa membeli makanan yang murah meriah di beberapa angkringan yang banyak bertebaran di sudut-sudut kota Jogja. Meskipun murah tapi tetap lezat loh.

Bijaklah dalam Berbelanja

Berbelanja memang menjadi salah satu kebutuhan yang sulit ditinggalkan pada saat berwisata. Namun, agar anggaran belanja wisata tidak membengkak, bijaklah dalam berbelanja. Sebisa mungkin, berbelanjalah di salah satu pusat perbelanjaan terlengkap yang murah di Jogja, antara Malioboro atau Pasar Beringharjo. Di kedua tempat ini, kalian bisa mendapatkan berbagai barang unik sebagai oleh-oleh wisata dengan harga yang sangat murah.

Nah, itulah 5 tips hemat liburan akhir pekan di Jogja. Dengan menerapkan tips-tips tersebut di atas, liburan akhir pekanmu di Jogja tentu tidak akan memakan banyak anggaran. Jadi, tak perlu mengkhawatirkan liburan akhir pekan yang akan menghabiskan anggaran yang besar, bukan? Selamat merencanakan liburan akhir pekan, ya Kawan!


0 Tanggapan untuk "Tips Hemat Liburan Akhir Pekan di Jogja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel