Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Melahirkan di Bidan

(Image Source: pixabay)

Bagi Anda yang sedang hamil dan memasuki trimester 3, tentu saja bahagia. Hal ini dikarenakan anda dan pasangan tidak sabar untuk menanti kehadiran si buah hati yang selama 9 bulan sudah dikandung.

Jika hari perkiraan lahir si buah hati sudah diketahui, ada hal penting yang perlu diingat. Hal penting tersebut adalah mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir yang dibutuhkan untuk proses persalinan.

Setidaknya anda harus mempersiapkan semua perlengkapan tersebut minimal dua minggu sebelum hari perkiraan lahir si buah hati. Hal ini dimaksudkan agar persiapan bisa lebih matang dan tentunya akan membuat anda jauh lebih tenang ketika ingin menjalani persalinan.

Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Melahirkan

Mungkin beberapa anda sedikit bingung apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk di bawa saat melahirkan di Bidan. Apakah seperti baby gear, baby box, breastpump, atau ada hal lainnya? Untuk memudahkan anda dalam hal ini, berikut terdapat beberapa list perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan.

Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Bunda

Untuk proses persalinan, tentu saja anda membutuhkan perlengkapan yang mana beberapa diantaranya sangat penting dibawa. Perlengkapan tersebut antara lain:
  • Dokumen penting pasti diperlukan untuk proses melahirkan, jadi jangan anda tinggalkan di rumah. Dokumen-dokumen penting yang dimaksud seperti kartu asuransi atau BPJS yang akan digunakan, KTP, dan juga buku kontrol selama kehamilan. Dengan membawa dokumen-dokumen tersebut, anda tidak perlu khawatir jika suatu waktu dibutuhkan tiba-tiba.
  • Pakaian ganti tentu saja dibutuhkan oleh anda saat melahirkan. Hal ini dikarenakan proses melahirkan normalnya membutuhkan waktu sekitar tiga hari. Jadi dengan adanya pakaian ganti yang dibawa dari rumah, anda akan lebih nyaman selama berada menjalani proses melahirkan. Tentu saja juga agar anda lebih mudah dalam proses menyusui si buah hati. Anda bisa membawa beberapa pasang baju atau daster, bra menyusui, pakaian dalam, gurita atau stagen yang biasa digunakan oleh para bunda setelah melahirkan, dan juga peralatan mandi, serta body lotion agar anda tetap relax.

Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Buah Hati/Bayi

Tentu saja perlengkapan untuk si bayi harus anda bawa saat melahirkan. Hal ini penting karena bayi anda membutuhkan beberapa perlengkapan berikut agar bisa nyaman setelah dimandikan oleh suster. Apa saja perlengkapan yang harus dibawa untuk si bayi? Berikut listnya:
  • Pakaian juga dibutuhkan oleh si bayi, sama seperti anda. Sediakan beberapa pasang pakaian yang akan digunakan untuk beberapa hari selama proses melahirkan, hingga pakaian untuk pulang dari bidan nanti.
  • Popok bayi jangan sampai anda lupakan. Bisa menggunakan popok kain atau juga bisa menggunakan pospak untuk bayi yang baru lahir.
  • Tisu basah bayi untuk membersihkan bayi anda ketika ganti popok.
  • Selimut untuk si bayi agar tetap hangat walaupun kena AC.
  • Sarung tangan, sarung kaki, dan topi untuk melindungi si bayi agar tidak kedinginan atau terkena cakarannya sendiri.

Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Ayah

Tidak hanya anda atau si bayi yang membutuhkan perlengkapan saat melahirkan, ayah juga harus mempersiapkan beberapa perlengkapan untuknya saat hendak menemani anda melahirkan. Perlengkapan yang dipersiapkan untuk ayah antara lain:
  • Pakaian ganti juga dibutuhkan oleh ayah untuk beberapa hari selama menemani proses melahirkan. Jadi siapkan beberapa pakaian ganti secukupnya.
  • Karpet kecil atau sleeping bag untuk tempat istirahat ayah, karena biasanya hanya ada satu kursi duduk yang mungkin tidak nyaman untuk tempat istirahat atau tidur.
  • Selimut atau sarung perlu dipersiapkan juga sebagai tambahan agar tidak kedinginan selama menemani anda selama di bidan.
  • Perlengkapan mandi
Ada juga beberapa perlengkapan umum lainnya yang juga harus dibawa saat melahirkan, seperti halnya charger handphone, termos jika bidan tidak menyediakannya, serta beberapa makanan ringan dan minuman untuk menahan rasa lapar anda dan ayah sembari menunggu waktu makan utama dari bidan.

Setelah mengetahui beberapa perlengkapan yang harus dibawa seperti yang sudah disebutkan di atas, anda bisa membuat sebuah daftar list untuk memastikan bahwa semua yang dibutuhkan sudah siap. Sehingga anda bisa tenang ketika hari melahirkan datang.


1 Tanggapan untuk "Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Melahirkan di Bidan"

  1. Nah, ini baru bisa komen via mobile. BTW, persalinan di bidan enak juga, apalagi dekat rumah. Udah gitu gak ada pasien lainnya, gak kayak di rumah sakit, terlalu luas dan banyak pasien....

    Jam besuk juga bebas. Birokrasinya juga gak ribet

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel