Mengenal 3 Fase Menstruasi yang Dialami Wanita

(Image Source: pixabay.com)

Hari pertama datang bulan memang sangat menyiksa bagi wanita. Penyebab nyeri haid hari pertama ini sendiri sebenarnya adalah kondisi dimana lapisan dinding endometrium rahim meluruh, disertai dengan keluarnya darah sehingga terasa begitu menyiksa. Bahkan terkadang nyeri tersebut tidak hanya dirasakan pada bagian perut saja. Melainkan juga menjalar hingga ke bagian tubuh lain seperti diantaranya adalah punggung sampai dengan paha bagian dalam.

Sehingga bagi wanita sendiri kondisi semacam ini membuatnya begitu tersiksa bahkan terkadang juga uring-uringan. Sebenarnya siklus haid ini sendiri terbagi atas 3 tahapan, berikut ini yang harus diketahui:

1. Pra menstruasi

Ini adalah fase pertama, dimana pengaruh dari hormon akan menyebabkan terjadinya penebalan pada dinding rahim, sehingga nantinya akan siap digunakan sebagai tempat menampung atau menempelnya zigot yang lama kelamaan akan berubah menjadi janin. Gejala pra mestruasi ini umumnya memang sering kali membuat wanita menjadi moody, karena terjadi perubahan hormon secara tiba-tiba.

2. Fase menstruasi

Ini adalah bagian penting yang ditandai dengan meluruhnya dinding endometrium rahim yang disertai dengan keluarnya darah. Biasanya terjadi antara 3 hingga 7 hari. Darah yang keluar dari rahim ini umumnya juga bervariasi, pada hari pertama sampai dengan ketiga akan begitu banyak, namun semakin lama semakin berkurang bahkan tidak keluar sama sekali, menandakan bahwa fase haid telah berakhir.

3. Pra ovulasi

Fase yang juga dikenal sebagai masa subur, karena memang ovum nantinya akan banyak memproduksi sel telur atau oosit yang siap untuk dibuahi, sehingga sangat dianjurkan bagi pasangan yang tengah menginginkan kehadiran buah hati, untuk melakukan hubungan intim pada saat memasuki fase pra ovulasi tersebut, karena peluang kehamilan juga akan sangat tinggi.

Pada saat haid ini ada banyak sekali hal-hal yang dilarang dilakukan oleh wanita, apalagi jika seandainya mengalami gejala seperti nyeri yang berlebihan. Karena takutnya hal tersebut merupakan gejala penyakit. Rasa nyeri ini dapat diatasi dengan menggunakan plester iFree. Temukan produknya secara mudah disini sumber : https://ifreeindonesia.com/.



0 Tanggapan untuk "Mengenal 3 Fase Menstruasi yang Dialami Wanita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel